Kopdar Silaturahmi Blogger dan Vlogger se Indonesia bersama AHM

Kunjungan ke Pabrik AHM

redto-black.web.id – Kopdar Silaturahmi Blogger dan Vlogger se Indonesia bersama AHM. Selain factory visit yang diagendakan AHM (Kunjungan ke Pabrik AHM) dikesempatan itu juga berlangsung kopdar silaturahmi blogger dan vlogger se Indonesia. Sekitar 50an blogger dan vlogger berkumpul, yang tadinya hanya bisa saling berbalas komen di kolom komentar, sekarang bisa bertatap muka, saling mengenal. Saya sendiri akhirnya bisa ketemu dengan Kang Iwanbanaran (iwanbanaran.com), Mas Ariyanto (aripitstop.com), Mang Kobay(kobayogas.com), Om ferboes(ferboes.com, saiisoku.com), Mbah Wir(nyobamoto.com), Mbah Bons (bonsaibiker.com), Mas Yudi Batang(yudibatang.com), Mas Ardiyantoyugo (ardiantoyugo.com), teman sekamar dipenginapan Agusta Mahardika (www.dikamagz.com) dari Bali, Ipan Jombliz (pertamax7.com), Mas Azis (warungdohc.com) yang sebelumnya juga sudah pernah ketemu langsung dan masih banyak blogger & vlogger lainnya.

Saya diberi kesempatan untuk ikut acara ini bersama rombongan dari Jawa Tengah, ada Mas Rika Very Kurniawan (rikaverrykurniawan.com), Mas Eko (satuaspal.com) dan Mas Yudi (yudibatang.com). Saya, Mas Rika Very Kurniawa dan Mas Eko kebetulan searah dari Solo, dan keberangkatan dari Semarang. Agar waktu tidak mepet, akhirnya kami berangkat dari hari Jum’at malam, start dari Kartosuro sekitar pukul 19.00 kemudian menjemput Mas Danang di Salatiga. Mas Danang ini yang memberi saya undangan untuk acara ini, beliau dari Astra Motor Semarang yang menjadi PIC untuk menangani blogger, apa ya nyebutnya, pokoknya beliau yang sering berhubungan dengan blogger lah. Sementara Mas Yudi berangkat langsung ke Jakarta naik kereta.

Alhamdulillah kami diberi sambutan yang sangat baik dari Mas Danang, sampai di Semarang diajak makan malam di Candi Steak. Sebuah warung kaki lima yang menyajikan steak, kemudian kami juga diajak ke Valle Cafe Semarang untuk nyemil pizza sebelum tidur, Valle Cafe ini memiliki view yang lumayan bagus apalagi di malam hari. Kemudian kami menginap di @Hom Hotel untuk menunggu flight di Sabtu paginya.

Kopdar Silaturahmi Blogger dan Vlogger se Indonesia bersama AHM. Acara sendiri direncanakan mulai pukul 09.00 hari Sabtu 15 July 2017, dan diagendakan dua acara yaitu Plant Tour dan ke PRJ. Namun apa dikata, kami rombongan dari Jawa Tengah yang harusnya sudah boarding dari pukul 06.50 mundur ke 07.20. Turun dari pesawat sekitar pukul 08.50 dilanjutkan sarapan on the road dan langsung disambut dengan kemacetan Jakarta – Bekasi. Sungguh luar biasa, jalur tol yang harusnya bisa memberi jalur tercepat ke Plant AHM di Karawang ternyata macet. Jadilah kami mencari jalur alternatif, masuk ke jalur-jalur pinggiran. Entah lewat jalur mana saya tidak tahu, yang jelas sekitar pukul 14.30 kami baru sampai di lokasi.

Tiba dilokasi acara sudah dimulai, saya hanya kebagian sedikit saat presentasi dan diskusi.

Kopdar Silaturahmi Blogger dan Vlogger se Indonesia bersama AHM

Ibu Isti yang terlihat sangat friendly dengan blogger, malah boleh dibilang tidak hanya friendly, sangat kekeluargaan sekali. Dari sini memberi kesan kepada saya bahwa Astra Honda Motor sangat menjaga hubungan baik dengan blogger, bahkan untuk sekelas GM beliau sangat akrab dengan semua blogger. Saya sempat bersalaman, namun sayang, sepertinya saya lupa untuk memperkenalkan diri secara langsung.

Selesai diskusi acara dilanjutkan makan dan foto bersama. Kesempatan ini saya manfaatkan untuk berkenalan dengan beberapa blogger, namun sayang Wak Taufik TMCblog tidak hadir, blogger senior yang sangat ini saya temui sebelumnya.

Kunjungan ke Pabrik AHM

Kopdar Silaturahmi Blogger dan Vlogger se Indonesia bersama AHM. Selesai foto dan makan siang acara dilanjutkan Plant Tour. Saya dan teman-teman dari Jawa Tengah digabung dengan teman-teman dari Bali. Sayangnya untuk plan tour kami tidak diperbolehkan mengambil gambar sama sekali, handphone dan kamera tidak diperbolehkan dibawa ke line produksi. Bahkan untuk karyawan AHM sendiri juga diperlakukan peraturan yang sama, ancaman SP3 untuk mereka.

Plant Tour ini memberikan pengetahuan tambahan bagi saya, banyak mesin digunakan untuk proses produksinya, line produksi yang begitu rapi, bersih, bahkan ada ruangan yang dibuat agar steril dari debu. Operator dipekerjakan untuk memastikan dan mengawasi mesin-mesin yang dipakai, intinya untuk pekerjaan tertentu yang benar-benar membutuhkan tingkat presisi tinggi disitulah mesin dipakai, pastinya untuk menjamin kualitas produknya. Selain itu untuk menjaga konsistensi, kecepatan dan ketepatan produksi.

Kopdar Silaturahmi Blogger dan Vlogger se Indonesia bersama AHM. Pada Plant Tour ini kami ditunjukkan proses produksi motor Skutik(Beat, Vario 150) dan Sport(CB150R, CBR250RR). Oh ya, for your information nih SMV alias Standard Minute Value untuk produksi Skutik itu 22 – 23 detik. Anyway, SMV itu bisa dikatakan adalah standart waktu yang dijinkan untuk menyelesaikan pekerjaan itu secara tuntas atau sempurna. Jadi boleh dibilang setiap 22-23 detik ada satu unit Skutik yang selesai dirakit. Berbeda dengan tipe Sport untuk SMVnya sendiri masih 4 menit, karena prosesnya jauh lebih rumit. Tapi tenang saja, perbedaan waktu ini bukan berarti standart dan kualitasnya beda, AHM menjamin standart dan kualitas pekerjaan mereka sama untuk produksi semua tipe sepeda motor.

Plant Tour ditutup dengan acara tanya jawab singkat, pada saat tanya jawab ini ada yang menanyakan mengenai bagaimana cara AHM untuk memastikan part-part motor yang dikerjakan vendor agar kualitasnya tetap terjaga sesuai standart AHM. Kemudian Mas Azis menanyakan kenapa sekarang part Honda lebih sering dijual dalam kondisi assy, tidak lagi pretelan dan Kang Iwanbanaran juga menanyakan apakah ada perbedaan standard dalam pengerjaan sepeda motor premium dan reguler. Dan banyak pertanyaan lainnya.Kopdar Silaturahmi Blogger dan Vlogger se Indonesia bersama AHM

Kopdar Silaturahmi Blogger dan Vlogger se Indonesia bersama AHM. Selesai Plant Tour semua blogger & vlogger diajak menikmati malam di Ancol, tepatnya di Jimbaran Resto Ancol. Resto di tepi pantai ini menyajikan seafood untuk santap malam kami, ada lobster, kerang, cumi, kepiting dan ikan, ditemani kelapa muda meskipun kelapa mudanya tak seenak kelapa muda yang sering saya nikmati di Boyolali. Sambil makan kami ditemani pentas tarian dan live music. Saat live music inilah, bakat terpendam dari blogger & vlogger itu muncul, satu persatu blogger unjuk suara, ada yang modal nekad, ada yang bener-bener bagus suaranya dan ada yang kocak juga.

Kopdar Silaturahmi Blogger dan Vlogger se Indonesia bersama AHM
Alki in action

Sebuah kesempatan langka yang bisa saya dapat, saya bisa bersilaturahmi, berkenalan dan bertemu dengan blogger-blogger kondang se Indonesia dan tentunya dengan pihak AHM juga. Terimakasih Honda, Terimakasih Astra Motor Honda, Terimakasih Astra Motor Semarang. Terimakasih telah membuat event yang luarbiasa. Salam Satu Hati.

Kopdar Silaturahmi Blogger dan Vlogger se Indonesia bersama AHM
redto-black.web.id > aripitspot.com > bikerkampung86.wordpress.com > satuaspal.com

1 Trackback / Pingback

  1. Pengalaman Terbang Bersama Citilink - redto-black.web.id

Leave a Reply