Penolakan SPBU Terhadap Motor Dengan Knalpot Bising

Motor Dengan Knalpot Bising

Mas Bro Gan Sob, akhir-akhir ini mulai terdengar kabar penolakan SPBU terhadap motor dengan knalpot bising, karena apa sih? Mungkin Mas Bro Gan Sob ada yang sudah melihat video yang beredar di facebook beberapa bulan lalu. Di video itu nampak api menyambar ketika ada motor dengan knalpot racing yang melintas saat ada pengisian tangki bahan bakar di salah satu SPBU di Salatiga.

Nih mas bro gan sob, videonya biar lebih jelas lagi,

Pada dasarnya semua knalpot entah itu standart ataupun racing bisa saja mengeluarkan api saat motor menyala. Namun potensi knalpot racing untuk mengeluarkan api hingga moncong knalpot terluar mungkin lebih banyak. Kita tinggalkan bahasan dari sudut pandang teknisnya, kita lihat dari segi aturan yang sudah dibuat disetiap SPBU.

Setiap SPBU sudah memberikan larangan untuk menyalakan mesin saat pengisian bahan bakar, dengan alasan keamanan. Namun prakteknya banyak yang masih belum patuh terhadap larangan tersebut. Menurut saya aturan ini yang perlu ditegaskan untuk mencegah hal seperti diatas terjadi.

Untuk bikers mungkin tidak fair jika nanti digeneralisasi semua knalpot bising ditolak untuk mengisi bahan bakar. Mungkin peraturan bisa dipertegas dengan cara memberikan larangan untuk motor dengan knalpot racing / bising untuk menyalakan mesin di radius tertentu di sekitar mesin pengisian SPBU atau dari tangki bahan bakar SPBU.

Selain itu pihak SPBU pun tak boleh lalai, melihat rekaman tersebut nampak jika jarak antara tangki penampungan bahan bakar di SPBU tersebut terlalu dekat dengan akses jalan menuju dispenser bahan bakar. Selain itu nampak tak ada pengamanan di sekitar mobil tangki yang sedang melakukan pengisian tangki bahan bakar.

Harusnya disekitar truk tangki yang sedang mengisi tangki bahan bakar diberikan pembatas atau tanda agar tidak ada kendaraan atau orang selain petugas untuk mendekat ke area pengisian tersebut.

Nah mas bro gan sob bikers, mari kita ikut berperan untuk menjaga keamanan di SPBU. Caranya mundah kok, cukup matikan mesin motor kita sebelum mendekati dispenser SPBU dan menyalakan kembali mesin motor setelah selesai mengisi bahan bakar dan memastikan tutup tangki bahan bakar kita tertutup dengan sempurna. Selain itu lebih baik menyalakan motor tidak terlalu dekat dengan dispenser bahan bakar. Terimakasih, semoga berguna.

Baca juga :

Penulis : Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, fb page : @rtb.web.id, YouTube Channel :  rtbwebid, SMS/WA : 0857-2863-6789

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok