Ganti Komstir Bawah Scorpio

Pada umurnya yang ke 3 tahun, setelah membayar pajak tahunan Redto Black saya lagi-lagi minta jajan, sebenarnya sih sudah lama gejalanya terasa, kemudi sedikit terasa terganjal (gregel-gregel) saat berbelok atau saat kondisi motor diam dan setang diputar ke kanan, kekiri tidak lancar tersendat di tengah-tengah, pernah dulu dikencangkan settingan komstirnya, tapi tetap terasa, selain itu dulu saya memakai ban swallow sb117 yang bertekstur seperti ban tahu sehingga apabila saat berjalan gejala ini tidak begitu terasa. Setelah berburu parts yang dibutuhkan, akhirnya Sabtu malam (4/7/2015) saya pergi ke bengkel langganan dan meminta tolong untuk menggantinya.

Ganti Komstir Bawah Scorpio
Bearing komstir & mangkok atas bawah

Parts yang saya beli terdiri dari bearing komstir atas & bawah serta mangkokannya, kurang lebih sekitar 380rb an.

Ganti Komstir Bawah Scorpio
Mangkok atas & pelor
Komstir Yamaha Scorpio
Mangkok bawah

Dan satu lagi beraring atas, yang ternyata tidak jadi dipasang, karena yang lama masih bagus dan masih sangat layak pakai. Berikut kondisi mangkok komstir yang sudah luka

mangkok komstir yg sudah tidak mulus
mangkok komstir yg sudah tidak mulus

Terlihat jelas bekas pelor/gotri yang lumayan dalam di kedua mangkok, inilah yang menyebabkan stang tidak lancar ketika diputar dan terasa nyangkut. Selain itu setelah sebulan mengganti ban depan ke michelin pilot street, kondisi itu sangat terasa, berbeda saat masih memakai ban swallow sb117 yang tertutupi sensasi ban tahu dan benar saja, stelah diganti dengan yang baru, setang bisa diputar lancar tidak nyangkut lagi. Analisa sementara penyebab kerusakan ini karena seringnya lewat jalan rusak dengan bobot ridernya yang overweight dan kadang berboncengan juga. Setelah penggantian ini saatnya mereview michelin pilot street yang saya pakai untuk ban depan, karena sebelumnya belum begitu maksimal testnya, terganggu dengan kondisi komstirnya.

4 Comments

Leave a Reply