Memilih makanan saat touring

Mempersiapkan kondisi kesehatan fisik sebelum touring adalah hal yang penting, disamping itu kita juga harus memperhatikan makanan yang kita konsumsi saat touring. Saya terbiasa menghindari makan-makanan pedas sebelum dan saat touring, demi menjaga agar perut tidak sakit entah karena diare ataupun karena yang lain, jadi satu atau dua hari sebelum melakukan perjalanan biasanya saya sudah mulai memilih-milih makanan yang saya makan. Kemudian saat di perjalanan saya juga memilih makanan yang netral saja, hindari makanan pedas, berminyak dan makanan yang memungkinkan timbulnya alergi atau sebagainya, saya cenderung memilih makanan yang biasa  atau yang umum, cukup yang mengenyangkan saja.

Bagi yang suka touring pasti sering juga binggung untuk memilih makanan, kecuali kalau sudah bertujuan untuk touring kuliner dengan cara memilih makanan khas daerah tersebut jauh hari sebelum touring, pastinya tujuannya sudah jelas, tempat makan yang mana yang akan dikunjungi. Bagi saya selama ini yang saya perhatikan adalah kebersihan tempat makan dan apa yang nanti akan saya makan, dan yang paling sering saya pilih adalah tempat makan cepat saji (ayam goreng atau yang lainnya) serta rumah makan padang, terlepas dari faktor lainnya, saya menganggap dua tempat itu merupakan pilihan yang terbaik ketika touring. Untuk tempat makan cepat saji biasanya sangat memperhatikan kebersihan, terutama yang sudah memiliki franchise dimana-mana, begitu pula untuk rumah makan padang, selain bersih biasanya juga memberi porsi yang lebih untuk nasinya dan ini yang biasanya menjadi pilihan saya.

Banyak cerita dari teman-teman saya yang lebih suka mampir di rumah makan padang jika sedang touring, biasanya mereka membeli makan dibungkus, entah mitos atau bukan menurut mereka porsi nasi yang dibungkus selalu lebih banyak daripada jika dimakan langsung, kemudian baru berhenti di rest area dan istirahat sambil makan. Itu pengalaman saya memilih makanan saat touring, selain itu saya juga terbiasa membawa obat sakit perut serta perlengkapan P3K yang lainnya untuk bekal saya touring.

2 Comments

Leave a Reply