Menikmati Honda CRF150L Di Jalan Raya Dan Offroad

Honda CRF150L Di Jalan Raya

Mas Bro Gan Sob, Sabtu 23 Desember 2017 rtb dan beberapa blogger dan vlogger Jawa Tengah mendapat kesempatan untuk mengikuti fun touring Honda CRF150L bersama Astra Motor Semarang. Dulu pas ketemu pertama dengan Honda CRF150L dan sempat mencoba naik keatas joknya rtb sedikit mikir, kira-kira berani gak ya kalau harus bawa motor ini turun ke jalan raya atau track tanah? bagaimana tidak, karena dengan tinggi rtb 168cm dan jarak jok dari tanah Honda CRF150L 86,9cm sukses membuat rtb jinjit alias tidak bisa menapakkan kedua kaki dengan sempurna saat naik ke joknya. Selain itu rtb juga belum pernah naik motor trail sebelumnya, memang pernah mencoba KLX150, namun dengan ban yang sudah diganti dengan ban aspal dan hanya sekitar 5km saja. Nah Mas Bro Gan Sob, di artikel ini rtb mau bercerita mengenai pengalaman menikmati Honda CRF150L di jalan raya dan offroad untuk pertamakalinya.

Honda menghadirkan varian on-off sport Honda CRF150L di akhir tahun 2017 ini. Resmi dilaunching pada tanggal 09 November 2017 secara nasional varian ini banyak mendapatkan sorotan. Secara lokal di Jawa Tengah launching Honda CRF150L dilakukan pada 08 Desember 2017 di sirkuit Goro Assallam, Solo. Saat itu rtb tidak bisa mengikuti acara launching karena urusan pekerjaan, jadi kesempatan untuk ikut fun touring dan test ride ini benar-benar berharga bagi rtb. Apalagi rtb sangat-sangat awam dengan motor trail, sehingga kesempatan ini merupakan pertama kalinya rtb menjajal motor trail beneran.

Jujur rtb merasakan cemas dan takut saat akan memulai testride ini, bagaimana tidak, pengalaman pertama. Sebelum acara fun touring dan testride dimulai kami diberi pengarahan dan diajak untuk pemanasan agar badan tidak kaku dan mencegah supaya otot tidak tegang yang bisa menyebabkan mudah kram. Selain motor unit testride kami juga dipinjami helm untuk digunakan selama acara ini, helm yang dipinjamkan adalah helm apparel resmi untuk Honda CRF150L, yang ternyata memang produksi PT. Tarakusuma Indah. Ternyata helm ini enteng lho mas bro gan sob, artikel review helmnya akan rtb buat terpisah. Selain itu kami diwajibkan juga untuk memakai knee dan elbow protector.

Selesai pemanasan, briefing, berdoa kami memulai acara fun touring ini. Jedug-jedug terasa hati rtb berdebar kuat saat mulai menaiki motor ini, tak lupa basmallah terucap dalam hati. I feel my heart pounding and so exciting . Fun touring diawalai dari kantor Astra Motor Jawa Tengah di Jalan Gajah Mada Semarang menuju Gunung Pati. Rombongan fun touring ini terdiri dari 6 blogger dan vlogger yang memakai Honda CRF150L ditemani Mas Danang dari divisi HC3 Semarang, serta instruktur safety riding yang juga menggunakan Honda CRF150L, 1 unit Honda CRF250Rally yang dipakai mas Nugroho (batam-otomania.com) serta tim dokumentasi dan sosmed Honda Jateng yang menggunakan CRF Arfica Twin dan Rebel.

Ini merupakan pengalama pertama rtb riding di wilayah perkotaan Semarang, yang ternyata macet mas bro gan sob. Bayangkan saja mas bro gan sob, jinjit macet-macetan baru adaptasi dengan motor pula, cukup membuat rtb mengucurkan keringat, apalagi saat riding cuaca cerah dan sinar matahari menyengat. Motor yang rtb pakai nampaknya belum terlalu banyak dipakai, terlihat dari fisiknya masih anyar jreng dan odometer masih menunjukkan angka 1km.

Kami sempat berhenti sebentar di SPBU untuk mengisi bahan bakar. Tak terlalu memperhatikan antrian rtb langsung berbaris dengan  motor lainnya, begitu giliran rtb isi bahan bakar rtb baru sadar ternyata kami antri di dispenser pertamax turbo, weleh. Bensin sudah terisi penuh kami lanjut ridingnya, mayoritas jalanan aspal dan cor baik jalan lebar padat, sempit dan tentunya kontur pinggiran kota Semarang yang berbukit-bukit. Oh ya mas bro gan sob, ban yang dipakai di Honda CRF150L ini masih ban knobby alias ban pacul atau ban tahu. Hal ini membuat rtb yang baru pertamakali menikmati Honda CRF150L di jalan raya aspal sedikit kagok ketika menikung.

Dalam padatnya lalulintas tenaga di putaran bawah Honda CRF150L sangat berarti. rtb yang masih kagok dengan motor ini dihadapkan dengan kondisi lalulintas stop and go, terasa tenaga motor ini sagat mencukupi menanggung beban 83kg bobot rtb. Ya meskipun karena kagok kadang rtb masih memainkan kopling dan bikin motor ini sedikit ngeden, tapi itu murni gaya ridingnya rtb. Selain itu faktor jinjit ini yang kadang bikin buyar konsentrasi riding. Akselarasi di tanjakan pun terasa mudah, tenaga motor ini mencukupi untuk diajak spontan dari kondisi berhenti di padatnya lalu lintas. Motor ini memang disetting lebih kearah tenaganya bukan kearah top speed, namun rtb sempat mencoba untuk speeding dan mendapatkan kecepatan 90km/jam di gigi 5.

Perjalanan melahap jalur naik turun berhenti di lokasi istirahat pemancingan Dewandaru. Disini kami berkumpul dengan komunitas Honda untuk makan siang dan sharing produk knowledge Honda CRF150L. Selanjutnya sebelum kembali ke Astra Motor Semarang, kami diberi kesempatan untuk mencoba Honda CRF150L di track tanah. Hmmm, disini rtb bimbang, coba tidak, coba tidak, simak pengalamannya di artikel rtb yang lain. Hehehe.

Nah Mas Bro Gan Sob, hasil menikmati Honda CRF150L di jalan raya ini rtb simpulkan jika Honda CRF150L memiliki tenaga yang jos di putaran bawah, untuk akselarasi bisa diajak spontan, torsinya mantab. Kondisi tinggi badan yang semula rtb khawatirkan ternyata hanya sedikit mempengaruhi, dengan teknik dan penyesuaian yang tepat rtb tetap bisa fun. Suspensi depan sangat mantab, jalan di aspal dan cor bumpy dengan ban tahu tak terasa, motor masih terasa stabil, dan getaran mampu diredam dengan baik. Suspensi belakang motor ini memang keras namun memberikan efek handling yang bagus, dan jika perlu bisa diseting kok preloadnya. Menempuh jarak kurang lebih 58km diawali dengan indikator bensin 1 bar kedip-kedip dan diisi fullbar dan finish dengan kondisi masih fullbar rtb simpulkan jika Honda CRF150L ini irit mas bro gan sob. Trus untuk kekurangannya apa? tunggu saja artikel berikutnya…. hehehe.

Bagi mas bro gan sob yang penasaran silahkan bertanya, kolom komentar terbuka bebas. Terimakasih telah bersedia menyimak artikel review Honda CRF150L dari seorang awam motor trail ini, semoga bermanfaat.

Honda CRF150L

Baca Juga :

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, facebook fanspage : @rtb.web.id,

SMS/WA : 0857-2863-6789


3 thoughts on “Menikmati Honda CRF150L Di Jalan Raya Dan Offroad”

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok