EKSPEDISI MATAHATI : EKSPEDISI MOTOR MELINTASI INDONESIA

Terimakasih atas ijin dari bro reptilexxx untuk copas threadnya yang ada di kaskus

4134146_20130517100551

EKSPEDISI MATAHATI “Indonesia Tersenyum”

A journey to recap us of Indonesian heritage as well as to support education in remote areas

RINGKASAN EKSEKUTIF

Berawal dari kehidupan yang serba terbatas dan sebuah tekad untuk mencapai penghidupan dan pendidikan yang layak, saya memulai bisnis awal pada tahun 2000 hingga sekarang. Bisnis yang saya jalani pun beragam mulai dari galeri seni, mini market, selular hingga fotografi dan desain.

Dari bisnis tersebut, saya selalu mengalokasikan 10% dari keuntungan sebagai dana sosial yang nantinya saya harapkan dapat digunakan untuk membantu sebagian kecil masyarakat dalam menempuh pendidikan mereka.

Dari pemikiran untuk berbagi tersebutlah, saya membentuk sebuah yayasan pribadi dengan nama“Matahati Indonesia” bersama dengan seorang sahabat yang juga memiliki kepedulian sosial untuk berbagi penghasilan dengan masyarakat kecil yang membutuhkan yang secara global kami harapkan mampu menjadi wadah kegiatan sosial.

Sahabat saya tersebut saat ini merupakan praktisi sumber daya manusia di salah satu bank asing di Jakarta yang telah saya kenal sejak lama sejak kami kuliah bersama di Universitas Indonesia. Maka kami kemudian merumuskan suatu bentuk kegiatan kepedulian sosial yang juga sekaligus menyatukan kecintaan kami terhadap dunia petualangan. Akhirnya kegiatan tersebut kami sepakati dalam sebuah bentuk perjalanan/ekspedisi kecil yang kami namakan “Ekspedisi Matahati”.

Ekspedisi Matahati yang akan kami lakukan tersebut adalah perjalanan melintasi beberapa tempat di Indonesia dengan menggunakan kendaraan roda dua yang bertujuan untuk melihat, merasakan dan merekam dari dekat peninggalan sejarah Indonesia dan pendidikan sekolah-sekolah di daerah tertinggal. Kami berharap perjalanan ini dapat membantu sebagian generasi muda di daerah tersebut untuk dua tujuan ekspedisi kami diatas.

Adapun tema yang kami angkat untuk lebih mempersempit tujuan ekspedisi ini adalah “A journey to recap us of Indonesian heritage as well as to support education in remote areas”. Dua hal yang dapat kita peroleh dari perjalan tersebut yaitu untuk mengingat kembali peradaban bangsa Indonesia dan juga untuk mengangkat kepedulian kita untuk memberikan bantuanfasilitas pendidikan untuk beberapa sekolah di daerah tertinggal.

Kami sebenarnya bukanlah siapa-siapa. Bukan selebritis, bukan politikus ataupun pejabat. Bukan pula merupakan pengusaha kaya ataupun individu yang mencari popularitas. Kami hanyalah orang biasa yang mencoba peduli, empati dan merasakan kesusahan banyak orang serta punya niat untuk menyisihkan sebagian yang kami punya untuk membantu mereka yang membutuhkan. Bagi kami, bantuan kecil sembari duduk bersama dengan mereka diharapkan akan lebih berarti daripada tidak sama sekali. Dan bagi kami, sangatlah ironi ketika kita di kota mampu menghamburkan banyak uang untuk gaya hidup perkotaan sementara saudara-saudara kecil kita berkesusahan dalam memenuhi fasilitas pendidikan mereka sendiri.

Siapapun Anda, apapun profesi Anda, darimanapun Anda berasal, dan selama Anda merasa punya kehidupan yang layak, kami sangat berharap Anda juga mampu berempati terhadap masalah ini. Dengan bersatu, kita mampu membantu lebih banyak jiwa. Semoga Anda pun dapat sejalan dengan pemikiran dan kepedulian kami.

