Fun Of DIY Things – Merakit Helm KBC

Merakit Helm KBC

Fun Of DIY Things – Merakit Helm KBC. Yup, kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman saya dalam bersenang-senang dengan helm. Jangan mikir yang aneh-aneh ya, jadi ceritanya saya kan sudah punya helm KBC v Zero yang sudah saya berantakin, sudah saya repaint dua kali dan karena repaint sendiri pastinya tahu kan, hasilnya seperti apa. Kemarin beberapa waktu lalu tiba-tiba ada orang jualan shell/cangkang helm KBC tipe VK solid, secara bentuk, KBC V Zero dan KBC VK itu sama persis. Perbedaanya hanya di warna & decal saja.

Dari segi harga ternyata shell/cangkang helm KBC tipe VK ini lumayan murah, saya akhirnya tertarik. Dengan pertimbangan saya sudah punya helm yang sama dan sudah terbiasa saya bongkar, selain itu untuk shell yang saya punya selain sudah saya repaint juga sudah ada retaknya. Akhirnya shell itu saya beli, dan ternyata kondisinya masih sangat mulus. Tujuan awalnya saya ingin menggunakan shell ini untuk pengganti yang saya pakai, tapi ternyata saya jadi tergelitik ingin merakitnya menjadi sebuah helm utuh.

Meskipun pasti akan sangat sulit untuk melengkapinya, tapi saya tetap nekad untuk merakitnya sendiri dengan modal yang sudah ada.

Merakit Helm KBC. Shell mulus, tanpa ratchet, strap, visor , busa styrofoam dan vent belakang. Hmm… butuh beli¬†banyak nih. Meski butuh beli banyak akhirnya saya bisa menemukan penjual ddring strap, visor dan ratchetnya. Setelah ddring strap, visor dan ratchetnya dibeli, sekarang giliran mencari busa dan styrofoamnya. Busa untuk KBC ada yang jual, namun harganya wow, diitung-itung sama saja dengan beli helm baru. Styrofoam?? yakin ada yang jual? susah sepertinya.

Setelah mikir keras, akhirnya saya putuskan untuk mengorbankan helm bmc yang sudah jarang saya pakai, yang dulu pernah saya repaint repaint helm BMC & KBC. Secara bentuk fisik sih sangat beda jauh, namun saya nekad saja, setelah berhasil bongkar helm BMCnya, styrofoamnya bisa dilepas prosesnya dimulai. Strapnya sudah bisa dipasang menggunakan tang rivet pinjaman dari pabrik tempat saya bekerja.

Merakit Helm KBC. Ratchet, visor dan strap sudah terpasang. Setelah bisa dipastikan terpasang dengan baik, akhirnya saatnya mencoba memasang styrofoam BMC ke KBC ini. Bisa masuk sih, baik itu stryofoam bagian atas maupun bagian samping, namun ukurannya tidak pas, bagian atas depan masih tersisa rongga sekitar 0,4 cm.Sedangkan untuk bagian samping pipi kanan dan kiri, lebih lebar sedikit, jadi terlihat ada yg menojol di bagian tepi kanan-kiri.

Kemudian untuk busanya, busa BMC lama sudah tidak bisa dipakai karena sudah rusak. Akhirnya saya beli dengan harga sekitar 70 ribu rupiah, lengkap ada busa pipi, busa atas dan busa leher. Dengan sedikit usaha dan kreatifitas akhirnya bisa terpasang semua. Jadilah satu helm minus tanpa vent belakang dan pastinya bisa dipakai. Tapi dengan kondisi seadanya.

Busa BMC bisa terpasang, namun kurang rapat. Untuk Styrofoam bagian depan saya ganti dengan styrofoam lentur bekas kemasan barang elektronik yang saya potong dan rekatkan dengan doube tape. Sudah saya coba pakai, berat tidak berbeda jauh dengan berat asli KBC, namun sedikit was-was dengan busa lehernya saja, yang mungkin bisa lepas saat melepas helmnya. Karena gampang tertarik, meskipun sudah saya beri double tape agar melekat.

Rongga bagian depan atas. Saya biarkan saja, karena styrofoam sudah bisa melekat dan tidak bergerak-gerak. Dan jadinya saya sekarang memiliki 3 hel yang siap dipakai.

Be the first to comment

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok