PRAEM SP3 Motor Custom Berbasiskan Honda VTR1000

PRAEM SP3 Motor Custom Berbasiskan Honda VTR1000

Mas Bro Gan Sob, yang namanya motor custom pastinya tidak peduli itu motor naked maupun fairing tetap digarap dengan apik. Namun memang umumnya motor fairing tidak terlalu menarik untuk dicustom. Biasanya malah motor fairing ditenjangi untuk dicustom. Lain halnya dengan yang dilakukan oleh dua bersaudara Berneron asal Prancis ini. Mereka berdua merupakan pemilik PRAEM, perusaahn yang bergerak dibidang custom sepeda motor. Kali ini mereka memamerkan hasil karya mereka PRAEM SP3 motor custom berbasiskan Honda VTR1000.

Berneron bersaudara mendapatkan motor RC51 alias VTR1000 alias RVT1000R keluaran tahun 2002. Motor yang pernah ikut berlaga di World Superbike dikendarai oleh Collin Edwards. Motor dengan konfigurasi mesin V-Twin 999cc DOHC berpendingin cairan yang memiliki tenaga 133hp.

Segera setelah mendapatkan motor ini, mereka memulai pekerjaannya, mereka pisahkan bagian body dan kelistrikannya. Kemudian mereka gambarkan rancangan baru untuk proyek custom ini. Rancangan baru ini memiliki garis yang sangat berbeda dari wujud asli motor ini. Setelah melakukan penelitian, kedua bersaudara ini menemukan masalah dengan temperatur mesin, dimana head silinder yang belakang mudah overheat karena terlalu dekat dengan tangki. Dan ternyata ini juga dikonfirmasi dari forum pengguna RC51 ini. Selain itu mereka merasa jika perangkat pengeremannya dan suspensinya tidak sesuai dengan standart mereka.

Akhirnya merekapun memulai proyek customnya dengan membereskan sistem mekanik pada motor. Mesin motor ini mengalami ubahan pada bagian klep, yang digantin dengan klep berbahan titanium, crankcase yang lebih ringan, piston dengan kompresi tinggi merk JE, silinder head yang sudah ditunning, penambahan power commander, penambahan ram air intake, filter udara racing, knalpot berbahan titanum. Dengan ubahan tersebut, motor ini diklaim mengalami kenaikan tenaga menjadi 165hp dan torsinya menjadi 125.6nm.

Powernya meninggkan higga 20% dibandingkan power asli, untuk mengimbangi peningkatan ini mereka memilik memakai sistem pengereman dari Brembo yang dikombinasikan dengan piringan cakram berbahan carbon ceramic merk SICOM. Sistem suspensinya pun diubah menggunakan merk Ohlins, FGR300 untuk suspensi depan dan monoshock TTX36 untuk suspensi belakang.

Dari bagian depan hingga belakang motor ini banyak komponen alumunium CNC yang digunakan. Selain dari bagian suspensinya, semua mur dan baut yang digunakan dalam motor ini terbuat dari bahan titanium. Velg berbahan karbon merk ROTOBOX digunakan untuk velg depan belakang yang dibalut dengan karet bundar Pirelli Diablo Supercorsa SC2.

Untuk bagian bodynya, digunakan bahan alumunium yang dibuat secara handmade. Pertama dibuatlah tangki bahan bakar yang didesain ulang agar tidak menimbulkan masalah dengan temperatur mesin seperti tangki aslinya. Kemudian dipasangkan juga fairing depan, samping bawah yang juga terbuat dari alumunium. Agar body baru yang yang dibuat bisa dipasang maka frame asli dari motor ini mengalami sedikit modifikasi. Selain itu subframe baru dipasangkan mengganti subframe asli agar bisa dipasangkan dengan buntuk dengan desain barunya. Selain itu dipasangkan juga brakcet plat nomor yang dibuat dari alumunium, spoiler, engine cover berbahan magnesium, dan fender belakang berbahan carbon fiber.

Bagian yang menarik adalah penggunaan kawat 2mm yang digunakan untuk melapisi bagian buntut, body samping dan fairing depan. Diperkirakan dibutuhkan hingga 1000 kawat yang digunakan. Meskipun telah mengalami banyak perubahan, namun berat motor ini justru mengalami penurunan dibanding berat aslinya.

Nah Mas Bro Gan Sob, langsung disimak saja galleri hasil dari custom motor ini,

Sumber : rideapart.com

Baca juga :

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, fb page : @rtb.web.id, YouTube Channel :  rtbwebid, SMS/WA : 0857-2863-6789

1 thought on “PRAEM SP3 Motor Custom Berbasiskan Honda VTR1000”

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok