Pasang Klakson Denso di Yamaha Scorpio

Pasang klakson denso di yamaha scorpio. Yamaha scorpio sudah dilengkapi dengan dua klakson yang boleh dibilang suaranya sudah diatas rata-rata suara klakson standart motor lainya, akan tetapi menurut saya masih kurang matep suaranya dan ini yang membuat saya memutuskan untuk mengganti dengan klakson baru. Mencari referensi ke teman & media online akhirnya membuat saya memilih klakson disc denso seharga 120.000 sepaket yang terdiri dari dua klakson (high & low), relay hella, socket relay, sekering 10 A beserta rumah sekeringnya. Klakson tipe disc ini menjadi pilihan karena suaranya sudah lebih keras dari suara klakson asli dan tentunya minim maintenance, berbeda dengan klakson tipe keong yang butuh perawatan tersendiri.

Pasang klakson denso di yamaha scorpio. (3/3/4) Seperti biasanya, untuk hal-hal yang ringan seperti ini saya berani memasang ย sendiri, bermodal artikel dari internet mengenai pemasangan klakson dengan relay, saya mulai memasang klakson setelah selesai sholat isya’, semua alat tempur saya siapkan ๐Ÿ˜€ kabel, terminal kuningan, isolasi bakar, isolasi listrik, solder & timah, gunting, tang dan alat-alat lainnya yang dibutuhkan untuk membongkar body samping cover accu dan melepas tengki. Pertama buka jok, lepas baut pengikat tengki, lepas tengkinya(jangan lupa tutup/off kan kran bensin) lalu buka body cover accu, lepaskan kabel yang menempel di accu (kutub negatif terlebih dahulu, baru kutub positif). Karena menggunakan relay yang membutuhkan arus positif dari accu maka saya membuat kabel cabang sebelum masuk ke sekering utama (sebenarnya bisa menambah kabel baru dari kutub positif accu secara langsung) kemudian kabel ini masuk ke kaki 30 relay, sebelum masuk ke kaki relay saya memasang sekering 10 Ampere agar aman. Kemudian menyambung kaki 86 & 85 Relay ke kabel klakson asli, berhubung ada sepasang klakson di Scorpio saya hanya memakai salah satunya, saya potong soket aslinya kemudian kabelnya saya solder dengan kabel yang lebih panjang dan menggunakan terminal kuningan untuk menghubungkan kabel dengan socket relay.

Pasang klakson denso di yamaha scorpio. Untuk dua kabel ini boleh sembarang urutannya, tidak ada urutan khusus mana yang harus ke kaki 86 ataupun ke kaki 85. Kemudian kaki 87 relay dihubungkan dengan salah satu kutub/kaki klakson dan kaki yang lain dihubungkan dengan ground/body. Semua sambungan dan terminal diamankan menggunakan isolasi bakar dan isolasi listrik. Selesai semua tersambung,waktunya mencoba, kabel accu sudah dipasang kembali, nyalakan kontak, pencet switch klakson dan….. kok tidak keluar suaranya? relay mengeluarkan bunyi klik ketika switch klakson ditekan, tandanya arus dari switch sudah masuk, ada apakah gerangan? Mikir agak lama, jangan-jangan arus dari accu tidak tersambung, dicoba tanpa sekering, ternyata sama saja, duh mulai panik…. tapi berusaha tetap tenang… seperti biasa selalu berpedoman kesabaran itu pasti ada gunanya dan sabar itu lebih baik daripada tidak sabar… hehehe, coba hubungkan tanpa soket relay, dan hasilnya tin-tin-tin, klakson bunyi, ya sudah tidak usah dipasang memakai socketnya,huh… akhirnya beres juga, letakkan relay dan sekering diposisi yang aman, tata kabel-kabel dengan rapi lalu pasang kembali semua cover, tengki dan test klakson lagi.. tin-tin… hush udah jam 11 malem, jangan berisik…. ๐Ÿ˜€

ilustrasi skema pemasangan klakson :

Pasang klakson denso di yamaha scorpio

4 Comments

  1. Saya pasang 3 klakson di scorpio gan:
    Sepasang klakson ori pio, sepasang klakson hella compactdisk, sepasang klakson denso keong.
    Suara jadi maknyus gan.

    Pakai relay 2 biji buat klakson kiri sama kanan. Sikringnya sebiji aje.
    Cuma kalau kelamaan klakson waktu mesin mati aki jadi tekor. Kalau mesin hidup sih aman2 aja. Pencet klakson kan sekali2 aja.

    Tadinya mau pasang klakson kapal, tapi ga jadi soalnya suaranya terlalu keras…

Leave a Reply