Ini Jadinya Kalau Yamaha Scorpio Modif Kaki Xabre dan R15

Ini Jadinya Kalau Yamaha Scorpio Modif Kaki Xabre dan R15

redto-black.web.id – Ini Jadinya Kalau Yamaha Scorpio Modif Kaki Xabre dan R15. Alkisah seorang eksekutif muda yang putus asa dengan tunggangannya. Dijual harga jualnya bikin sakit hati lebih baik dimodifikasi, begitu tuturnya. Yamaha Scorpio keluaran tahun 2008 ini disulap menjadi lebih ganteng. Empunya memilih mencangkokkan kaki depan Yamaha Xabre dan kaki belakang Yamaha R15. Iya, suspensi depan menggunakan Up Side Down Shock (USD) Yamaha Xabre dan swingarm banana Yamaha R15. Tak lupa shock absorber belakang juga menggunakan milik Yamaha Xabre dan linknya mengunakan milik New Vixion. Overall menurut pemiliknya pemasangannya sangat mudah dan tidak terlalu banyak perubahan major. Bahkan untuk proses pemasangan dilakukan sendiri oleh pemiliknya.

Untuk kaki depannya, satu set USD Yamaha Xabre, lengkap dengan segitiga atas bawah dicangkokkan langsung ke Scorpio. Untuk as komstir sudah sama tinggal pasang saja.

Ini Jadinya Kalau Yamaha Scorpio Modif Kaki Xabre dan R15

Agar fungsi lampu, kontak dan kunci stang masih bisa dipakai maka segitiga atas asli Scorpio dipotong dan ditempelkan ke Segitiga atas Yamaha Xabre. Sedangkan untuk bracket lampunya segitiga bawah  Xabre dibor diberi lubang untuk dudukan bracket lampu.

Ini Jadinya Kalau Yamaha Scorpio Modif Kaki Xabre dan R15

Ini Jadinya Kalau Yamaha Scorpio Modif Kaki Xabre dan R15

Kunci kontak dan kunci stang tetap bisa berfungsi, segitiga atas Yamaha Xabre sedikit dicoak untuk posisi kontak.

Sementara untuk swingarm belakang, pemiliknya memilih swingarm milik yamaha R15. As swing arm menggunakan asli punya scorpio dengan diganjal kanan kiri. Untuk as roda menggunakan milik Yamaha R15. Sementara dudukan gear belakang menggunakan milik Yamaha R15. Tak lupa untuk rantainya juga memakai punya Yamaha R15. Karena asli Yamaha Scorpio tanpa sambungan sedangkan dengan konstruksi swingarm banana R15, harus menggunakan rantai dengan sambungan. Untuk bushing, bearing dan karet nap gear tetap menggunakan asli punya Yamaha Scorpio.

Ini Jadinya Kalau Yamaha Scorpio Modif Kaki Xabre dan R15

Untuk perangkat pengereman belakang, mengunakan master dan kaliper rem milik Yamaha R15. Berhubung pemilik menggunakan velg chemco yang sudah rear disc brake jadi tanpa ada perubahan apapun. Oh ya untuk sektor rem depan, pemilik memasangkan piringan cakram PSM 300mm. Dengan kaliper milik Yamaha Xabre dan tentunya menggunakan adaptor.

Ini Jadinya Kalau Yamaha Scorpio Modif Kaki Xabre dan R15

Untuk speedometer cukup memakai asli milik Yamaha Scorpio. Karena semua masih bisa berfungsi dengan baik. Meskipun Yamaha Xabre sudah menggunakan speedometer digital, tapi karena ini menggunakan velg chemco untuk Yamaha Scorpio, jadinya gear speedometer tetap bisa terpasang dan berfungsi sempurna.

Berikut Gallery penampakannya.

Untuk Scorpio Modif Kaki Xabre dan R15 ini sang pemilik mengaku menghabiskan dana total kurang lebih 8 juta rupiah. Untuk Swingarm R15 dan peredam kejut Yamaha Xabre seharga 4 jutaan, USD Xabre Seharga 4 jutaan.

Baca juga :

 

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, fb page : @rtb.web.id, YouTube Channel :  rtbwebid, SMS/WA : 0857-2863-6789

11 thoughts on “Ini Jadinya Kalau Yamaha Scorpio Modif Kaki Xabre dan R15”

    1. ya kalau diganti velg xabre, speedo asli scorpio jadi tidak berfungsi semuanya, gak ada colokan buat kabel speedonya. cara terbaik ya ganti speedo yang digital juga.

  1. Gan, pasang arm r15 di scorpio itu banyak ubahan gak? Tutup gear depan emang sengaja dibuka atau gak bisa di tutup gara2 masang arm r15?

  2. nice info gan, keliatannya menarik untuk dicoba krna sy udh buntu sama masalah suspensi belakang pio yg ambles
    btw mo tanya, untuk pemasangan sistem suspensi belakang, karena arm nya pakai R15 berarti dudukan shock dll semua berbasis R15 ya gan, ga pake lagi yg namanya arm relay dan connecting rod seperti di scorpio? hanya shock absorbernya aja yang pakai xabre? cmiiw

    1. untuk dudukan shock atas tetap di dudukan shock scorpio asli, untuk sistem linknya pakai punyanya new vixion, jadi ya pakai conrond milik new vixion, untuk shocknya saja yang pakai punya xabre.

  3. Punya anak asoka (adventure scorpio karawang) namanya marsan.. fb dhen mas marsan..

  4. setelah pake kaki R15 Masih ambles ga mas bro, saya jg modif kaki belakang tapi pake NVL.
    All NVL, Swing Arm, LInk, Shock, Velg, Brake sampe ring bautnya jg ori NVL. agak lebih tinggi dari sebelum modif, Tapi blm maksimal masih berasa agak ambles.

    1. Kalau amblesnya tidak separah aslinya scorpio, tp respon suspensinya lebih empuk dan lebih stabil untuk cornering, posisi pembonceng memang tidak jadi lebih tinggi dan memang tidak membuat lebih nungging

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok