Yamaha Scorpio Ganti Ban Lebar

pemasangan ban
pemasangan ban

Redtoblack ganti ban. Sudah setahun lebih saya memakai ban swallow SB117 untuk ban belakang redtoblack saya dimana untuk ban depannya sudah lebih dahulu saya pensiunkan dan saya jual, selama setahun pemakaian ada plus minus yang saya rasakan dengan ban ini, profil ban ini termasuk ban dual purpose dan benar saja, untuk aspal maupun offroad bisa dibilang mumpuni, namun apabila kondisi hujan dan jalanan berpasir masih terasa licin, untuk menikung di jalan kering ban ini masih aman meskipun ban ini memiliki kembangan tahu yang lumayan besar-besar.

Redtoblack ganti ban. Mungkin hanya kebetulan atau bagaimana, dulu saat saya berencana mengganti ban depan belakang dengan michelin pilot street saya kesusahan memperoleh ukuran yang pas untuk ban belakang saya (130/70) lalu kemarin dari grup WA yang saya ikuti saya mendapat info kalau teman saya (salah satu teman dari KSR) menjual ban michelin pilot street bekasnya (kondisi 85%-90%) belum ada tambalan dan yang lebih istimewanya harga teman, nawar langsung dikasih, hehehe. Setelah menunggu dari tanggal 1 akhirnya barang saya terima di tanggal 5, meskipun harus saya jemput di kantor pos boyolali, karena miss informasi (di resi pos tidak ditulis alamat jelas, saya kira dari pengirim juga salah tulis, ternyata tidak).

Ganti Ban

Berhubung barang belum dibongkar saya harus menunggu dulu sekitar 30 menit untuk mengambil ban yang dikirim teman saya, sambil menunggu saya tinggal untuk sarapan di markas polisi, kok di markas polisi? nanti akan saya ceritakan di tulisan yang lain. Lanjut, selesai sarapan saya balik ke kantor pos, setelah sebentar menunggu akhirnya dipanggil oleh mbak CS yang cantik, diminta mengecek barang dan menandatangani tanda terima,  bawa pulang ban dan sampai rumah saya melihat sesuatu di ban belakang saya …. apa itu?

Yamaha Scorpio Ganti Ban Lebar

Wow, perhatian bener redtoblack saya, tau kalau saya beli ban meskipun tidak rencana langsung menggantinya dia malah nginjek paku sebesar ini

Yamaha Scorpio Ganti Ban Lebar

Jadilah saya bongkar-bongkar redtoblack hari itu, pertama saya lepas ban belakangnya, kemudian saya bawa ke bengkel pemasang ban, swallow sb 117 saya lepas saya ganti dengan michelin pilot street, tidak ada sepuluh menit proses ganti ban selesai, cukup bayar sepuluh ribu rupiah penggantian ban menggunakan mesin, aman hasil rapi.

Yamaha Scorpio Ganti Ban Lebar

Bagi yang berdomisili di Boyolali, jika mau ganti ban dan tidak merusak velgnya, bisa datang ke bengkel ini, bengkel ini ada di jalan Boyolali – Solo tepatnya di Mojosongo, pertigaan arah Wika dekat warung makan Penyet Rejosari. Atau ke bengkel Yamaha Kondang Motor sebelah terminal Boyolali. Selesai bongkar pasang ban, lajut bongkar bushing arm relay dan connecting rodnya sekalian perawatan, seingat saya sudah lama tidak saya bersihkan. Dan proses yang paling membutuhkan waktu yang lama adalah ketika memasangnya kembali, membutuhkan banyak tenaga dan waktu yang lama.. hehehe.

Yamaha Scorpio Ganti Ban Lebar

dari posisi seperti itu sampai terpasang benar-benar menguras tenaga saya yang tidak pernah olah fisik. hehehe

Yamaha Scorpio Ganti Ban Lebar

Selesai dipasang coba untuk dinaikin, sedikit lebih tinggi dibanding kemarin, karena ban swallow sb 117 saya ukurannya 120/80 sedagkan ini 130/70 pasti ada selisihnya, untuk jarak ban dengan swing arm pun masih aman dengan ukuran segitu. Dan entah kenapa setiap saat saya copot ban belakang pasti ada kondisi rem belakan seperti tidak pakem pas awal dipakai, meskipun sudah dipompa dan dipastikan piston kaliper rem menjepit dengan sempurna.

1 Comment

1 Trackback / Pingback

  1. Ramadhan Morning Ride bersama Yamaha Scorpio – Test Ban Baru. - redto-black.web.id

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok