Model Motor Kawasaki Yang Khas Tahun 1962 hingga 1969

Model Motor Kawasaki Yang Khas

Mas Bro Gan Sob, kali ini rtb akan berbagi informasi mengenai model motor Kawasaki yang khas tahun 1962 hingga 1969. Range tahun tersebut memang rtb belum lahir, namun rtb mendapatkan sumber info yang memberikan data lengkap mengenai perkembangan model motor dari Kawasaki dari tahun 1962 hingga 1969.

Langsung saja mas bro gan sob, disimak artikelnya

1962 – Kawasaki B8125

Seri B8 merupakan seri motor yang pertama menggunakan nama Kawasaki. Versi pendahulunya B7 masih menggunakan nama Meihatsu yang mana motor ini menggunakan mesin Kawasaki namun dengan rangka dan sistem penggerak milik Meihatsu sendiri. Kawasaki B8 menjadi sangat populer di Jepang karena kebandelan dan harganya yang murah.

Mesinnya yang berkubikasi 125cc dua tak mampu menghasilkan tenaga sebesar 8hp pada putaran mesin 8000rpm. Mesin ini didesain berdasarkan pengetahuan teknis yang didapat dari pengembangan dan produksi mesin pesawat. Dan nyatanya logo di tangki motor ini tertuliskan “Kawasaki Aircraft”.

1963 – Kawasaki B8M

Dikenaj juga dengan sebutan “Red Tank” Kawasaki B8M merupakan motor yang dibuat khusus untuk kejuaraan motocoss di Jepang. Pada tahun tersebut motor ini membuktikan performanya yang kuat dan berhasil menyapu bersih podium pertama hingga ke enam. B8M ini merupakan motor balapan pertama yang dibangun Kawasaki dan dijual sebagai motor balap. Bebasiskan mesin 125cc dari motor versi jalanan B8, motor ini memiliki tenaga yang meningkat menjadi 12hp dan dipasangkan dengan gearbox 4 percepatan. Keberhasilan B8M ini merupakan awal warisan performa balap dari Kawasaki.

1966 – Kawasaki W1 650

Di tahun 1966 W1 merupakan motor dengan mesin 650cc konfigurasi parallel twin berpending udara dengan kapasitas mesin terbesar yang diproduksi di Jepang. Reputasi dalam hal keadalan dan performa membuat model ini sangat populer, baik di Jepang maupun di pasaran ekspor mereka di Amerika, dimana Kawasaki mulai menunjukkan eksistensinya. Model ini dilajutkan produksinya untuk jangka waktu yang lama, dan bahkan dijadikan motor untuk keperluan kepolisian dengan update berupa pemberian rem depan dengan cakram ganda.

1969 – Kawasaki H1 500

Dimulai dengan desain yang ditest KHI di universitas Kyoto, H1 merupakan motor dengan mesin dengan konfigurasi V-3 parallel berpendingin udara terbesar saat itu. Selain itu H1 juga merupakan motor 2 tak tiga silinder dengan performa tinggi. Pengujian awal ditujukan untuk menggunakan pengapian elektrik yang inovatif. Motor ini mendapatkan gelar motor dengan akselarasi tercepat, dimana mesinnya mampu memproduksi tenaga sebesar 60hp dan mampu menempuh jarak seperempat mil dalam waktu 13 detik.

Bersambung…

Sumber : japan.webike.net

Baca Juga :

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, facebook fanspage : @rtb.web.id,

SMS/WA : 0857-2863-6789


Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok