Tips Ringan Perawatan Helm Kesayangan

Tips Ringan Perawatan Helm

Mas Bro Gan Sob yang hobi dengan helm, mau itu helm import maupun helm lokal, mau yang mahal ataupun yang murah pasti gak mau kan helmnya cepat rusak apalagi karena hal sepele atau kecerobohan kita. Nah mas bro gan sob, rtb sendiri juga suka dengan helm, terutama helm fullface yang harganya terjangkau. Kali ini rtb mencoba akan membagikan beberapa tips ringan perawatan helm, disimak ya mas bro gan sob.

Helm merupakan safety gear utama ketika kita berkendara, helm melindungi kepala kita dari cidera saat terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan. Memang manusia hanya bisa berusaha dan Allah yang menentukan, tapi tidak ada salahnya jika kita ikhtiar mencari selamat dengan cara selalu memakai helm sesuai standart. Nah selain dipakai, helm juga butuh perawatan lho mas bro gan sob, siapa sih yang mau pakai helm yang bau apek, gak nyaman dipakai? Trus apa saja yang bisa kita lakukan sendiri agar helm semakin nyaman digunakan? hehehe, langsung aja ya mas bro gan sob

Dibersihkan

Pabrikan menganjurkan membersihkan shell dan visor helm hanya dengan sabun dan air hangat. Namun saat ini sudah banyak dijual produk-produk perawatan helm, jadi banyak pilihan untuk membersihkan helm bagian luar ini. Dan jika ingin mencoba menggunkan produk perawatan helm bisa di trial dulu dengan cara mencobanya di bagian kecil helm terlebih dahulu. rtb sendiri selalu membersihkan helm setelah dipakai dengan menggunakan sabun pencuci piring atau sabun mandi cair setelah disiram terlebih dahulu, ingat ya jika habis dipakai biasanya banyak debu atau pasir yang menempel. Jadi lebih baik disiram dengan air yang mengalir baru disabun, cukup menggunakan tangan saja, dan pastikan tangan kita sudah bersih dari kotoran, cukup disabung dengan pelan-pelan kemudian dibilas menggunakan air mengalir.

Dicuci

Helm model sekarang kebanyakan sudah memiliki bagian busa dalam yang bisa dilepas agar mudah untuk dibersihkan. Nah rtb biasanya melepas busa-busa ini kemudian direndam dalam air hangat yang sudah dicampur dengan sabun cair yang lembut. Setelah dirasa cukup dibilas kemudian dikeringkan, bisa dijemur ataupun dibantu dengan pengering di mesin cuci. Saat mencuci busa-busanya, mas bro gan sob juga bisa membersihkan bagian dalam helm dari kotoran, bisa menggunakan vaccum cleaner ataupun dikuas-kuas pelan agar kotoran yang ada di EPS, vent dan bagian lainya bisa dibersihkan.

Dikeringkan secukupnya

Setelah dicuci jangan lupa untuk dikeringkan ya mas bro gan sob, sebelum disimpan. Nah, jika bagian dalamnya tadi bisa kita keringkan dengan cara dijemur atau dibantu dengan pengering mesin cuci, untuk bagian luar atau shell dan visornya cukup diangin-angikan saja, atau bisa menggunakan hair dryer, tapi jangan terlalu panas ya. Beberapa bagian helm ada yang dipasangkan dengan cara dilem, jika dikeringkan dengan cara dijemur langsung dibawa terik matahari atau dengan hair dryer yang terlalu panas bisa menimbulkan kerusakan pada bagian lem tersebut.

Dipoles dan dilumasi

Bagi mas bro gan sob yang mau lebih detail dalam perawatannya bisa mencoba untuk melakukan pemolesan atau jika punya banyak waktu bisa melakukan coating, agar helm lebih awet dan tidak gampang tergores. rtb sendiri hanya melakukan pemolesan standar dengan silicon ataupun paste wax yang mudah ditemukan di toko sekitar kita. Nah untuk produk poles dan coating ini banyak macamnya ya mas bro gan sob, bisa dicari di toko swalayan besar atau bisa juga dibeli secara online, sekarang sudah banyak yang menjual produk perawatan helm dalam bentuk paketan.

Untuk bagian mekanik ratchet biasanya ada yang berupa pegas, dan rawan sekali terjadi karat terlebih saat musim hujan seperti ini, bagian-bagian tersebut yang penting untuk dilumasi, bisa menggunakan pelumas semprot atau juga menggunakan oli, tapi hati-hati saat melumasinya ya, jangan sampai mengotori bagian lain dari helm.

Disimpan dengan cara yang tepat

Nah apabila helm tidak dipakai lebih baik segera disimpan ditempat yang aman, kering, tidak terkena cahaya matahari secara langsung tapi pastikan sudah kering dan bersih ya, jangan menyimpan helm dalam kondisi kotor. Jika belum punya tempat khusus untuk menyimpan helm seperti rtb, mas bro gan sob bisa membungkus helm dengan sarungnya jika ada, kemudian dibungkus lagi dengan plastik dan diletakkan diatas lemari atau tempat lain yang aman. Dan pastikan ditaruh dengan posisi yang benar, jangan dibalik atau miring.

Nah itu jika disimpan karena tidak dipakai ya mas bro gan sob, jika masih ingin dipakai rtb meletakkan helm digantungan yang rtb buat sendiri, gantungan yang ditempel di tembok. Tujuan rtb menggantukan helm itu agar jauh dari aktifitas putri rtb yang masih kecil dan usil, serta jika setelah hujan air hujan yang menempel bisa segera kering dan tidak merembes kebagian dalam helm. Selain itu jangan biasakan menaruh helm di spion ataupun di atas tangki bahan bakar. menaruh helm di spion dalam jangka waktu yang lama dan sering bisa membuat EPS tertekan dan merusak bentuknya, selain itu spion juga jadi gampang aus, apes-apesnya visor helm kesayangan anda bisa tergores spion.

Dibawa dengan cara yang benar

Maksudnya adalah ketika helm tidak dipakai dan mesthi kita tenteng dibawa kemana mana, usahakan untuk membawanya dengan tas atau sarung helm yang biasa kita dapat saat membeli dan kita bawa seperti ketika kita memakai tas punggung atau tas selempang.

Diganti setelah waktu penggunaan tertentu

Nah mas bro gan sob, ini juga tidak kalah pentingnya. Kebanyakan kita tidak tahu jika helm itu punya masa guna juga, dari pabriak sendiri menganjurkan maksimal penggunaan helm adalah 5 tahun, itupun jika helm ada tidak pernah jatuh ataupun tidak memiliki cacat sedikitpun. Dan pastinya berbeda jika helm anda sering jatuh, terbentur dan sering dijemur dibawah terik matahari. Pada dasarnya shell, visor, EPS dan cat helm akan semakin rapuh seiring penggunaan.

Nah mas bro gan sob, semoga tips ringan perawatan helm tadi berguna ya, dan jika ada pertanyaan atau masukan bagi rtb silahkan tulis di kolom komentar ya. Terimakasih.

Baca juga :

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, facebook fanspage : @rtb.web.id,

SMS/WA : 0857-2863-6789

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok