Desain Honda Gold Wing Dari Tahun 1975 Hingga 2017

Desain Honda Gold Wing

redto-black.web.id – Desain Honda Gold Wing Dari Tahun 1975 Hingga 2017. Mas Bro Gan Sob, saya kembali membahas mengenai sejarah motor, kali ini saya membahas mengenai Honda Gold Wing. Meskipun motor ini bukan motor yang khusus diproduksi untuk pasaran Indonesia dan sayapun belum pernah mengendarainya, namun tahun ini Honda meluncurkan model baru Gold Wing ini. Nah seperti apa sih perjalanan perubahan desain dari Honda Gold Wing ini? Mari disimak Mas Bro Gan Sob.

1975 Honda Gold Wing GL1000

Desain Honda Gold Wing

Honda Gold Wing di tahun ini didesain dengan simple dengan tujuan untuk menjadi motor terbaik sepanjang masa. Sebenarnya Gold Wing ini tidak ditujukan khusus untuk motor touring, meskipun akhirnya pembeli menggunakannya untuk touring. Banyak yang memodifikasi motor ini dengan menambah side box dan half fairing yang akhirnya mempengaruhi arah pengembangan Honda Gold Wing ini. Motor ini dibekali dengan mesin berkapasitas 999cc berpendingin cairan, empat silinder horizontal. Rangka menggunakan model tubular full cradle, double shock belakang dan uniknya dilengkapi dengan kick starter juga. 999cc ada kick strarternya? yakin kuat genjotnya? hehehe.

1980 Honda Gold Wing GL1100 Interstate

Desain Honda Gold Wing

Model ini hadir dengan perubahan yang nantinya akan menjadi ciri khas dari Honda Gold Wing pada versi selanjutnya. Kapasitas mesinnya meningkat, jarak sumbu roda menjadi lebih panjang, ruang bagi pengendara dan pembonceng jadi lebih luas serta peningkatan kapasitas tangki bahan bakar. Untuk model ini hadir dengan dua pilihan, versi naked dan versi touring ready, untuk versi touring ready Honda melengkapi Gold Wing ini dengan box barang baik itu side box maupun top box, dan ini merupakan aksesoris asli pabrikan. Selain itu model touring ini juga dilengkapi dengan half fairing, dan dari sini motor ini mulai jelas arahnya menjadi motor touring. Kapasitas mesin meningkat menjadi 1,085cc, berpendingin carian dengan konfigurasi mesin yang masih sama 4 silinder horizontal. Untuk suspensi sudah dilengkapi dengan Air-assisted suspension. Motor ini juga dilengkapi dengan sistem Audio.

1982 Honda Gold Wing GL1100 Aspencade

Desain Honda Gold Wing

Menyambung dari kesuksesan Gold Wing Interstate akhirnya Honda mengadirkan versi Aspencade. Versi ini mengenalkan konsep touring yang mewah, tempat duduk yang lebih luas, kompartemen barang tambahan dan warna yang sepesial. Versi ini tidak mengalami perubahan pada mesinnya. Perubahan terletak pada instrumen yang sudah menggunakan LCD panel, Onboard air compressor, serta sistem audio.

1984 Honda Gold Wing GL1200 Interstate

Desain Honda Gold Wing

Versi Honda Gold Wing ini kembali mengalami peningkatan kapasitas mesin menjadi 1,182cc meningkat 97cc dari versi sebelumnya. Peningkatan kapasitas mesin ini membuat peningkatan tenaga dan torsinya. Swingarm dan wheelbase juga mengalami perubahan panjang, dan peningkatan handling dan kenyamanan didapat dengan perubahan rangka yang lebih stiff. Posisi mesin juga mengalami koreksi dan ukuran ban sedikit dikurangi.

1988 Honda Gold Wing GL1500

Desain Honda Gold Wing

Tahun ini merupakan tahun perubahan Honda Gold Wing yang paling berarti dalam sejarah Honda. Kapasitas mesin meningkat menjadi 1.520cc 6 silinder. Dengan perubahan ini didapatkan tenaga yang lebih smooth. Sasisnya juga mengalami perubahan yang meberikan kenyamanan handling untuk motor touring. Kapasitas tangki bahan bakarnya pun meningkat, sistem pengereman juga diubah selain itu desain fairing jauh lebih compact, lebih menyatu dengan bodynya.

2001 Honda Gold Wing GL1800

Desain Honda Gold Wing

Lagi-lagi Honda Gold Wing mengalami peningkatan kapasitas mesin menjadi 1,832cc tetap dengan 6 silinder. Versi tahun 2001 ini Honda Gold Wing sudah menerapkan sistem fuel injection, rangka menggunakan model twin spar alumunium. Versi ini juga sudah dilengkapi dengan sistem pengereman ABS, meskipun masih optional, belum semua versi. Dalam pengembangannya versi ini mendapatkan update pada tahun 2006, dengan penambahan air bag system dan sistem navigasi terintegrasi.

2015 Honda Gold Wing GL1800 40th Anniversary Model

Desain Honda Gold Wing

Mulai dari tahun 2001 Honda Gold Wing sudah dilengkapi dengan sistem navigasi, air bag dan radio satelit. Tahun 2012 desainya mengalami penyegaran, handling yang lebih dan beberapa upgrade lainnya. Tahun 2015 Honda Gold Wing hadir dengan edisi khusus mengenang 40 tahun perjalanannya.

Desain Baru Honda Gold Wing 2018 

Model tahun 2018 ini tampil lebih stylish dan modern, selain itu kesan futuristik tertanam di Honda Gold Wing ini.

Nah Mas Bro Gan Sob, itu tadi ulasan mengenai perkembangan desain Honda Gold Wing hingga saat ini, semoga beranfaat.

Sumber Gambar : ridermagazine.com

Baca Juga :

 

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, facebook fanspage : @rtb.web.id,

SMS/WA : 0857-2863-6789


Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok