Perang Fairing Aerodinamika MotoGP 2018 Dimulai

Fairing Aerodinamika MotoGP 2018

Mas Bro Gan Sob, semenjak Ducati menggunakan winglet pertama kali, nampaknya membuat semua tim di MotoGP menjadi tertarik untuk menirunya. Hingga akhirnya keluar regulasi pelarangan penggunaan winglet, namun tidak melarang pemakaian sayap yang menyatu dengan fairing dari motor balap MotoGP. Akhir musim 2017 masing-masing tim membuat fairing yang memiliki model sangat radikal, dimana winglet ditanam dan dibuat menyatu di fairing. Nah ternyata mas bro gan sob, perang fairing aerodinamika MotoGP 2018 sudah dimulai sejak test pramusim di Sepang minggu ini.

Pemakaian winglet pada fairing motor balap bertujuan untuk menambah down-force yang membuat motor tidak mudah mengangkat roda depan saat pembalap berkaselarasi maupun saat pembalap harus membetot dalam-dalam gasnya. Hal ini yang akhirnya dimanfaatkan beberapa tim untuk mendapatkan kestabilan di motornya, Ducati yang nampak memiliki power begitu besar membuat desain fairing yang sangat berbeda dibandingkan tim lain. Ducati dengan terang-terangan memberanikan diri tampil beda dengan fairing ditambahi sayap berbentuk kotak di bagian kanan dan kiri fairing bagian depan.

Selain untuk mendapatkan ekstra down-force, winglet ini juga mendatangkan efek kurang baik bagi motor balap antara lain, berpengaruh pada top speed, dimana cenderung menurun, kemudian berpengaruh juga untuk pemakaian ban depan yang mudah aus dikarenakan tekanan bagian depan motor  bertambah.

Nah mas bro gan sob, tahun 2018 ini nampaknya pengembangan winglet alias sayap pada fairing ini kembali diteruskan, bahkan tak hanya Ducati yang nampak getol dengan pemakaian winglet ini. Terlihat jelas Honda, Yamaha, Suzuki, KTM dan Aprilia membuat fairing bersayap yang dicoba di sesi test di Sepang. Yang paling menarik adalah winglet milik Honda, yang sempat menjadi perbincangan dan pergunjinngan karena bentuknya yang sangat mirip dengan winglet desain Ducati. Nah, ini niru atau bagaimana ya? hehehe.

Wajar saja sih jika Honda dituduh meniru winglet Ducati, karena memang bentuknya yang sangat mirip. Selain kemiripan ini, hal yang lebih mengherankan lagi kenapa Honda sampai ikut-ikutan memakai winglet ini, padahal kalau diingat-ingat, tahun 2017 Honda nampak anteng dan terlihat tidak mau ikut-ikutan memakai winglet ini.

Nampaknya winglet alias sayap di motor balap MotoGP ini akan menjadi trend di musim 2018. Nah Mas Bro Gan Sob, langsung disimak saja beberapa desain Fairing Aerodinamika MotoGP 2018 yang digunakan saat test di Sepang akhir Januari ini,

Sumber : young-machine.com

Baca juga :

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, facebook fanspage : @rtb.web.id,

SMS/WA : 0857-2863-6789


Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok