Kunjungan ke Pabrik AHM, sharing Keseriusan Honda dalam Memproduksi Motor

Kunjungan ke Pabrik AHM

Kunjungan ke Pabrik AHM, sharing Keseriusan Honda dalam Memproduksi Motor. Kesempatan yang sangat berharga saya dapatkan ketika mendapat undangan untuk ikut factory visit AHM (Astra Honda Motor) di Karawang. Saya sebagai pengguna dan pengemar sepeda motor sangat excited ketika mendengar bahwa kami ( blogger & vlogger se Indonesia) diperbolehkan untuk melihat proses produksi sepeda motor di pabriknya langsung.

Saya sendiri bekerja di pabrik manufacturing juga, namun dalam bidang garment dan ternyata sungguh sangat berbeda. Kunjungan ke Pabrik AHM ini memperlihatkan kepada saya bahwa Pabrik AHM ini sangat rapi, sangat ketat pengawasannya dan karyawannya pun sangat disiplin. Dan yang paling membedakan dengan pabrik di tempat saya bekerja adalah jumlah operatornya. Di pabrik AHM ini sudah banyak memanfaatkan mesin-mesin yang canggih, baik dalam proses welding, assembly maupun painting. Operator kebanyakan hanya mengoperasikan, memastikan dan mengawasi mesin-mesin yang bekerja.

Pada dasarnya proses produksi di pabrik AHM ini terdiri dari dua bagian, frame components dan engine components dan yang disatukan dalam proses assembly. Seperti yang saya tulis diawal, proses welding framenya sudah dikerjakan oleh mesin, begitu pula untuk paintingnya. Dan tentunya selalu dalam pengawasan operator, penggunaan mesin-mesin ini ditujukan untuk mengurangi kesalahan dan menjaga konsistensi dari hasil produksinya. Apalagi produk-produk yang dikerjakan di Pabrik AHM ini juga dikirim keluar negeri, alias di export.

Selain proses produksinya yang begitu canggih yang tak kalah penting adalah proses quality controlnya, di pabrik AHM ini setelah sepeda motor selesai dirakit, semua unit dicek oleh bagian QC, dipastikan mesin dan semua komponen bisa berfungsi dengan baik dan bekerja dengan semestinya. Oh ya, untuk pabrik yang saya kunjungi digunakan untuk memproduksi skutik dan motor sport, yang terlihat saat itu ada Beat, Vario 150/Click 150i (versi exportnya), CB150R dan CBR250RR. Dan pihak AHM menyatakan bahwa tidak ada perbedaan standar dalam produksi baik untuk skutik maupun sport. Meskipun pada proses produksinya untuk tipe sport lebih rumit dan kompleks, hanya saja untuk tipe sport dipilih karyawan yang sudah lebih berpengalaman dalam bagian & tugasnya.

Tujuan utama dari kunjungan ke pabrik AHM ini, selain untuk memberikan pengetahuan kepada kami (blogger & vlogger se Indonesia) juga untuk meyakinkan kepada konsumen, bahwa AHM tidak pernah main-main dalam setiap produknya, kesempurnaan dan kualitas adalah komitmen mereka. Jadi jangan ragu untuk membeli motor Honda. Terimakasih AHM, terimakasih untuk pembaca, semoga bermanfaat. Salam.

Kunjungan ke pabrik AHM

Kunjungan ke pabrik AHM
ferboes.com redto-black.web.id satuaspal.com

10 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Kopdar Silaturahmi Blogger dan Vlogger se Indonesia bersama AHM

Leave a Reply