Mata Merah Saat Riding atau Batuk? Begini penjelasannya.

Mata Merah Saat Riding atau Batuk

redto-black.web.id – Mata Merah Saat Riding atau Batuk? Begini penjelasannya. Nyrempet sedikit ke masalah kesehatan, karena saya sedang mengalaminya. Jadi ceritanya saat ini saya sedang menderita batuk pilek, dan batuknya kadang sangar sekali. Sampai susah nafas dan perut sakit, tapi tidak terus-terusan hanya saat malam hari saja. Efeknya setiap pagi mata terlihat merah dibagian pinggirnya dan saat sing hari sudah hilang saja. Setelah mencari tahu, ternyata begini penjelasannya.

Mata Merah Saat Riding atau Batuk? Begini penjelasannya. Apakah Kalian pernah mengalami mata merah seperti berdarah setelah bangun tidur atau berkativitas? Bisa jadi hal tersebut disebabkan karena perdarahan subkonjungtiva. Dan tidak perlu terlalu khawatir kok.

Perdarahan subkonjungtiva akan menghilang dalam waktu dua minggu. Pembuluh darah kecil-kecil yang berada di bawah lapisan konjungtiva(selaput terluar mata) dapat pecah dan menimbulkan perdarahan yang tampaknya menghawatirkan namun sebenarnya keadaan ini tidak teralu berbahaya. Gejala yang dialami adalah bagian putih mata (sklera) akan tampak bercak darah berwarna merah terang tanpa rasa nyeri, terkadang disertai rasa tidak nyaman di amata.

Penyebab perdarahan ini adalah :

  1. Batuk-batuk hebat
  2. Bersin
  3.  Muntah
  4.  Mengangkat benda berat
  5. Cedaera mata, misalnya: menggosok mata terlalu kuat, infeksi mata, mata kemasukan benda asing.

Faktor risiko seseorang mengalami perdarahan subkonjungtiva adalah pengidap hipertensi, diabetes, sedang mengkonsumsi pengencer darah. Sebagian besar kasus tidak perlu diobati karena darah akan diserap sendiri. Namun jika ada inflamasi atau infeksi, dokter akan meresepkan antibiotik atau antiradang. Konsultasikan keluahan anda kepada dokter mata jika gejala tidak membaik dalam 3 minggu atau disertai gangguan penglihatan. Sumber : alodokter.com

Mata Merah Saat Riding atau Batuk? Begini penjelasannya. Selain itu mata merah juga sering kita alami saat riding, bisa jadi saat kita memakai helm half face ataupun memakai helm full face yang tidak rapat, sehingga terpaan angin masih bisa masuk ke dalam helm dan langsung mengenai mata kita. Jadi kalau riding lebih baik menggunakan helm full face, atau half face yang dilengkapi dengan visor.

Nah, sekarang jadi tahu kan, apa penyebabnya, jangan mudah panik ya, semoga bermanfaat. Terimakasih.

 

Be the first to comment

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok