Apa sih Flat Visor Helm itu?

Repaint KBC

Apa sih Flat Visor Helm itu? Mungkin bagi anda pecinta Helm, pasti sudah tahu apa itu Flat Visor . Sebuah istilah yang terdengar sangat keren, atau futuristik. Namun percayalah, ini hanya sebuah istilah saja. Sejatinya Flat Visor fungsi utamanya sama dengan Visor Cembung Helm biasa. Tapi…. ada tapinya, simak atrikelnya ya.

Saya memiliki helm KBC dan Zeus, dari sononya helm KBC sudah dibekali Flat Visor dan pinlock ready. Sedangkan helm Zeus masih menggunakan visor cembung dan belum ada lubang untuk pinlocknya. Secara fisik yang nampak simak gambar berikut untuk perbedaannya.

Flat Visor

Jadi untuk flat visor itu bentuk permukaan visor yang kebawahnya datar lurus, sedangkan untuk yang biasa cembung. Untuk penggunaannya sendiri, flat visor biasa digunakan di helm pembalap, karena biasanya helm pembalap dilengkapi dengan Tear Off ataupun pinlock (anti fog). Tear Off sendiri berupa lapisan seperti film kaca mobil, tear off ini digunakan untuk mencegah benda-benda asing menempel di visor saat balapan.

Jadi secara logika, helm dengan flat visor itu lebih mudah dipasangi tear off dan pinlock, ibarat kata kita menempelkan stiker dipermukaan yang datar, pasti lebih mudah daripada memasang di permukaan yang cembung. Sebenarnya untuk flat visor tidak sesuai dengan aerodinamika balapan, namun ini solusi terbaik untuk helm di track balapan. Karena pembalap tidak mungkin harus berhenti atau menggunakan tangannya untuk menghilangkan kotoran yang tiba-tiba menempel di visor helm. Selain itu pada saat balapan pembalap cenderung membungkuk dibelakang fairing, jadi pengaruh ke faktor aerodinamikanya hanya sedikit.

Terus apakah flat visor ini layak digunakan untuk harian? Tidak salah kok menggunakannya untuk harian, malah lebih baik dan lebih nyaman. Tapi ya sesuailah dengan harganya, biasanya flat visor cenderung memiliki harga yang lebih mahal dari visor cembung. Untuk KBC saya yang tanpa lubang pinlock seharga 150 ribu, dan untuk seharga itu masih saja bisa tergores dengan mudah. Untuk flat visor yang pinlock ready harganya 250 ribu, itu semua untuk clear visor, belum untuk yang dark, smoke atau yang lain. Sementara untuk Zeus, memang belum ada flat visornya, namun paket pembeliannya sudah diberikan dua visor, satu clear visor dan satu dark visor 70%.

4 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Apa Sih Perbedaan Ban Bias dan Ban Radial - redto-black.web.id

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok