Tube Type Tire into Tubeless

Siang ini dapat telepon dari teman kerja, ngajakin ngobrol masalah ban motornya.  Mas I, ngobrolin Mionya yang sudah 3 tahun minta dimanjain, hehehe, bannya udah robek, minta ganti baru, Mas I dapat tawaran dari tukang ban yang bisa masang ban tube type jadi tubless, ban merk Dunlop plus dop tubless plus pasang dibanderol 140rb. Lumayan irit sih, selain itu kaki-kaki mio jg sudah resing, jadi kalau mau diperlakukan pakai tubeless ya udah siap dan bisa-bisa saja, akan tetapi melihat dari tipe ban yang seharusnya tube type, mungkin harus lebih hati2 juga.

Secara teori, modif ini termasuk modif ringan yang gampang dilakukan, cukup membeli dop/pentil ban tubless

IF

Serta ban yang masih baru, pastikan bahwa ban betul2 sehat, tidak ada lubang sama sekali dipermukaannya. Selain itu motor harus memakai velg resing atau velg palang yang normal tanpa cacat, lobang atapun bengkokan, agar udara yang dipompakan ke ban tidak bocor.

Dop/pentil ban tubless tinggal dipasang ke velg, lalu ban tinggal pasang, isi angin, lalu test apakah ada kebocoran dengan cara disiram air atau dimasukkan ke ember besar atau kolam, perhatikan apakah ada gelembung udara atau tidak, jika tidak ada gelombang udara, bisa dijamin aman.

Yang perlu diperhatikan dibagian dop/pentilnya, bisa jadi ada sedikit celah yang bisa bikin angin bocor, untuk lebih amannya bagian ini bisa dilem menggunakan sealent atau lem kaca, selain itu perhatikan beban motor dan pengendaranya, bisa jadi ban yang memang konstruksinya bukan untuk tubeless memiliki kekuatan menahan beban yang lebih kecil daripada ban tubeles sebenarnya, krn ban tubeless sendiri biasanya memiliki compound yang lebih keras serta kawat2 yang lebih kuat.

berikut referensinya dari blog om AJIKZ

http://ajikz.wordpress.com/2011/07/02/ganti-ban-fdr-genzi-tube-type-dipasang-tubeless/

Be the first to comment

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok