Salah Satu Cara Mengatasi Rembes Oli Di Kabel RPM Yamaha Scorpio

Cara Mengatasi Rembes Oli Di Kabel RPM Yamaha Scorpio

Mas Bro Gan Sob, kebanyakan pemiliki Yamaha Scorpio pasti mengalami rembes oli di kabel RPM atau mungkin lebih sering disebut rembes oli di blok fournya. Dan akhirnya hal tersebut menimpa pada motor rtb di usianya yang ke 5 tahun lebih ini. Penyebab dari rembes ini biasanya karena seal atau o ring yang ada pada kabel rpm rusak atau pecah. Nah dalam artikel ini rtb akan membahas salah satu cara mengatasi rembes oli di kabel rpm Yamaha Scorpio, simak artikelnya sampai akhir ya mas bro gan sob.

Keluhan rembes oli di blok four yang tepatnya di lubang kabel rpm ini sudah menjadi masalah umum bagi pemilik Yamaha Scorpio. Untuk motor yang jarang bongkar-bongkar mesin, mungkin kejadian ini mungkin tidak cepat dialami. Terhitung Yamaha Scorpio (redto-black) milik rtb ini mengalaminya setelah usianya lebih dari 5 tahun.

Gejala awal terlihat dibagian kabel rpm yang masuk ke blok four yang ada dibagian kanan atas mesin terlihat basah oli. Makin lama, makin terlihat banyaknya oli yang keluar, biasanya sih terlihat banyak kotoran(debu, pasir, dsb) yang menempel di bagian yang olinya rembes tersebut.

Sebagai contohnya bisa dilihat seperti gambar berikut, gambar ini merupakan gambar dari mesin Yamaha Scorpio milik rtb yang diambil beberapa waktu yang lalu.

Nah Mas Bro Gan Sob, nampak sekali jika di sekitar lubang tempat kabel rpm masuk ke blok basah dan kotoran menempel. rtb sih biasa aja ketika menemui masalah ini, karena memang sudah paham jika ini masalah umum yang biasa ditemui di Yamaha Scorpio. Dan penyebabnyapun sudah jelas, karena seal atau o ring yang rusak karena memang sudah dibatas pemakaiannya.

Nah cara mengatasi rembes oli di kabel rpm Yamaha Scorpio yang rtb coba lakukan adalah dengan mengganti kabel rpm, seal dan o ring yang ada di lubang jalur kabel rpm tersebut. Masing-masing spareparts tersebut harganya cukup murah, berikut list nomer spareparts dan harganya saat rtb membeli (06/01/2018),

  • Oil Seal  93102-07261 Harga Rp. 14.000
  • O Ring 93210-148H8 Harga Rp. 14.000
  • Tachometer Cable Assy 54D-H3560-00 Harga Rp. 35.000

untuk harga updatenya bisa dicek di katalog onlinenya ya mas bro gan sob.

Setelah spareparts terkumpul, tinggal diganti aja. Untuk penggantian kali ini rtb menyerahkan ke mekanik langganan rtb, sekalian silaturahmi, setelah beberapa waktu jarang main ke bengkelnya. rtb sendiri hanya bantu melepas kabel rpmnya. Dan wujud dari kabel rpm tersebut sudah seperti ini.

Dan hasilnya setelah terpasang kembali seperti ini,

Mas Bro Gan Sob, semoga informasi yang rtb sampaikan ada manfaatnya ya, jika ada pertanyaan silahkan hubungi rtb di kontak yang ada atau bisa langsung tulis di kolom komentar, pasti sebisa mungkin akan rtb jawab. Terimakasih.

Baca Juga :

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, fb page : @rtb.web.id, YouTube Channel :  rtbwebid, SMS/WA : 0857-2863-6789

1 thought on “Salah Satu Cara Mengatasi Rembes Oli Di Kabel RPM Yamaha Scorpio”

  1. Pingback: Begini Nih Cara Bongkar Speedometer Yamaha Scorpio

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok