Impresi setelah 2 minggu memakai velg chemco & ban swallow sb117

Dua minggu sudah saya memakai velg chemco ukuran 2.5″ depan dan 3.5″ belakang lingkar 17″, kesan sesaat setelah pemasangan terasa lebih rendah dibandingkan ketika masih memakai velg standart lingkar 18″. Ini terlihat ketika motor posisi standar tengah, pada saat masih memakai velg ori nya ban nempel dengan lantai nyaris tanpa jarak sama sekali

 

Setelah memakai velg chemco 17″ ada sedikit jarak antara ban dan lantai,ban bisa diputar dalam kondisi standar tengah

Impresi memakai velg chemco & ban swallow sb117

Selain itu kesan berbeda terasa saat melewati tikungan dengan kecepatan sedang, pada saat masih memakai velg ori nya terasa ban belakang seperti geal geol (termasuk efek memakai peninggi shock belakang) dan rasa itu hilang setelah memakai velg chemco ini, begitu pula saat melaju kecepatan tinggi dan melewati marka kejut,terasa lebih anteng.
Untuk masalah karet bundar saya memilih Swallow SB117 ukuran 100/80-17 untuk depan dan 120/80-17 untuk belakang yang katanya termasuk ban tipe dual purpose dengan harga terjangkau. Alasan utama sih karena harga dan motifnya, walaupun ada tmen yang bilang ban tersebut tidak enak untuk menikung, licin saat melewati jalanan basah dan sebagainya. Sampai saat ini yang paling saya rasakan ban ini mulai terasa gripnya setelah dipakai berkendara terus menerus lebih dari 30menit,berbeda dengan ban ori nya, saya kurang bisa merasakan gigitannya. Mungkin karena perbedaan tipe compoundnya, dimana setahu saya SB117 ini termasuk medium compound.
Dan yang saya rasakan sedikit menggangu adalah jarak ban depan dan spakbor yang terlalu tipis,sering kali terdengar bunyi gesekan yang terjadi karena ada batu atau pasir yang menempel di celah-celah kembangan ban dan menggesek spakbor, mungkin butuh dibuatkan bracket agar lebih tinggi.
Untuk sementara ini yang saya rasakan, untuk review pemakaian jarak jauh nanti akan saya sampaikan di artikel lain. Terimakasih.

Leave a Reply