Ramadhan Morning Ride bersama Yamaha Scorpio – Test Ban Baru.

Ramadhan Morning Ride bersama Yamaha Scorpio

Ramadhan Morning Ride bersama Yamaha Scorpio – Test Ban Baru. Bulan Ramadhan yang penuh berkah memang selalu dirindukan setiap umat muslim di dunia, meskipun banyak umat muslim yang harus bersusah payah dan berjuang untuk menunaikan kewajiban berpuasa setiap harinya. Alhamdulillah di Indonesia seluruh umat muslim bisa menunaikan kewajibannya tanpa ada halangan. Begitu pula saya, meskipun sedang berpuasa, namun tidak menghalangi hobi riding saya, apalagi untuk menikmati indahnya pagi hari di wilayah Boyolali.

Wilayah Boyolali bagian barat, lebih tepatnya di kecamatan Selo, merupakan wilayah dataran tinggi, sebuah kecamatan yang terletak diantara gunung Merapi dan Merbabu. Seperti pada umumnya dataran tinggi, wilayahnya penuh dengan hamparan warna hijau, hijau dari kelebatan hutan maupun perkebunan, terutama kebun sayur. Tak lupa juga dilengkapi dengan udaranya yang dingin menyejukkan.

Jalur Boyolali – Selo

Ramadhan Morning Ride bersama Yamaha Scorpio

Ramadhan Morning Ride bersama Yamaha Scorpio . Jalur ini merupakan jalur favorit saya untuk riding pagi, terutama di musim kering, karena di musim kering kita akan lebih mudah menemukan pemandangan yang asri dan indah dan pastinya terbebas dari hujan dan mendung yang biasanya menganggu kita dalam menikmati pemandangan. Jalur ini sudah puluhan kali saya lewati bersama redtoblack (Yamaha Scorpio merah hitam keluaran tahun 2012). Dari dulu saat saya masih inreyen sampai saat ini genap berusia lima tahun. Dari saat saya riding sendirian, bersama istri dan kemudian bersama putri pertama saya. Baik riding sendirian maupun berboncengan saya hampir tidak pernah mengalami masalah dengan redtoblack. Dari saat motor ini masih standart pabrikan, hingga sampai sekarang yang sudah lengkap dengan hasil modifikasinya.

Mentari Pagi di Kaki Merapi

Track tanjakan, turunan dan tikungan menjadi suguhan utama di jalur ini, dan ini lah saya jadikan medan test untuk setiap pergantian ban redtoblack. Terhitung selama lima tahun ini, tidak pernah absen sekalipun di bulan ramadhan saya selalu riding ke Selo. Dulu saat ban masih standart entah sendiri maupun berboncengan pagi hari saya sudah sampai di Selo, untuk sekedar melihat Matahari terbit, atau untuk melihat awan yang berarak seakan hanya berjarak berapa meter dari atas kepala kita. Kemudian saat saya mengganti ban menggunakan Swallow SB 117 pun saya gunakan track ini untuk mengetest performanya, lanjut kemudian saat saya memutuskan untuk menggunakan Michelin Pilot Street. Track ini pula yang saya gunakan untuk test. Tak berbeda dengan saat ini, Michelin Pilot Street di ban belakang sudah saya pensiunkan, digantikan dengan Pirelli Angle City. Ban yang memiliki desain yang hampir mirip dengan Michelin Pilot Street dan tentunya memiliki performa 11-12 atau sangat mirip.

Omong-omong, saya ganti ban dengan beda-beda merk, spesifikasi dan karakteristik tanpa ada perubahan pada settingan mesin lho. Jadi cukup settingan mesin standart Yamaha Scorpio, hanya gear dan rantai saja yang saya ganti karena factor usia.

Performa Ban Pirelli Angle City

Ramadhan Morning Ride bersama Yamaha Scorpio. Memang baru puluhan kilometer saya memakai ban ini, namun saya sudah merasakan sedikit perbedaan, perbedaan yang hampir mirip ketika saya beralih dari Swallow SB117 ke Michelin Pilot Street. Ban terasa melekat sempurna ke jalan, baik itu saat berada di aspal halus, aspal bergelombang hotmix maupun saat diatas jalanan berpasir. Ketika digunakan untuk melibas tikungan hotmix, ban tidak terasa gejala membuang atau ngesot, sedangkan saat memakai Swallow SB117 saya merasakan sedkit membuang atau bergeser saat digunakan menikung, begitu juga diakhir pemakaian Michelin Pilot Street, ya mungkin karena efek usia penggunaan. Saat jalanan berpasir dan saya harus mengerem pun tidak dirasakan gejala ngesot dan saat turunan dengan kondisi aspal tidak rata serta kecepatan berkendara sedang, ban belakang tidak terasa loncat-loncat, ban terasa masih menempel diaspal dengan sempurna.

Yamaha Scorpio Ganti Ban Lebar

Sampai saat ini saya simpulkan bahwa Pirelli Angle City ini memiliki karakteristik mirip dengan Michelin Pilot Street dan mungkin malah lebih ringan Angle City. Karena saya sempat melakukan test di jalan lurus yang sedikit menurut speedometer sudah menyentuh angka 130 namun ban belakang tidak terasa goyang, dan tidak terasa berat, hal ini yang belum pernah saya rasakan ketika masih menggunakan Michelin Pilot Street.

Tetap Fit Saat Riding di Bulan Ramadhan

Ramadhan Morning Ride bersama Yamaha Scorpio. Bulan Ramadhan tidak menghalangi saya untuk tetap riding, berikut beberapa tips dari saya agar riding bisa aman dan tidak menganggu ibadah puasa.

  1. Istirahat yang cukup setelah ibadah malam sebelum riding.
  2. Konsumsi sayuran dan buah saat sahur, terutama buah dan sayur yang banyak memiliki kandungan air.
  3. Hindari makan sahur dengan makanan pedas, makanan pedas bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan membuat kita mudah mengantuk.
  4. Pilihlah sumber karbohidrat dengan serat yang tinggi,misalnya oats, biskuit atau nasi.
  5. Minum air putih yang cukup, seperti yang disunnahkan, isilah perut kita dengan sepertiga makanan, sepertiga air dan sepertiga udara. Jadi aturlah makan dan minum supaya tidak berlebihan dan tetap beri sisa ruang di perut kita untuk udara.
  6. Pilihlah waktu riding di pagi hari hingga menjelang tengah hari, sisanya bisa digunakan untuk istirahat. Namun jika perjalanan panjang bisa diteruskan hingga waktu Ashar. Tidak disarankan untuk riding di sore hari menjelang waktu berbuka dan waktu sholat tarawih.
  7. Jangan lupa tetap menjaga agar bisa beribadah tepat waktu.
  8. Jangan lupa pula untuk mengecek kondisi kendaraan sebelum riding, service ringan dan ganti oli lebih disarankan.

Wisata Asik Yamaha bersama Blogger

Salah satu hal yang bisa membuat redtoblack setia menemani saya hingga lima kali ramadhan tanpa kendala adalah tetap percaya memakai sparepart asli Yamaha. Harga sesuai dengan kualitasnya, dapat awetnya dapat aman dan nyamannya.

Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Ramadhan Morning Ride bersama Yamaha Scorpio

Be the first to comment

Leave a Reply