0

Suzuki SV650X 2018, Konsep Yang Menjadi Nyata

Suzuki SV650X

Mas Bro Gan Sob, Suzuki SV650X 2018, Konsep Yang Menjadi Nyata. Bulan September saya pernah mengulas mengenai motor kosep dari Suzuki yang merupakan versi cafe racer dari Suzuki SV650. Motor ini dibawa ke ajang Tokyo Motor Show dan dipamerkan juga di EICMA bulan lalu.

Suzuki SV650X merupakan versi pengembangan dari versi standart ABS SV650, dimana untuk varian X ini hadir dengan style cafe racer klasik. Headlamp berbentuk bulat yang memiliki multi reflektor dilengkapi dengan kupingan yang menyerupai mini fairing, mengingatkan pada model motor balap jadul.

Stang jepit namun dengan posisi tinggi membuat posisi riding terlihat sporty dan memperlihatkan sisi sporty cafer racer. Tangkinya dihiasi dengan tulisan Suzuki membuat kesan retro terasa sangat kental. Tangki bahan bakar mampu menampung 14.5 Liter bahan bakar. Digabungkan dengan keiritan mesin SV650X membuat jangkauan jelajah motor ini bertambah.

Jok yang tidak terlalu lebar digunakan menyesuaikan dengan gaya dan nuansa retro. Namun keempukan joknya mampu memberikan kenyamanan pada pengendara dalam perjalanan jauh.

Motor ini dibekali dengan mesin 649cc, DOHC, V-Twin 90 berpendingin cairan. Mesin ini di desain agar mampu memberikan torsi yang kuat di putaran rendah hingga sedang dan konsumsi bahan bakar yang ekonomis meskipun berkendara dalam kondisi rpm tinggi. Membuat mesin ini sangat cocok untuk riding dalam jarak yang jauh.

Mesin V-Twin nya mampu mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 56.0 kW pada 8.500rpm dan torsi maksimal 64Nm pada 8.100rpm. Di Eropa motor ini hadir juga dalam versi learner, dimana tenaga mesin tersebut akan dibatasi menjadi 35kW dan torsi turun menjadi 56.5Nm. Guna mengikuti regulasi  Learner Approved Motorcycle Scheme (LAMS).

Mesin DOHC V-Twin ini dikombinasikan dengan frame model trellis yang ramping dan ringan. Suzuki SV650X menggabungkan kekuatan dan kelincahan dalam wujud tampilan motor cafe racer. Baik di kondisi padatnya lalu lintas perkotaan maupun jalannan lengang khas pinggiran, motor ini mampu memberikan kesenangan dalam berkendara.

Sistem pengereman depan dengan piringan cakram 290mm dan ABS serta cakram belakang 240mm ditanamkan di motor cafe racer ini. ABS yang dipasangkan merupakan produk dari Nissin yang telah mendunia. Bisa dipastikan jika sistem pengereman ini mampu mengendalikan laju motor 649cc ini.

SV650X ini juga dibekali dengan teknologi milik Suzuki yaitu sistem ECM dan ISC. Selain itu sistem Suzuki Easy Start juga diberikan di motor ini, memberikan kemudahan dalam menyalakan motor ini, cukup dengan menekan tombol saja.

Nah Mas Bro Gan Sob, ini dia wujud dari Suzuki SV650X tersebut,

Sumber : japan.webike.net

Baca Juga :

Penulis : Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, fb page : @rtb.web.id, YouTube Channel :  rtbwebid, SMS/WA : 0857-2863-6789

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok