Mengganti Oli Mesin Yamaha Scorpio

Mengganti Oli Mesin Yamaha Scorpio

redto-black.web.id РMengganti Oli Mesin Yamaha Scorpio. Antara hobi dan kebiasaan, saya terbiasa melakukan sendiri perawatan ringan untuk motor saya. Terutama untuk penggantian oli mesin, dari awal memiliki saya sudah terbiasa mengganti oli Yamaha Scorpio sendiri. Alasan saya sederhana saja, saya niat, ada waktu dan punya peralatan yang mencukupi. Kenapa tidak dibawa ke bengkel saja? kan tidak repot tidak kotor? benar memang, tapi saya suka bosan kalau menunggu antrian. Selain itu menurut saya lebih aman dikerjakan sendiri. Kebiasaan saya, saya selalu melakukan penggantian oli mesin di pagi hari. Setelah semalam motor tidak saya pakai sama sekali, kondisi mesin dingin. Karena menurut saya lebih aman mengganti oli saat mesin dingin. Selain resiko terkena oli yang panas atau bagian mesin yang panas, namun bisa juga mengurangi resiko baut pembuangan oli slek (rusak drat/kepala bautnya).

Berikut dokumentasi proses mengganti oli mesin yamaha scorpio yang saya buat. Pertama siapkan dulu peralatannya, yaitu :

Tang
Kunci Sok ukuran 12 (sesuai ukuran kepala baut pembuangan oli)
Corong
Bak plastik untuk penampung oli bekas
Oli mesinnya
Alas dan Kain Lap

Mengganti Oli Mesin Yamaha Scorpio

Posisikan motor dengan standart tengah. Cari baut pembuangan oli yang berada di bagian bawah mesin sebelah kiri, dekat dengan as persneling. Lalu bersihkan sebelum denga kain lap sebelum dibuka. Apabila sudah bersih, siapkan bak plastik, pasang tepat dibawah baut pembuangan oli. Lalu lepaskan baut pembuangan olinya, untuk yamaha scorpio, arah untuk melepas bautnya dengan memutar searah jarum jam.

Mengganti Oli Mesin Yamaha Scorpio
Posisi baut pembuangan oli Yamaha Scorpio

Setelah baut selesai dilepas tunggu beberapa saat sampai oli keluar. Berhubung saya tidak memiliki kompresor untuk meniup oli yang masih didalam, saya menunggu agak lama dan saya miringkan motor saya, agar oli mau mengalir keluar. Oh ya, jangan lupa, buka penutup oli mesin yang ada dibagian kanan mesin.

Mengganti Oli Mesin Yamaha Scorpio

Tunggu hingga oli  mengalir keluar dari lubang pembuangan dan hanya tinggal tetes-tetesan saja. Apablia sudah cukup, tutup kembali baut pembuangan olinya. Ingat untuk menutup/mengencangi bautnya dengan arah melawan arah jarum jam. Untuk menutupnya tidak perlu terlalu kuat, cukup sampai baut menutup dengan rapat dan cukup dikencangkan dengan tangan saja. Jangan terlalu kuat karena takutnya baut akan slek pada saat membuka berikutnya.

Berikut video dokumentasi yang saya buat pada saat saya mengganti oli mesin saya kemarin.

Bagi yang akses menggunakan HP, video bisa dilihat disini

 

Be the first to comment

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok