plat nomor seperti ini ditilangkahmotor 

modifikasi plat nomor, aman dari tilangkah?

Setelah membaca artikel dari om edo disini saya baru memahami, bahwa kondisi seperti apa saja sih yang bisa membuat kita ditilang karena plat nomer kita.

plat nomor seperti ini ditilangkah

Diatas adalah gambar plat nomor saya, sudah saya permak, cat asli digantikan dengan cat doff, hurufnya diganti dengan sticker namun dengan bentuk yang standart, untuk ukuran otomatis berkurang lebar dan tingginya, karena harus dilipat agar dudukannya bisa rapi dan tidak perlu melubangi plat nomor asli yang cenderung akan mudah rusak plat nomornya (pengalaman dari pemakaian di kendaraan sebelumnya).

Oke, mari kita telaah bersama, dari tulisan om Edo ada tujuh point yang bisa membuat kita ditilang karena plat nomor kita :

1.TNKB yang hurufnya diatur, angka diubah supaya terbaca/angka diarahkan
kebelakang sehingga terbaca nama.

2.TNKB yang hurufnya diubah seperti huruf digital.

3.TNKB ditempel stiker / logo /lambang Kesatuan/Instansi yang terbuat dari plastik/logam/kuningan pada kendaraan pribadi, seolah-olah kendaraan pejabat.

4.TNKB yang menggunakan huruf miring dan huruf timbul.

5.TNKB yang dibuat diluar ukuran (terlalu besar/terlalu kecil).

6.TNKB diubah warna / doff dan ditutup mika sehingga warna berubah.

7.TNKB yang huruf angkanya sebagian ditebalkan dan sebagian dihapus dengan cat pilox sehingga nomor asli tersamar warna catnya atau sulit untuk dibaca.

untuk point pertama, plat nomor saya bisa dilihat dari jelas baik dari depan maupun belakang, jadi masih aman

point kedua, huruf yang diubah seperti huruf digital, dari pandangan saya sih harusnya tidak kena, karena hanya dirapikan saja bentuknya, meskipun itu bukan cat asli.

point ketiga, ditempeli sticker/logo/lambang kesatuan/instansi… tentu tidak, tidak ada sticker yang menempel kecuali sticker angka & huruf itu sendiri.

point keempat, menggunakan huruf miring atau timbul, jelas tidak miring, timbul? maksudnya? sedikit membingungkan sih, karena pada dasarnya cetakan dari plat nomor itu memang membuat huruf dan angka yang dicetak menjadi timbul… hehehe

point kelima, dibuat diluar ukuran (terlalu besar/terlalu kecil), ini jelas kena karena plat nomor saja menjadi lebih kecil dari aslinya.

point keenam, diubah warna/doff dan ditutup mika sehingga warna berubah, diubah warna dasarnya iya, tapi tidak ditutup dan justru angkanya akan lebih terlihat karena menggunakan sticker apa lagi jika terkena cahaya, termasuk melanggar atau tidak ya?

point ketujuh, sudah jelas, hal tersebut tidak dilakukan di plat nomor saya, tidak ada yg ditebalkan, tidak ada yg dihapus sehingga menjadi tersamar warnanya.

Jadi pada dasarnya, bisa saja saya kena tilang karena plat nomor saya, karena melanggar salah satu dari ketujuh point diatas, bagaimana dengan anda?


Related posts

One Thought to “modifikasi plat nomor, aman dari tilangkah?”

  1. […] kalau memodifikasi plat nomor itu termasuk melanggar peraturan. Seperti yang pernah saya ulas modifikasi plat nomor, aman dari tilangkah?  . Kebanyakan modifikasi plat nomor motor yang saya temukan adalah dengan cara melakukan cat ulang […]

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox:

%d bloggers like this: