Belanja Online? Mau tau tipsnya?

Belanja Online
sumber : memoirsofjulia.wordpress.com

Belanja Online? ini dia tipsnya. Siapa sih yang belum tau mengenai Belanja Online? Belanja online sudah sangat populer di dunia internet. Website toko online pun sudah bertebaran dimana-mana. Ada yang individu ataupun bermodel marketplace dengan layanan yang melimpah. Di Indonesia kemunculan toko online ini sangat banyak peminatnya. Buktinya akhir-akhir ini masih ada saja situs toko online yang baru bermunculan.

Saya sendiri sudah lama kenal dengan belanja online. Dari dulu jamannya FJB kaskus, yang masih direct transfer ke penjual. Sampai adanya rekening bersama yang diprakarsai oleh individu. Dari yang lancar sampai yang bermasalahpun ada. Dan ternyata konsep rekening bersama atau sering disebut rekber inilah yang menjadi kunci utama perkembangan belanja online. Bagaimana tidak, sekarang hampir semua toko online memberi layanan rekening bersama. Dan pastinya lebih terjamin dengan pengelolaan yang lebih bagus lagi. Dan tentunya tanpa biaya alias rekber gratis.

So.. Belanja online makin aman dan makin banyak fasilitasnya. Dari beberapa pengalaman saya melakukan transaksi belanja online, berikut saya bagi beberapa tips yang terbukti sangat berguna.

Belanja Online
sumber : memoirsofjulia.wordpress.com

1. Pahami barang yang akan dibeli (spesifikasi, warna, feature, range harga, garansi).

Lebih baik anda benar-benar memahami seluk beluk dari barang yang akan anda beli. Kumpulkan sebanyak-banyaknya informasi dari google ataupun referensi teman-teman sebelum anda memutuskan. Jangan habiskan waktu anda untuk bertanya kepada pembeli kecuali untuk hal-hal yang krusial. Misal anda akan membeli smartphone, pastikan anda sudah paham dengan spesifikasi. Meskipun bertanya adalah hal yang wajar bagi konsumen, akan tetapi info mengenai spesifikasi adalah hal yang umum dan mudah ditemukan. Kecuali untuk garansi ataupun aftersalesnya, itu memang wajib anda tanyakan. Apalagi jika anda membeli barang bekas.

 
2. Pahami kondisi barang yang akan dibeli, masih adakah stok barunya, masih diproduksikah, untuk mengurangi resiko mendapat barang refurbished.

Ini juga penting, terutama jika anda membeli barang elektronik. Jangan mudah tergiur dengan harga murah. Agar tidak menyesal setelah membelinya.

 
3. Pilih toko yang memiliki reputasi bagus.

Bisa dilihat dari banyaknya barang yang dijual, ulasan/review dari pembeli, rating yang diberikan. Jika banyak ulasannya cukup lihat yang memberikan rating rendah, pahami masalahnya apa dan simpulkan. Karena banyak saya temui memberikan rating rendah karena kesalahan pembeli sendiri ataupun karena pembeli kurang informasi.

 
4. Pilih lokasi toko yang dekat dengan lokasi kita. 

Jika anda masih khawatir dan belum percaya ini bisa dijadikan patokan. Cari penjual yang lokasinya dekat dengan anda. Apalagi sekarang ada fasilitas pengiriman kilat untuk lokasi-lokasi tertentu. Selain itu anda juga bisa memutuskan untuk berkunjung langsung ke tokonya jika memiliki waktu. Selain itu dengan memilih lokasi yang dekat kita bisa menghemat ongkos kirim dan waktu.

 
5. Cek promo yang ada.

Pastikan untuk mengecek promo yang ada agar memperoleh keuntungan dalam belanja. Biasanya ada promo gratis ongkos kirim atau potongan harga dengan syarat tertentu. Selain itu pilih waktu-waktu istimewa agar bisa mendapatkan promo. Misalkan pada awal tahun, akhir tahun ataupun pada hari-hari besar lainnya. Apalagi sekarang ada hari belanja online nasional.

 
6. Pilih metode pembayaran yang tepat.

Utamakan pilih metode pembayaran yang paling aman. Rekening bersama memang pilihan paling aman. Selain itu pihak toko online biasanya membatasi informasi dari pembeli dan penjual. Agar tidak terjadi transaksi diluar toko online yang ditakutkan merugikan entah pembeli maupun penjual. Dan yang paling penting jangan simpan informasi keuangan penting di data toko online. Yang saya maksud adalah jika anda menggunakan kartu kredit. Karena banyak sekali kasus Carding yang sering terjadi, dan pastinya merugikan.

 
7. Jika terpaksa berbelanja dengan kartu kredit.

Jangan menyimpan data kartu kredit di data toko online. Pilihlah kartu kredit yang mengunakan multiple security system. Pin ataupun kode verifikasi. Biasanya jika menggunakan kartu kredit pasti akan dikenakan biaya administrasi tambahan. Selain itu pilihlah toko yang memiliki fasilitas cicilan tanpa bunga. Jika anda menggunakan kartu kredit dan berniat melakukan pembelian secara kredit. Dan pilihlah tenor yang tepat.

Itu tadi beberapa tips berdasar dari pengalaman saya, semoga berguna.

Be the first to comment

Leave a Reply