MISI DAN VISI

Menghadirkan kembali rekaman-rekaman dari peradaban Indonesia lewat foto dan video yang nantinya akan dipublikasikan dan bertujuan sebagai bahan pemikiran generasi selanjutnya akan peninggalan peradaban sejarah bangsa Indonesia dan tidak menjadi sesuatu yang mudah terlupakan.
Merasakan lebih dekat terhadap perjalanan hidup penerus-penerus bangsa dalam hal untuk mengeyam pendidikan mereka.
Membantu sekolah-sekolah di beberapa daerah tertinggal dalam hal memberikan peralatan sekolah yang terjangkau sehingga diharapkan dengan bantuan yang kecil tersebut semangat mereka menempuh pendidikan tetap ada.
Menyatukan komunitas motor seluruh Indonesia dan mencoba meluruskan persepsi masyarakat bahwa komunitas motor dapat melakukan hal-hal yang positif dan berguna bagi masyarakat.
Menumbuhkan rasa peduli dari berbagai kalangan terutama perusahaan-perusahaan di perkotaan untuk lebih melihat ke daerah pinggiran dan diharapkan dapat berpartisipasi dalam hal meningkatkan semangat belajar generasi muda.

DAERAH YANG MENJADI TARGET

Secara garis besar daerah yang menjadi target adalah : Jakarta – Jawa Barat – Jawa Tengah – Jawa Timur – Bali – NTB – NTT – Papua – Ternate – Sulawesi – Kalimantan – Sumatera.

Adapun jumlah sekolah yang menjadi target dalam rangka pemberian bantuan adalah sebanyak kurang lebih 100 sekolah (akan bertambah sesuai dengan dana yang terkumpul).

WAKTU EKSPEDISI

Perjalanan ke daerah-daerah target akan ditempuh dalam beberapa tahap karena mengingat pentingnya pengecekan kembali kendaraan yang dipakai dan juga pemulihan kondisi tubuh.
Perjalanan direncanakan akan memakan waktu selama kurang lebih 1 tahun dimulai pada bulan Mei 2013 sampai dengan April 2014. Perjalanan akan dimulai pada tanggal 20 Mei 2013 (Hari Kebangkitan Nasional)

METODE

1. Perjalanan akan dilakukan dgn menggunakan kendaraan roda dua.
2. Menyusuri daerah-daerah diantara kota besar sebagai titik dan merekam bangunan bersejarah yang dijumpai dan sekaligus memberikan bantuan fasilitas pendidikan ke sekolah-sekolah di daerah tertinggal.
3. Bantuan fasilitas pendidikan tersebut akan dibeli di daerah.
4. Perekaman data berupa rekam video dan foto.
5. Perjalanan akan di tempuh dalam beberapa tahap, tahap pertama : perjalanan 3 (tiga) bulan pertama menembus wilayah Jawa Barat – Jawa Tengah – Jawa Timur – Bali, Perjalanan 3 (tiga) bulan kedua menembus wilayah NTB – NTT – Kupang – Papua – Sulawesi, Perjalanan 3 (tiga) bulan ketiga menembus wilayah Kalimantan – Sumatera. Tiap tahap perjalanan kami melakukan istirahat 1 (satu) bulan untuk pemulihan kondisi kendaraan dan penyusunan strategi selanjutnya.

PERALATAN DAN PERLENGKAPAN

Adapun peralatan dibawah ini adalah peralatan milik kami pribadi dan bukan dari hasil pinjaman perusahaan/vendor/toko :
Kamera Go Pro 3 tipe outdoor, Kamera DSLR dengan Lensa-lensa pendukungnya, Tripod + flash, Video recorder, GPS, Notebook + ATK, Alat standarisasi berkendara, Peta manual dan kompas, Surat jalan dari Kepolisian Resort Depok, SIM dan STNK, Unit kendaraan roda dua

HASIL AKHIR

Adapun hasil akhir yang akan kami capai berupa :
1. Buku catatan perjalanan Ekspedisi Matahati
2. Film Dokumenter
3. Produk Komersial seperti kaos, kalender, notes, mug, dll yang nantinya akan di custom sesuai tema dan hasil penjualannya kembali disumbangkan ke sekolah-sekolah di daerah tertinggal lainnya.

semua akomodasi dan bantuan sementara ini adalah murni dari dana pribadi, akan tetapi tidak menutup kemungkinan bantuan dari para kaskuser, bikers, entrepreneur baik hati lainnya.

