Repaint Helm KBC (Lagi)

Repaint Helm KBC

Repaint Helm KBC (Lagi). Melanjutkan kehancuran yang saya sempat lalukan sebelumnya, Mengecat Ulang Helm BMC dan KBC. Setalah hasil cat yang lumayan hancur sebelumnya, dan setelah dipakai kurang lebih satu setengah tahun ternyata mulai kelihatan tambah mengerikan, akhirnya saya putuskan untuk mengecat lagi helm KBC saya. Untuk prosesnya sendiri hampir sama dengan yang dulu saya laukukan. Saya mulai dengan melepas visor, ratchet, busa dan ventilasi helm, kemudian saya cuci helmnya lalu mulai saya amplas.

Dimulai dengan amplas yang kasar untuk menghilangkan cat & finisihing saya yang dulu lalu dicuci dan diamplas lagi menggunakan amplas yang halus, kemudian dicuci dan dikeringkan sampai kering. Baru dimulai proses pelapisan warna dasarnya. Untuk warna dasar saya memakai warna hitam, flat black cat semprot merk samurai. Lapisan dasar pertama selesai disemprotkan, kemudian helm saya jemur di panas terik matahari.

Repaint Helm KBC. Agar lebih cepat kering, helm saya ubah-ubah posisinya saat menjemur. Selang 30 menit kembali lapisan warna dasar kedua saya semprotkan. Cukup tipis-tipis dengan jarak semprot yang tidak terlalu jauh, maksimal 20 centimeter dari object catnya. Dan tunggu selama 30 menit lagi untuk pengeringannya. Untuk warna dasar saya semprotkan sebanyak 3 lapis. Dua lapis pertama saya selingi proses amplas untuk meratakan. Untuk lapisan ketiga saya pastikan semua sudah rata dan tidak ada gumpalan cat.

Setelah 3 lapisan warna dasar selesai dan kering sempurna saya mulai menyemprotkan warna utama, warna Magnesium. Kebetulan saja pada saat membeli ada warna magnesium yang membuat saya tertarik. Sama seperti saat mengecat dengan warna dasar, untuk warna utamanya ini saya semprotkan 3 lapis dengan jeda 30 menit untuk pengeringannya.

Setelah lapisan terakhir saya tunggu agak lama untuk pengeringannya, kemudian baru saya mulai memasang, busa, ventilasi ratchet dan visornya. Kemudian saya beri sedikit stiker untuk pemanis, meskipun hasilnya tidak manis-manis banget. Hehehe.

Dan seperti inilah hasilnya

 

Lumayan untuk amatiran dan kita lihat saja, bertahan berapa lama. Helm ini saya pakai harian dan dijemur ditempat terbuka, hujan kehujanan, panas kepanasan.

 

2 Comments

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok