Apa Sih Perbedaan Ban Bias dan Ban Radial

Perbedaan Ban Bias dan Ban Radial

redto-black.web.id – Apa Sih Perbedaan Ban Bias dan Ban Radial. Mas Bro Gan Sob, secara awam kita pasti sudah mengetahui kalau ban, entah itu ban motor atau mobil ada dua macam, yaitu ban tubless dan ban tube type atau yang sering kita sebut ban biasa. Ban tubless sendiri adalah ban yang tidak perlu menggunakan inner tube atau ban dalam, sedangkan ban tube type perlu menggunakan ban dalam.

Ban tubeless biasanya digunakan di motor yang menggunakan velg racing/velg bintang, sedangkan ban tube type biasanya dipakai di motor yang menggunakan velg jari-jari atau spoke wheel.

Ternyata mas bro gan sob, ban tubeless itu juga masih ada jenisnya lagi, yaitu bias dan radial, opo meneh kui ya? hehehe. Dengar mungkin sudah pernah ya, atau mungkin sudah tau perbedaannya? kalau saya sih sering denger, dan tau bedanya ya cuma harganya aja, yang radial lebih mahal dari yang bias, wis itu thok.

hehehe, ternyata mas bro gan sob, perbedaan dari kedua tipe ban tubeless ini ada pada strukturnya alias konstruksinya. Ban dengan struktur bias adalah yang paling banyak digunakan. Struktur Bias dibuat dari banyak lembar cord yang digunakan sebagai rangka (frame) dari ban. Pada dasarnya, ban bias dibuat dengan susunan dua atau lebih benang yang melingkar dari bead ke bead dengan membentuk sudut 40 derajat hingga 65 derajat terhadap garis tengah lingkaran ban.

Perbedaan Ban Bias dan Ban Radial

Ban radial memiliki konstruksi carcass cord membentuk sudut 90 derajat terhadap keliling lingkaran ban. Jadi dilihat dari samping konstruksi cord adalah dalam arah radial terhadap pusat atau crown dari ban. Bagian dari ban berhubungan langsung dengan permukaan jalan diperkuat oleh semacam sabuk pengikat yang dinamakan “Breaker” atau “Belt”. Sabuk ban radial terbuat dari baja dengan tapak lebih kaku, lebih tahan guncangan, dan tidak cepat aus.

Perbedaan Ban Bias dan Ban Radial

Ban radial ini hanya menderita sedikit deformasi dalam bentuknya dari gaya sentrifugal, walaupun pada kecepatan tinggi. Ban radial ini juga mempunyai “Rolling Resistance” yang kecil.

Nah mas bro gan sob, sudah paham kan perbedaan ban bias dan ban radial. Yang jelas untuk tipe ban tubeless radial ini pilihannya tak sebanyak ban bias, karena di Indonesia kebanyakan juga masih pakai ban bias. Namun ban radial ini awet juga mas bro gan sob, jadi kalau sama-sama ada dana lebih boleh lah pakai gan radial ini.

Baca Juga :

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, facebook fanspage : @rtb.web.id,

SMS/WA : 0857-2863-6789

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok