Belajar Menerima Ketentuan Allah

Seperti pohon pisang yang tetap berbuah meskipun ia tau akan ditebang setelah buahnya matang, seperti padi yang tetap tumbuh meskipun ia tau akan dipotong setelah bulir-bulir padinya menguning.

Mungkin terdengar simple atau bahkan tidak pernah kita pikirkan sama sekali, bahwa banyak hal disekitar kita yang bisa berjalan, berfungsi dengan cara mengikuti dan menerima ketentuan Allah. Manusia dibekali akal dan pikiran agar mereka menyadari betapa besarnya kuasa Allah SWT, bahkan dari hal yang kecil pun kita bisa melihat kebesaran-Nya. Akan tetapi dengan kompleksnya pemikiran manusia, terkadang membuat manusia lupa dengan fitrahnya, lupa dengan ketentuan yang telah dibuat oleh Allah, tetap merasa mereka berkuasa atas semua yang mereka lihat, tetap bersikeras melawan segala ketentuan dengan segala cara, termasuk mengada-ada dan berlebihan dalam bertindak.

Satu hal yang sungguh saya sesalkan, kenapa saya masih belum bisa belajar dan mengajarkan untuk menerima ketentuan Allah, sungguh menyakitkan ketika sadar bahwa saya baru saja putus asa, putus asa karena ketentuan Allah, Astaghfirullah ampuni dosaku ya Allah.

Leave a Reply