Balap MotoGP Di Sirkuit Jalanan? Bisa Saja Kok, Lagi Dipertimbangkan

Balap MotoGP Di Sirkuit Jalanan

Mas Bro Gan Sob, CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta mengungkapkan bahwa MotoGP sedang melakukan evaluasi penyelengaraan balapan di tengah kota, balapan di sirkuit yang dikombinasikan dengan sirkuit jalanan. Ezpeleta mengatakan kepada media di Spanyol, bahwa ada pengajuan proposal untuk mengadakan balapan di sebuah kota yang dirahasiakan namanya, dan bisa jadi ini akan masuk ke agenda di tahun-tahun berikutnya. Apakah proposal ini mengenai balap MotoGP di sirkuit jalanan?

“Sangat memungkinan untuk mengadakan balapan MotoGP di sirkuit perkotaan” ungkap Espeleta yang rtb kutip dari autosport.com 

“Ada proyek yang sedang dikerjakan di warm city” warm city yang dimaksud bisa jadi sebuah kota yang beriklim hangat/tropis, karena memang Ezpeleta tidak mengatakan dengan jelas dimana lokasi tersebut.

“Pada teorinya keseluruhan track balapan berada di jalanan dan paddocknya akan ditutupi, menyatu dengan pusat pameran”

“Di akhir pekan ini akan dijadikan arena balap MotoGP, dan hal-hal lainnya sepanjang tahun”

Memang tidak sulit untuk menggunakan jalan raya untuk balapan, ini juga sudah dilakukan di event Macau Grand Prix Superbike. Namun segi keamanan yang selama ini menjadi pertimbangan utama dalam balapan MotoGP tidak boleh dilupakan. rtb memang tidak begitu paham dengan aturan-aturan sirkuit yang harus dipenuhi untuk penyelengaraan MotoGP, namun pastinya Dorna tidak mau mengambil resiko dengan membahayakan peserta balapan.

Jadi jika memang akan diadakan balapan MotoGP dengan sirkuit jalanan, pasti persyaratannya tidak sembarangan. Tahun ini MotoGP mendapat tambahan satu seri di Thailand, dan tahun depan rencananya akan menyusul Finlandia.

Ezpeleta juga mengungkapkan jika ada 8 negara yang mengajukan untuk menyelengarakan MotoGP untuk waktu mendatang, namun untuk kejuaraan MotoGP sendiri belum ada wacana untuk menambah race menjadi lebih dari 20 seri di waktu mendatang.

Nah Mas Bro Gan Sob, dari informasi yang rtb dapat, kemungkinan race di sirkuit jalanan ini bisa jadi diadakan di negara Mexico atau di Uni Emirat Arab. Nah kita tunggu saja bersama, apakah benar ini akan menjadi agenda baru MotoGP tahun mendatang.

Baca juga :

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, facebook fanspage : @rtb.web.id,

SMS/WA : 0857-2863-6789


Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok