Tips Aman Berkendara Saat Darurat Tuas Kopling Rusak

Aman Berkendara Saat Darurat Tuas Kopling Rusak

redto-black.web.id – Tips Aman Berkendara Saat Darurat Tuas Kopling Rusak. Mas Bro Gan Sob, crash dijalan raya memang bukanlah sesuatu yang diharapkan, tapi kadang kita tidak bisa menghindarinya. Atau kalau tidak kitanya sudah berhati-hati namun karena kecerobohan kita motor jadi jatuh bego. Dulu saya pernah mengalaminya gara-gara terlalu pecrcaya diri saat memakirkan motor ditempat yang agak tinggi, ternyata standar samping saya belum menapak sempurna, masih terlalu tegak. Hasilnya motor ambruk ke kanan, untungnya sih tidak ada kerusakan, hanya tuas rem yang tergores.

Beruntung jika tidak terjadi kerusakan sama sekali, namun lain cerita jika ternyata karena jatuh bego ini membuat kerusakan minor tapi fatal. Misalnya motor kita jatuh ke kiri dan ternyata membuat tuas kopling patah dan tak mungkin dipakai lagi. Waduh….. repot kan mas bro gan sob? kalau kabel kopling sih mungkin kita bisa bawa cadangan, dan sayapun terbiasa membawanya jika touring lha kalau tuas alias handlenya gimana coba?

Kalau kejadian di keramaian kota sih aman saja, namun jika kejadian itu kita alami di tempat yang sepi, jauh dari keramaian atau pada kondisi malam hari yang sepi jarang bengkel buka bagaimana? Panggil teman minta tolong mungkin cara yang paling aman. Namun kadang kita tidak bisa melakukannya dan harus ambil langkah mandiri.

Tenang mas bro gan sob, simak tips-tips berikut agar tetap aman meski darurat. Tips ini memang belum diuji semuanya secara praktek, namun secara teori tips berikut adalah tips yang paling realistis jika kita menghadapi keadaan darurat tersebut. Asumsinya motor tetap bisa dinyalakan mesinnya dan tetap bisa jalan normal ya mas bro gan sob, hanya saja fungsi tuas koplingnya yang tidak bisa dipakai sama sekali

  1. Jika kejadian di lokasi yang sudah anda kenal, sebaiknya anda pilih jalur yang tidak banyak pemberhentiannya, jauhi jalur yang banyak persimpangan dan lampu merahnya agar anda tetap bisa berkendara tanpa banyak berhenti untuk bisa ke tempat aman (rumah ataupun bengkel).
  2. Start motor anda dengan cara dorong motor dan masukkan giginya, akan lebih mudah jika dilakukan di turunan. Meskipun kick starter dan electric starter masih bisa dipakai tapi memasukkan gigi tanpa kopling dalam kondisi motor diam bisa membuat mesin motor anda mati.
  3. Untuk pindah gigi dari gigi rendah ke tinggi posisikan rpm motor pada rpm agak tinggi lalu pindahkan gigi, kebanyakan motor berkopling tidak masalah jika menambah gigi tanpa kopling.
  4. Untuk menurunkan gigi, pelankan laju motor dan pastikan putaran mesin pada putaran rendah lalu kurangi gigi dengan tepat. Namun anda harus bersiap-siap jika mesin motor tiba-tiba mati.
  5. Jika mendekati lampu merah dan lampu masih kondisi menyala merah anda bisa memperlambat laju motor anda dan mengulur waktu agar anda tidak perlu berhenti untuk menunggu lampu hijau.
  6. Jika terpaksa harus berhenti di lampu merah, anda bisa mencoba tips nomer 3 hingga posisi gigi netral, namun lebih baik berhenti saja di tepi jalan biarkan mesin mati dan ulangi menyalakan motor lagi.
  7. Jika sudah sampai tempat tujuan yang aman, anda bisa mencoba menetralkan gigi atau hentikan kendaraan dengan cara mengerem dan membiarkan mesin motor mati dengan sendirinya.

Nah itu tadi mas bro gan sob sedikit tips dari saya saat menghadapi kondisi darurat tuas kopling rusak. Terimakasih semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, fb page : @rtb.web.id, YouTube Channel :  rtbwebid, SMS/WA : 0857-2863-6789

4 thoughts on “Tips Aman Berkendara Saat Darurat Tuas Kopling Rusak”

    1. ya untuk perawatan ringan seperti kabel kopling diusahakan untuk bisa merawat sendiri, jika seringnya ke bengkel resmi untuk service ya tinggal tanya kepada petugasnya, sudah dilumasi belum.

  1. Teman kerja ada yang sering tanpa kopling karena kabelnya sering putus. kabel putus rasanya lebih sering karena kurang perawatan.

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok