Suzuki Address VS Honda Supra X

suzuki address vs honda supra x

Suzuki Address VS Honda Supra X.

Hai, jumpa lagi dengan artikel komparasi dari saya. Kali ini saya akan mengulas komparasi dua sepeda motor pabrikan jepang, boleh dibilang beda genre tapi tidak dengan impresinya. Kebetulan dirumah saya lagi ada Suzuki Address dan Honda Supra X yang masih berumur muda. Jadi mari kita mulai saja ulasannya.

Dimensi

suzuki address vs honda supra x

Secara fisik dua motor ini memang beda genre, supra merupakan motor bebek manual sedangkan address merupakan motor matic. Yang paling jelas adalah perbedaan ukuran rim rodanya, 17 inch vs 14 inch. Supra memiliki Panjang x lebar x tinggi : 1.918 x 709 x 1.101 mm, Address memiliki Panjang x lebar x tinggi : 1.855mm x 655 mm x 1.260 mm. Supra memiliki berat kosong 106kg sementara Address 97kg. Ground clearance Supra 136.5 mm, Address 120 mm. Kapasitas tanki bahan bakar Supra 4 liter sedangkan Address 5.2 liter.

Spesifikasi Mesin

Supra

Sistem suplai bahan bakar : Injeksi (PGM-FI/Programmed Fuel Injection)

Tipe mesin : 4 langkah, SOHC, Silinder Tunggal

Diameter x langkah : 52.4 x 57.9 mm

Volume langkah : 124.89 cc

Perbandingan kompresi : 9,3 : 1

Daya maksimum : 7.40 kW(10.1 PS) / 8000 rpm

Torsi maksimum : 9.30 Nm (0.95 kgf.m) / 4000 rpm

Tipe Kopling : Multiple wet Clutch with Coil Spring

Tipe Starter : Starter Kaki dan Elektrik

Address

Type Mesin : 4-stroke, 1 cylinder, air-cooled, SOHC

Ratio Kompesi:  9.4:1 mm

Isi Silinder : 113 cc

Transmisi:  CVT

Torsi Maksimum:  9,1 Nm/6,000 Rpm

Sistem Starter:  Electric & Primary Kick

Beralih dari hal teknis, saya akan memberikan komparasi dalam pemakaiannya;

  1. Riding position, secara dimensi dua motor ini tidak terlalu beda jauh. Namun untuk riding position saya merasa Supra lebih nyaman. Karena pinggang saya terasa lebih cepat pegal ketika naik Address meskipun hanya jarak dekat.
  2. Kecepatan, dengan postur tubuh saya yang tidak proporsional dan sedkiti gempal, saya mendapatkan top speed yang sama di dua motor ini.
  3. Tenaga & response mesin, untuk tenaga saya rasa keduanya tidak terlalu berbeda. Namun untuk response mesin saya merasakan Supra lebih responsif daripada Address yang lebih lemot.
  4. Kenyamanan melibas polisi tidur. Meskipun hanya selisih sedikit ground clearancenya namun saya jarang mentok polisi tidur ketika memakai Supra dan beberapa kali terasa gesekan ke polisi tidur ketika memakai Address.
  5. Kenyamanan saat menikung.  Dua-duanya memiliki ukuran roda yang kecil namun Addres memiliki ukuran setingkat lebih besar dari Supra, sehingga terasa lebih nyaman digunakan untuk menikung.
  6. Sudut dan posisi kemudi kedua motor ini sangat mirip.
  7. Ukuran Jok. Meskipun Address lebih pendek dibandingkan Supra namun untuk jok Address memiliki panjang & lebar yang lebih dibandingkan Supra.

Kesimpulan

Menurut saya dua motor sebelas dua belas, kenyamanan boleh diadu, diputaran bawah address memang kalah, namun diputaran atas keduanya sama. Sedikit kekurangan yang dimiliki Address adalah tidak ada sideswitch stand yang umumnya dimilik motor matic dan terasa ngeloss,nyelonong saat kita tiba-tiba menutup gas pada saat motor berjalan tanpa ada engine break. Selain itu keduanya layak untuk ditandingkan. Bahkan beberapa pendapat teman saya, Address merupakan versi maticnya Supra.

suzuki address vs honda supra x

suzuki address vs honda supra x

Demikian hasil  komparasi Suzuki Address VS Honda Supra X menurut versi saya.

Be the first to comment

Leave a Reply