TIM SUKSES
Reptile, Founder dan Eksekutor Ekspedisi Matahati
Agung W. Daryo, Founder dan Konseptor Ekspedisi Matahati
Arya Scoci, Pembina Ekspedisi Matahati dari Scorpio Club Indonesia @eaaamotorshop
Andri Gunawan, Pembina Ekspedisi Matahati dari Scooter House Djakarta
Rangga Indianto, Rangga Bachri dari Nusantara Ride
Rangers Indonesia, Komunitas Modern Vespa Jakarta
Kepolisian Resort Depok
Komunitas-komunitas motor di beberapa daerah perlintasan

Berikut kaskuser yang ikut menjadi konseptor dari Ekspedisi Matahati ini :
mika09
dkamandanu
riotic_teenage
talamanca
jenq
gie1314
kaenlaknat
superkahar

1 man – 1 bike – 1 year – 1 country – 100 school in remote areas – many supports from bike communities

Kami juga membuka Posko Peduli (Caring Shelter) bagi kaskuser atau siapapun yang mau berpartisipasi/ikut peduli terhadap pendidikan daerah pedalaman, posko yang di tunjuk adalah :

EAAAMOTORSHOP (mika09)
Jl. Pejaten Raya Kav. 30
Pejaten Barat – Pasar Minggu
Jakarta Selatan 12510

SCOOTER HOUSE DJAKARTA (jenq)
Jl. Kemang Selatan 8 No. 51A
Kemang – Jakarta Selatan
Bank MANDIRI :

diharapkan jika ada yang ikut berpartisipasi memberikan bantuan sedapat mungkin bantuan tidak berupa barang, karena kami akan mengalami kesulitan dalam hal pengiriman ke daerah perlintasan..transparansi bantuan bisa mention di twitter kami…

follow twitter kami di @XpedisiMatahati untuk mengetahui perkembangan perjalanan dan menyuarakan kepedulian Anda..

Saya pribadi, Reptile sebagai eksekutor tunggal ekspedisi ini sangat berharap bantuan dan support dari para BIKERS di seluruh penjuru nusantara…apapun jenis motor anda, buktikan kita punya SATU tujuan mulia yang bisa membuat adik-adik kita di pedalaman TERSENYUM….
yang bisa membuat INDONESIA TERSENYUM

mari kita bersama-sama membawa pesan damai ke seluruh penjuru tanah air Indonesia tercinta ini….

LET’S RIDE TOGETHER AND CARE OTHERS BROOOOO….

Bagi rekan-rekan yang mau memberikan donasi untuk ekspedisi ini, bisa langsung transfer ke nomer rekening berikut :

Dompet peduli
Bank MANDIRI :
1220005450302 a/n hanasacya sasongko

Update  20 Mei 2013

TRACK 1 : Bandung – Tasikmalaya – Cilacap – Purwokerto – Banyumas – Jogja
Start : Depok – Jawa Barat Pukul : 06.00 WIB

sekolah di dusun bantar, desa sukaraja tasikmalaya

93718_20130521051235
image belong to superkahar@kaskus
image belong to superkahar@kaskus
image belong to superkahar@kaskus
image belong to superkahar@kaskus
image belong to superkahar@kaskus

Saya publikasikan di blog saya dengan harapan blogger semua bisa mensupport, saya hanya membantu menyebarluaskan informasi ini

2 Comments

Leave a Reply