Empat Waktu ini Bisa Jadi Pilihan Waktu Yang Tepat untuk Posting Artikel Blog

Pilihan Waktu Yang Tepat untuk Posting Artikel Blog

redto-black.web.id –¬†Empat Waktu ini Bisa Jadi Pilihan Waktu Yang Tepat untuk Posting Artikel Blog. Masih berkaitan dengan hasil workshop yang diadakan Astra Motor Center Semarang dengan pembicara blogger joss gandoss lek Iwanbanaran. Lek iwanbanaran sempat bercerita mengenai kebiasan beliau memposting artikel di blognya. Terutama untuk pemilihan waktu untuk publish artikelnya.

Terus kapan saja waktunya itu? Kebiasaan lek Iwanbanaran biasanya melakukan scheduling artikel pada empat waktu berikut :

  1. Pagi hari sekitar pukul 05.00
  2. Siang hari pukul 12.00
  3. Sore hari sekitar pukul 16.00
  4. Malam hari sekitar pukul 22.00

Dan apa sih alasan waktu tersebut menjadi pilihan waktu yang tepat untuk posting artikel blog? Menurut lek Iwanbanaran, pagi hari sudah menjadi kebiasaan hampir seluruh manusia Indonesia itu lebih mementingkan cek handphonenya terlebih dahulu sebelum berkatifitas. Baik hanya untuk mematikan alarm atau sampai cek media sosial dan cek email serta browsing-browsing. Sementara di siang hari, mayoritas waktu tersebut adalah waktu istirahat kebanyakan pekerja, waktu istirahat ini biasanya dimanfaatkan lagi untuk cek media sosial dan browsing.

Nah untuk yang sore ini intensitasnya mungkin berbeda, tapi polanya tetep saja, sebelum pulang kerja iseng-iseng cek deh, kira-kira ada update atau tidak ya. Sementara untuk malam ini bisa jadi alternatif tambahan saja, untuk pengantar sebelum istirahat pembaca. Tapi bisa saja untuk nambah hits yang tadinya sudah njengat jadi lebih njengat.

Tapi perlu diingat ya, ini bukan patokan baku, ini semua adalah hasil analisa, analisanya bagaimana? Cukup mudah kok, rata-rata blogger itu pasti juga senang membaca, jadinya untuk analisa ini, posisikan diri kita untuk menjadi pembaca. Trus bagaimana kalau ada artikel update yang harus segera diposting? ya prioritaskan yang uptodate, agar sebisa mungkin bisa langsung dipublish. Untuk artikel yang sudah terjadwal silahkan diubah jadwalnya. Karena artikel uptodate biasanya berpeluang untuk menaikan hits, dan jangan sampai keduluan.

Nah, untuk analisanya, kapan pengunjung itu sering memantau blog kita, darimana saja asal trafficnya, kisaran umur berapa pengunjung blog kita, kita bisa memanfaatkan tools analisa yang bermaca-macam,mulai dari yang sederhana hingga yang komplek. Artikel berikutnya akan saya bahas ya,tools apa saja yang bisa dipakai untuk analisa ini.

Sekian, terimakasih, semoga bermanfaat.

Baca Juga :

 

Be the first to comment

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok