0

Aturan Fairing Di Motor Balap MotoGP Tak Berubah

Aturan Fairing Di Motor Balap MotoGP

Mas Bro Gan Sob, keputusan mengenai aturan teknis penggunaan fairing aerodinamik di MotoGP tidak berubah untuk musim 2018 ini. Hal ini berkaitan dengan penggunaan winglet yang pada musim 2016 sempat ramai dipakai dan akhirnya mulai dilarang pada musim 2017.

Keputusan ini mengharuskan winglet tambahan yang dipakai untuk mengejar downforce harus dibuat menyatu dengan body atau fairing aslinya. Sehingga teknisi berpikir keras untuk mendesain bentuk dan penempatan winglet yang tepat agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Seperti yang diungkapkan Danny Aldridge, ditektur teknik MotoGP kepada crash.net “Aturannya akan tetap sama. Tidak ada perubahan. Stabil, konsisten dan yang aku pikirkan kita akan melihat desain dari semua fairing akan memiliki bentuk yang hampir sama”.

“Aturan ini memang bukan hal yang mudah dan saya yakin akan banyak pendapat yang bermunculan mengenai pemakaian winglet tersebut”

“Namun kami memberikan kesempatan kebebasan kepada teknisi untuk mengerjakannya dan pastinya desain fairing baru ini akan ada plus minusnya. Dan ini tak semudah tinggal pasang lalu kita bisa ngebut dengan mudah”

“Contoh kasus pada saat di sirkuit Philips Island, Lorenzo yang menggunakan fairing dengan winglet ini tak bisa mendapatkan kecepatan yang sempurna. Dan pembalap lainnya memilih untuk tidak menggunakan fairing ber winglet mereka”

Musim 2017 Ducati membuat fairing baru yang sangat agresif, diikuti tim lain seperti KTM dan kemudian Yamaha mencoba untuk melakukan hal yang sama untuk moto prototipe 2018 yang dicoba di Valencia tahun lalu.

Semua tim diperbolehkan mencoba apapun yang mereka suka selama test pra musim 2018 yang akan diawali di Sepang akhir bulan ini. Namun desain fairing baru ini belum bisa dipakai sebelum Aldridge mengeluarkan pernyataan resminya.

Aturan yang ada membatasi penggunaan penambahan winglet di fairing, namun tidak berlaku untuk winglet yang menyatu dengan fairing, baik bentuk, ukuran maupun material yang digunakan.

Baca juga :

Penulis : Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : YouTube Channel :  rtbwebid

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok