Yamaha Scorpio Selang Rem Putus

Yamaha Scorpio Selang Rem Putus. Minggu 27 07 2014 selepas sholat subuh saya berangkat riding pagi ke arah Selo, setelah sekian lama tidak kesana, niat hati sekalian test ban & rem belakang. Perjalanan berangkat sampai Selo lancar, sempat beberapa saat berhenti di atas tikungan Irung Petruk untuk menikmati pemandangan arah kota Solo, dimana terlihat garis cahaya berkelok yang dihasilkan dari barisan kendaraan yang merayap dijalan raya, begitu indah, baru pertama kali ini saya melihatnya dari titik ini, mungkin karena kepadatan arus mudik. Setelah beberapa saat berhenri, kemudian melanjutkan  naik, kearah joglo merapi, namun baru mencapai tanjakan panjang Selo terdengar bunyi klotak-klotak dari arah belakang, akhirnya menepi untuk melihat apa yang terjadi, ternyata tabung minyak rem belakang terlepas dari dudukannya, baut & mur pengikat hilang tak berbekas, tabung minyak rem menggantung dan membentur velg meninggalkan bekas di velgnya 🙁

Yamaha Scorpio Selang Rem Putus
velg lecet

akhirnya mencari apapun yang bisa digunakan untuk menali tabung minyak rem dengan footstep belakang trus lanjut memacu kendaraan lagi sampai masuk ke tikungan menurun disebelah Hotel Selo, disini saya merasakan rem blong saat menginjak pedal rem belakang…. sedikit panik, sambil terus meginjak pedal rem, untungnya hanya jalan pelan saja, kemudian menepi lagi ditempat yang rata, didepan masjid sebelah Polsek Selo, kemudian saya cek rem belakan saya, dan ternyata selangnya putus terjepit ban dan swing arm. Selang rem bawaan nissin chemco agak panjang, selang yang tadinya saya kaitkan dengan kabel ties ternyata bergeser dari posisinya dan masuk ke sela-sela ban dan swing arm

Yamaha Scorpio Selang Rem Putus
Selang Rem Putus

haduw…. akhirya saya putuskan untuk pulang saja, turun dan Selo ke Boyolali dengan kecepatan rendah dan rem depan saja. Sampai dirumah saya cek merk dan jenis selang remnya sekalian bertanya ke teman-teman apa yang bisa digunakan untuk subtitusinya, ada yang mengusulkan untuk memakai selang rem aftermarket merk kitaco, ada juga yang menyarankan untuk memakai orinya saja cukup, begitupula dengan selang rem belakang punya tiger revo. Orinya nissin chemco saya lihat ber merk nichirin

Selang Nichirin
Selang Nichirin

Yamaha Scorpio Selang Rem Putus. Sepetinya agak susah kalau mencari yang sama, trus kalau memakai produk aftermarket harganya pasti lebih mahal dan harus ke toko variasi motor yang terpercaya agar tidak salah beli karena banyak barang abal-abal, selain itu hari Minggu biasanya bengkel variasi tutup apalagi mendekati lebaran, kemudian pilihan jatuh ke selang rem milik tiger revo, meskipun saya yakin kalau membeli di bengkel resmi Hoda bakalan tidak ready stok dan harus indent dulu, akhirnya saya mencari di bengkel umum yang terkenal bagus di Boyolali dan ternyata ada, meskipun bukan barang ori dengan segel Honda, tetapai saya lihat barangnya sama dengan selang yang dipakai nissin chemco hanya saja lebih pendek, harganya 45 ribu dan ini yang menjadi pilihan saya. Dan untuk urusan pemasangannya saya serahkan teman mekanik langganan.

Dari pengalaman ini membuat saya sampai sekarang melakukan riset untuk rem belakang saya, agar lebih aman dan nyaman, apalagi setelah saya perhatikan master rem belakang saya terlalu miring sehingga tuas pedalnya tidak tegak lurus saat diinjak, hal ini bisa membuat seal karet di master rem cepat rusak

master rem miring
master rem miring

rencananya saya akan mendesain ulang bracket master remnya, agar master rem bisa tegak lurus dan pergerakan tuasnya tegak lurus juga.

5 Comments

Leave a Reply