Kamu Bikers Dan Pemakai Motorsport? Rutin Cek Ini Di Musim Hujan!

Cek ini di musim hujan

Mas Bro Gan Sob, saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan. Bahkan di beberapa daerah hingga dilanda banjir dan tanah longsor. Sebagai pengendara sepeda motor di musim hujan ini rtb sering melakukan pengecekan tambahan pada motor yang dipakai. Apa saja yang rtb check bisa disimak di artikel ini ya mas bro gan sob.

Oh ya, motorsport yang rtb maksud adalah motor laki, motor batangan, ya sejenis itu pokoknya. Motor yang rtb pakai adalah Yamaha Scorpio keluaran tahun 2012. Setiap pagi rtb terbiasa melakukan pre-checking sambil memanasi motor sebelum dipakai. Pre-checking yang pasti rtb lakukan adalah cek fungsi lampu sein, lampu utama, lampu rem dan klakson. Di musim hujan ini ada checking tambahan yang rtb lakukan, antara lain :

  • Kabel Kopling

rtb biasa melumasi kabel kopling dengan pelumas semprot serba guna, nah setiap pagi di musim hujan ini rtb biasanya menyemprotkan pelumas ini jika dirasa sudah mulai kering.

  • Kunci kontak dan tutup tangki

motor rtb setiap harinya diparkirakan di lokasi parkir terbuka tanpa atap, jadi saat hujan motor diguyur hujan sehingga air hujan biasanya tertinggal di sela-sela tutup tangki dan kadang merembes juga ke lubang kuncinya. Parahnya lagi kadang sampai meninggalkan bekas karat. Jadi rtb pun akhirnya menggunakan pelumas semprot serba guna untuk melumasi engsel tutup tangki, lubang kunci dan lubang kunci di tutup tangki. Selain itu rtb juga menyemprot bagian dalam dari tutup tangki.

Hal ini rtb lakukan karena rtb pernah mengalami kesulitan membuka tutup tangki setelah motor rtb kehujanan dan ternyata bagian dalam tutup tangki berkarat dan membuat tutup tangki susah dibuka.

  • Gear dan rantai

gear dan rantai juga bagian yang perlu untuk dicek setiap hari, apalagi kalau sering digunakan untuk menerjang hujan biasanya banyak kotoran yang menempel terutama pasir. Lebih baik disemprot dulu dengan air baru dibersihkan dengan sikat dan deterjen lalu dibilas. Setelah itu rtb biasa menggunakan chain lube, untuk pilihannya biasanya pakai rexco, kita ataupun merk carera. Di musim hujan kali ini rtb mencoba menggunakan WD 40, namun hasilnya kurang memuaskan.

  • Busi

rtb pernah mengalami busi mati saat musim hujan tahun lalu. rtb sendiri belum yakin apa penyebab dari busi yang tiba-tiba mati saat malam hari pulang kerja dan kondisi hujan. Pengalaman rtb tersebut membuat rtb selalu melakukan checking baik untuk chop businya ataupun untuk busi nya. Namun untuk busi tidak terlalu sering dibuka, hanya dipastikan masih bisa dipakai saja. Selain itu rtb juga membawa busi cadangan setiap hari.

Selain pengecekan kondisi motor, jangan lupa untuk selalu membawa jas hujan saat berkendara. Namun jika hujan begitu lebat, pandangan terhalang dan disertai angin kencang lebih baik mas bro gan sob berhenti dan berteduh mencari lokasi yang aman.

Nah mas bro gan sob, itu tadi beberapa hal yang pasti rtb check sebelum berkendara terutama di musim hujan ini. Mas Bro Gan Sob semua jangan malas-malas untuk check kondisi kendaraan masing-masing ya. Kendaraan yang prima membuat hati lebih nyaman dalam perjalanan. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Baca juga :

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, facebook fanspage : @rtb.web.id,

SMS/WA : 0857-2863-6789


Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok