10 Kegunaan Dari Pelumas Serba Guna

Kegunaan Dari Pelumas Serba Guna

Mas Bro Gan Sob pemilik sepeda motor pasti sudah tidak asing dengan pelumas serba guna kan? Ini lho 10 Kegunaan Dari Pelumas Serba Guna tersebut. Mungkin Mas Bro Gan Sob asing mendengar kata pelumas serba guna, namun ketika saya menyebut WD-40, Rexco, Kit, Chain Lube mungkin saja mas bro gan sob baru paham apa yang saya maksud.

Nah Mas Bro Gan Sob, beberapa merk pelumas serba guna kadang mengkhususkan produk mereka untuk perawatan bagian tertentu. Seperti Chain Lube, biasanya kita akan terpaku untuk menggunakannya hanya untuk melumasi rantai saja. Namun mas bro gan sob bisa memanfaatkannya untuk yang lain juga.

Tujuan saya menulis artikel ini adalah untuk berbagi tentang penggunaan pelumas serba guna ini, kurang lebih ada 10 kegunaan dari pelumas serba guna yang saya rangkum, langsung disimak saja mas bro gan sob.

1. Melepas baut yang macet

Biasanya jika terlalu kencang dalam pemasangan baut atau baut sudah berkarant pasti akan susah dibuka. Nah, mas bro gan sob kita bisa gunakan pelumas serba guna itu untuk melumasi baut sebelum dibuka, tapi jangan berlebihan ya, salah-salah malah kunci yang mau dipakai membuka malah slek karena terlalu licin.

2. Melumasi Footstep yang macet atau susah dibuka

Cukup dengan menyemprotkan dibagian pinggiran atau dibagian as footstep, footstep bisa dibukan dengan mudah lagi.

3. Melindungi part yang terbuat dari karet

Parts karet yang dimaksud adalah parts karet yang dijepit atau mengalami kontak langsung dengan besi. Misalnya selang rem, biasanya selang rem ikut bergerak ketika shock bekerja, dan ada bagian selang yang dijepit, nah bagian ini bisa jadi rawan robek karena gesekan. Untuk meminimalisir resiko ini mas bro gan sob bisa menggunakan pelumas serba guna ini.

4. Melumasi bagian yang berdecit

Biasanya bagian yang memiliki kerja seperti engsel pasti akan sering mengeluarkan bunyi jika aus atau kotor. Misalnya pada bagian link shock breaker jika tidak dilumasi biasanya akan mengeluarkan bunyi berdecit yang menggangu.

5. Melumasi lubang kunci ataupun tutup tangki dan kunci jok

Pengalaman saya, kadang kunci susah diputar meskipun sudah masuk ke lubang kunci sempurna. Akhirnya disemprot dengan pelumas serba guna ini bisa normal lagi. Yang lebih parah lagi bisa saja mas bro gan sob kesulitan membuka tutup tangki karena kuncinya macet. Ini biasanya sering terjadi untuk motor yang sering diparkir di parkiran terbuka dan sering kena air hujan. Air hujan meresap masuk ke lubang kunci lalu mengedap dan menimbulkan karat. Kalau saya biasanya langsung saya semprot dengan pelumas serba guna ini melalu lubang kuncinya

6. Mengilangkan sisa-sisa air pada sistem kelistrikan

Setelah mencuci motor atau kehujanan, biasanya air tidak akan langsung kering begitu saja. Untuk mengurangi resiko korsleting kita bisa menggunakan pelumas serba guna ini dengan cara disemprotkan di bagian konektor aki, socket atau sambungan kabel. Namun lebih baik lagi jika menggunakan contact cleaner.

7. Menghilangkan sisa-sisa lem dari sticker

Selain menggunakan alkohol dan tinner, cairan pelumas serba guna ini bisa digunakan untuk menghilangkan sisa-sisa lem sticker yang dilepas.

8. Membersihkan dan melumasi rantai

Produk khusus untuk pelumas rantai memang sudah banyak, akan tetapi jika terpaksa mas bro gan sob bisa menggunakan pelumas serba guna ini untuk melumasi rantai setelah dibersihkan.

9. Membersihkan parts yang berkarat

Biasanya pada bagian bushing atau bearing sering kali berkarat, nah mas bro gan sob bisa menggunakan pelumas serba guna ini untuk melumasinya sementara, namun disarankan untuk menggunakan grease atau gemuk yang lebih awet untuk pelumasan.

10. Melumasi kabel kopling 

Untuk motor yang menggunakan kopling manual dengan media kabel kopling (belum hidrolik) bisa menggunakan pelumas serba guna ini untuk melumasi kabel maupun engsel tuas kopling.

Nah Mas Bro Gan Sob, itu tadi beberapa kegunaan dari pelumas serba guna yang pernah saya prakteknya, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Baca juga

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, fb page : @rtb.web.id, YouTube Channel :  rtbwebid, SMS/WA : 0857-2863-6789

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok