Korban Pemasangan Velg Lebar

Bukan penyesalan ataupun kesedihan, hanya pelajaran yang saya ambil dari kejamnya modifikasi (heleh….).  Genap sebulan sudah saya memakai velg & ban lebar di Scorpio saya, dan selama sebulan ini modifikasi saya memakan korban, antara lain :

1. Selang Rem Putus seperti yang saya tulis di sini

Selang Rem Putus
Selang Rem Putus

Selang terjepit ban dan swingarm.

2. Spakbor depan tergerus ban yang menyebabkan saya hampir stoppie di jalan raya

Kejadiannya tepat pada tanggal 9 Agustus pagi, saat saya hendak pulang ke rumah orang tua untuk ikut acara jagong ke tempat saudara di Kendal, baru berjalan kurang lebih 700 meter dari rumah tiba-tiba motor berhenti mendadak padahal saya tidak mengerem dan dari arah roda depan terlihat asap dan bau plastik terbakar, saya kira ada masalah di remnya atau di bearing rodanya, ternyata spakbor bagian depan tergerus ban dan gerusannya meleleh dan mengeras yang meyebabkan spakbor nyangkut ke ban yang berputar. Mau tidak mau spakbor saya tarik sampai patah baru bisa dipakai jalan lagi

patahan spakbor
patahan spakbor
patahan spakbor
patahan spakbor

3. Spakbor depan pecah sewaktu menghajar lobang & polisi tidur

Spakbor pecah
Spakbor pecah
2
Dibuat berjarak agar aman, malah mentok atas 🙁

kejadian tepat terjadi saat berangkat kopdar perdana Jatengmotoblog di Dieng, pada saat menuju telaga menjer saya sempat menghajar lubang yang tidak terlihat dan beberapa kali melibas polisi tidur yang tertutup bayangan pepohonan dalam kecepatan sedang. Mungkin karena spakbor yg terakhir ini sengaja saya pasang agak tinggi dan tidak terlalu mepet dengan ban, karena pengalaman sebelumnya, ban dengan alur kembangan yang dalam membuat kerikil ataupun kotoran gampang nyangkut dan bergesekan dengan spakbor. Namun akibatnya spakbor mentok dengan segitiga bawah saat shock bekerja 🙁 .

 

 

 

11 Comments

  1. Wah, dadi ragu pengen ganti velg tapak lebar.

    Baut knalpotku malah durung tak dandani mas. Sementara tak tali nganggo kawat yang diameternya agak besar. Durung sempat ngelasne.

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok