Akankah Marquez Kunci Gelar Juara Dunia MotoGP di Sepang Nanti?

Marquez Kunci Gelar Juara Dunia MotoGP di Sepang

redto-black.web.id – Akankah Marquez Kunci Gelar Juara Dunia MotoGP di Sepang Nanti? Mas Bro Gan Sob, setelah seri Philip Island kemarin Marquez semakin kokoh memimpin klasemen MotoGP 2017 dengan poin 269 selisih 33 poin dari Dovizioso yang menempati posisi kedua. Dengan sisa 2 seri Sepang dan Valencia, masih ada kemungkinan Dovizioso menyusul jika Dovi mampu memberikan performa terbaik dan konsisten.

Namun bisa saja Marquez membuat Dovi gigit jari di musim ini dan mengunci gelar juara dunia MotoGP di Sepang nanti. Podium pertama atau kedua di Sepang sudah bisa membuat Marquez mendapatkan gelar juara dunia MotoGP 2017. Bagaimana tidak, jika Marquez meraih podium kedua maka total poin yang diraih menjadi 289, meskipun Dovi meraih podium pertama total poin Dovi hanya 261 masih selisih 28 poin, dengan 1 seri tersisa yang memperebutkan 25 poin saja.

Bahkan finish di posisi ke 3 atau 4 pun sudah cukup untuk Marquez, jika Dovi tidak naik podium di Sepang nanti. Sementara itu harapan untuk Dovizioso akan terbuka jika Marquez hanya bisa finish tidak lebih baik dari posisi ke 4 dan Dovi bisa naik podium minimal di posisi ke 2. Namun hal ini mungkin tidak akan terjadi. Bagaimana tidak, semenjak seri Misano lalu Marquez selalu bisa naik podium dengan raihan podium pertama ataupun kedua.

Jika Dovi tidak mampu meraih podium minimal podium ke dua, maka peluang Dovi akan semakin menipis. Peluangnya bisa digambarkan dengan tabel seperti berikut :

Jika Dovizioso finish di posisi … … Marquez harus finish di posisi:
1 2
2 4 atau lebih baik
3 8 atau lebih baik
4 11 atau lebih baik
5 13 atau lebih baik
6 14 atau lebih baik
7 15 atau lebih baik
8 atau lebih rendah Marquez adalah juara

Meskipun sudah difavoritkan untuk menjadi juara dunia di musim 2017 ini namun Marquez masih merasa keunggulannya dari Dovi sekarang masih belum cukup dan dia tetap ingin fokus menyelesaikan dua balapan terakhir di musim ini dengan sempurna.

Dan Dovi pun bisa dipastikan tidak akan menyerah begitu saja, dia pasti juga akan mencoba untuk memberikan raihan yang terbaik di musim ini.

Ternyata posisi runner up tahun 2017 ini juga diincar oleh Maverick Vinales, saat ini Vinales memiliki poin 219 terpaut 17 poin dari Dovi. Finish meraih podium ke tiga di Australia minggu lalu membuat pembalap ini menaruh harapan agar bisa meraih posisi runner up di tahun pertamanya bersama Yamaha.

Nah Mas Bro Gan Sob, itu tadi analisa dari saya mengenai kemungkinan Marquez Kunci Gelar Juara Dunia MotoGP di Sepang akhir minggu ini. Kita lihat saja Minggu nanti ya Mas Bro Gan Sob, ingat MotoGP di Sepang ini siang hari lagi ya!

Baca Juga :

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, facebook fanspage : @rtb.web.id,

SMS/WA : 0857-2863-6789

2 thoughts on “Akankah Marquez Kunci Gelar Juara Dunia MotoGP di Sepang Nanti?”

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok