Kesulitan Cari Spakbor Untuk Scorpio Modif Velg Lebar? Pakai Ini Aja!

Spakbor Untuk Scorpio Modif Velg Lebar

Mas Bro Gan Sob, kebanyakan pemilik Yamaha Scorpio yang tidak puas dengan tampilan standart yang cungkring mengganti velg aslinya yang berukuran 18 inch menjadi 17 inch dengan tapak yang lebih lebar. Biasanya sih ukuran 2.50 dan 3.50 dipilih untuk menggantikan velg aslinya. Hal tersebut juga rtb lakukan pada Yamaha Scorpio miliki rtb, kira-kira setelah satu setengah tahun pemakaian rtb memutuskan mengganti velg aslinya dengan velg merk Chemco ukuran 2.50 untuk depan dan 3.50 untuk belakangnya. Pemasangan velg Chemco ke Yamaha Scorpio milik rtb mudah, plug and play tapi tetap dengan ubahan. Velg yg rtb pilih memang sudah khusus untuk Yamaha Scorpio, tapi karena sudah menggunakan cakram untuk rem belakang, jadi harus ada ubahan yang dilakukan agar rem cakram bisa dipasang dengan sempurna. Selain itu untuk bagian depan pun harus mencari spakbor yang ukurannya lebih besar, karena spakbor asli tidak bisa dipakai lagi. Nah mau tahu spakbor untuk scorpio modif velg lebar dan tips pemasangannya?

Kenapa tidak bisa dipakai lagi? ya karena ban yang digunakan pun harus menyesuaikan dengan ukuran velg yang dipilih. Untuk ban depan rtb memilih ukuran 100/80-17 sedangkan untuk ban belakang menggunakan ukuran 130/70-17.Ban depan aslinya menggunakan ukuran 100/80-18 dengan velg ukuran 1.60. Nah, mulai dari awal pemakaian velg lebar ini rtb sudah mencoba 3 jenis spakbor.

Yang pertama rtb mencoba menggunakan spakbor variasi dengan bahan fiber, spakbor ini merupakan spakbor universal yang memiliki bentuk mirip dengan spakbor Ninja 250 karbu. Bentuknya sih OK, namun ternyata pemasangannya tidak OK, mesthi ada yang dipotong dan pasang bracket yang mesti lepas as roda. Tapi kalau tidak salah ingat dulu rtb menggunakan cara lain untuk pemasangannya, namun akhirnya pecah karena mentok.

Kedua, rtb menggunakan spakbor asli milik Yamaha Vixion old, nah spakbor ini termasuk cocok untuk ban dan velg lebar di Yamaha Scorpio, tapi tidak langsung plug and play ya mas bro gan sob. Ubahan yang rtb lakukan antara lain membuat lubang baut dibagian samping depan dan menambahkan bracket agar spakbor bisa terpasang sempurna, selain itu lubang baut asli yang ada dibagian dalam spakbor ini harus dipotong agar tidak gasruk ke ban. Tapi tak berjalan mulus juga mas bro gan sob, spakbor yang rtb pakai pernah nyangkut di ban dan bikin macet karena pemasangan yang terlalu mepet.

Ketiga, rtb mencoba menggunakan spakbor asli milik Yamaha Vixion Lightning. Pilihan ketiga ini jatuh ke spakbor Vixion Lightning atau NVL karena pertimbangan ukuran dari ban asli NVL yang sudah lebar, pasti spakbornya juga sudah muat untuk velg dan ban lebar yang rtb pakai. Namun harus ada ubahan juga mas bro gan sob, posisi lubang baut dari spakbor ini tidak sesuai dengan posisi lubang baut di shock Yamaha Scorpio. Jadi rtb harus memakai bracket untuk memasang baut spakbor depan dan untuk lubang belakang diakali dengan menggunakan baut yang ada payung atau kupingan yang lebar.

Nah mas bro gan sob, untuk gambar spakbor dan bracket serta lubang yang harus dibuat bisa disimak dalam gambar berikut, terlampir keterangannya juga yang mas bro gan sob,

Untuk harganya sendiri, spakbor variasi fiber seharga 100ribuan, spakbor Vixion Old 92ribuan, spakbor NVL 96ribuan, bentuk spakbor NVL cakep juga dan gak kalah stylish. Selain itu sama-samah harus mengakali dan dipotong-potong ya lebih pilih yang murah. Selain itu untuk bahan ABS lebih OK daripada fiber menurut saya,

Mas Bro Gan Sob, semoga artikel ini dapat membantu mas bro gan sob yang sedang mencari spakbor untuk Scorpio modif velg lebar, terimakasih, semoga bermanfaat.

Baca juga :

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, facebook fanspage : @rtb.web.id,

SMS/WA : 0857-2863-6789

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok