Maintenance Monocross Yamaha Scorpio

Maintenance Monocross Yamaha Scorpio. Dulu sekali saya pernah membuat artikel yang kurang lebih bertema sama Bongkar CR-AR Scorpio. Namun kali ini saya menambahkan video dokumentasi untuk proses maintenance monocross yamaha scorpio. Yamaha scorpio menggunakan teknologi monocross untuk suspensi belakangnya. Secara kasat mata teknologi ini terdiri dari swing arm dengan link conrod, arm relay serta mono shock.

Maintenance Monocross Yamaha Scorpio
sumber : maskurmambang.com

Masalah yang biasa dikeluhkan pemilik yamaha scorpio adalah shock yang berasa ambles serta bunyi decit pada shocknya. Bunyi ini pun hanya kadang-kadang muncul, terlebih yang motornya jarang dicuci. Menghadapi kenyataan bahwa ini adalah masalah yang biasa muncul akhirnya saya berusaha untuk bisa melakukan maintenance sendiri. Agar tidak perlu bolak-balik bengkel untuk masalah ini. Untuk masalah shock yang berasa ambles, saya mengganti conrod menjadi lebih pendek. Conrod yang saya pilih menggunakan bahan yang tebal serta bearing bambu pada kedua lubanya. Alhasil buritan lebih nungging, shock tidak ambles dan tetap empuk. Sementara untuk bunyi decitan saya mengatasi dengan memaintenance sendiri linknya, tiap beberapa bulan saya bongkar dan saya lumasi dengan grease bushing & bearingnya.

Cukup mudah saja untuk melakukannya, bisa dilakukan sendirian. Siapkan kunci T ukuran 19 dan kunci ring/pas ukuran 17-19. Kemudian posisikan motor di tempat yang datar dan pasang standart tengah. Gunakan kunci ring/pas untuk membuka murnya, mungkin untuk pertama sedikit susah membukanya. Setelah mur bisa dikendorkan, gunakan kunci ring/pas untuk menahan dan gunakan kunci T untuk memutar bautnya. Pengalaman saya, ganjal sedikit roda belakannya agar baut lebih mudah dilepas. Untuk conrod yang sudah saya gunakan kurang lebih 4 tahun ini baru sekali ganti bearing. Dan pada saat saya bongkar ternyata bearingnya sudah tidak mau berputar, jadi harus diganti.

Untuk melepas bearingnya pun tidak terlalu sulit, saya hanya membutuhkan palu dan kunci T. Dipukul pelan-pelan dari salah satu sisi bearing sudah bisa dilepas. Begitupula untuk memasangnya. Untuk cara dan dokumentasinya bisa disimak di video berikut.

Bagi yang akses dari HP video bisa dilihat disini

Terimakasih.

2 Comments

    • Iya mas, dari segi rangkanya memang gitu, pas di generasi berikutnya sudah direvisi rangkanya, tapi memang dasarnya scorpio ini sport touring jadi depan lebih tinggi dari belakang.

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok