Dovizioso Juara DuniaMotoGP 

Podium Pertama Di Valencia Tak Cukup Jadikan Dovizioso Juara Dunia

Mas Bro Gan Sob, podium pertama di Valencia tak cukup jadikan Dovizioso juara dunia MotoGP. Akhir pekan ini Marc Marquez dan Andrea Dovizioso akan mengisi barisan start seri terkahir MotoGP musim 2017. Bagi Marc Marquez gelar juara dunia di tahun ini akan menjadi tambahan raihannya yang ke 4, dan ini akan membuatnya mejadi pembalap Spanyol yang paling sukses di MotoGP.

Di sisi lain, bagi Dovisiozo ini merupakan kesempatan pertamanya untuk menjadi juara dunia MotoGP, dan pastinya gelar pertama itu pasti sangat berarti. Namun saingan Dovi tahun ini tak bisa diremehkan, ia tertinggal 21 point dari Marc Marquez. Jalannya menuju gelar juara dunia sangat sulit dan bisa jadi hancur berantakan jika dia sampai melakukan sedikit saja kesalahan.

Bagi Marc Marquez peluangnya sudah terbuka lebar, keunggulan 21 point bisa membuatnya sedikit merasa lega. Dan apapun hasil yang akan diraih oleh Marc Marquez boleh dibilang hanya akan ditentukan Marquez sendiri.

Lalu di akhir seri MotoGP 2017 ini, apa saja yang dibutuhkan Dovizioso agar ia bisa menjadi juara dunia? simak analisanya berikut :

Yang Dibutuhkan Dovi Agar Menjadi Juara Dunia MotoGP 2017 ?

Seperti yang kita ketahui podium pertama MotoGP akan diganjar 25 point dan pemenang kedua akan mendapatkan 20 point, kondisi sekarang Dovi tertinggal 21 point dari Marc Marquez, jadi boleh dibilang syarat utama Dovi menjadi juara dunia MotoGP 2017 adalah podium pertama di Valencia.

Namun meraih podium pertama di Valencia pun tak cukup. Jika Dovi menang di Valencia maka ia akan mendapatkan total point 286 dan total raihan podium pertama adalah 7 kali. Jika sampai Marquez finish di posisi ke 13 atau lebih buruk, total point Marquez akan menjadi 285 atau lebih buruk dan pasti Dovi akan menjadi juara dunia.

Dan jika Marquez bisa finish di posisi ke 12 dan mendapatkan point 4, maka kedua pembalap ini akan mendapatkan total point yang sama 286. Tapi Dovi memiliki total kemenangan 7 kali di musim ini dan lebih unggul dari Marc Marquez yang hanya meraih 6 kali kemenangan dan ini akan menjadi keunggulan bagi Dovi.

Kesimpulannya, Dovizioso akan menjadi juara dunia jika ia meraih podium pertama di Valencia dan Marquez finish di posisi tak lebih baik dari posisi ke 12.

Yang Dibutuhkan Marquez Agar Menjadi Juara Dunia MotoGP 2017 ?

Saat ini point Marquez 282, ia butuh minimal mendapatkan 5 point di seri Valencia untuk menjadi tak terjangkau oleh Dovizioso. Finish di posisi ke 11 atau lebih baik sudah jelas membuat Marquez langsung menjadi juara dunia.

Dan jika sampai Dovizioso tak memenangkan seri Valencia nanti, sudah dipastikan Marquezlah juara dunianya, baik itu Marquez finish atapun tidak finish di Valencia.

Kesimpulannya, Marquez cukup finish di minimal posisi ke 11 atau Dovizioso gagal memenangkan seri Valencia, maka Marquez menjadi Juara Dunia MotoGP 2017.

Fakta Kedua Pembalap Ini Di Sirkuit Valencia

Limabelas kali balapan di Valencia sebelumnya tak pernah dimenangkan oleh Dovizioso, dan ia hanya 2 kali naik podium di Valencia. Yaitu pada tahun 2004 dan 2011.

Marc Marquez mendapatkan hasil buruk di Valencia pada tahun 2009 saat ia masih membalap di kelas 125cc. Ia pernah meraih kemenangan di Valencia sebanyak 2 kali, finish dan naik podium 3 kali. Dan sekali tidak turun balapan di Valencia pada tahun 2011 saat ia mengalami kecelakaan dan menggangu penglihatannya.

Nah Mas Bro Gan Sob, tampaknya jalan berat harus dihadapi Dovizioso, namun bukan berarti Marc Marquez bisa menyepelekannya. Mari kita tunggu hasilnya bersama-sama.

dirangkum dari : asphaltandrubber.com

Baca Juga :


Related posts

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox:

%d bloggers like this: