Mengubah Jalur Listrik Lampu Scorpio

Jalur listrik asli Yamaha Scorpio mengambil arus dari spull, ini menyebabkan lampu sering redup ketika putaran mesin rendah, dan kadang saat melewati jalanan yang jelek pada malam hari membuat saya kesulitan melihat jalan didepan karena kurangnya pencahayaan. Sebenarnya sudah lama saya merencanakan perubahan jalur ini, namun karena baru sempat dikerjakan, akhirnya baru minggu lalu saya ubah jalurnya. Cukup mudah caranya, hanya melepas kabel kuning strip merah yang masuk ke kiprok, kemudian menyambungkan ke kabel coklat yang berasal dari aki, dan jalur yang terdekat adalah dari switch rem belakang, kemudian melepas kabel yg sama yang ada di socket dibawah tengki (kabel dari spull). Yang menyebabkan arus listrik yg menuju lampu (lampu utama, lampu senja dan lampu belakang) berpindah jalur, yang semulanya dari spull dipindah ke aki.

 

 

Mengubah Jalur Listrik Lampu Scorpio
bongkar bodi samping

kabel kuning merupakan kabel baru yang menghubungkan kabel kuning strip merah yang dilepas dari socket kiprok dan dijumper ke kabel coklat yang mengarah ke switch rem.

Selesai memindah jalur listrik lampu, saya lanjutkan untuk mematikan feature aho, rada risih dengan feature aho, karena kalau masuk ke gang yang banyak orangnya lampu tidak dimatikan terasa kurang sopan, jadinya saya tambahkan switch kecil yang saya tempel di bawah holder switch di stang sebelah kiri, tepat dibawah switch klakson, untuk memutus arus listrik yang masuk ke switch lampu jauh – dekat. Jadinya sekarang lampu utama bisa dimatikan bila dibutuhkan.

Mengubah Jalur Listrik Lampu Scorpio
switch tambahan ditempel
Mengubah Jalur Listrik Lampu Scorpio
headlight mati

hasilnya, ketika switch dimatikan, headlamp mati, lampu senja tetap menyala. 🙂

7 Comments

Leave a Reply