Test MotoGP Thailand Kenapa Zarco Bisa Lebih Baik Daripada Duo Pabrikan Yamaha?

Zarco Bisa Lebih Baik Daripada Duo Pabrikan Yamaha

Mas Bro Gan Sob, di pertengahan hari ketiga sesi test MotoGP di Thailand Johann Zarco mampu mencatatkan waktu terbaiknya, sebelum akhirnya Marc Marquez dan Dani Pedrosa mendapatkan catatan waktu yang lebih baik. Tapi raihan Johann Zarco ini bertolak belakang dengan raihan duo pabrikan Yamaha, Vinales dan Rossi. Kenapa Zarco bisa lebih baik daripada duo pabrikan yamaha?

Sesi latihan di Buriram ini memberikan hasil yang positif untuk Johann Zarco. Hingga di hari terakhir Zarco mampu memperoleh waktu 1m 30.3s, lebih baik dari dua hari sebelumnya. Ini memperlihatkan jika Zarco dan Yamaha Tech 3 mampu mendapatkan peningkatan, baik pada settingan motor maupun performa dari Zarco sendiri. Zarco mampu mendapatkan waktu terbaiknya saat menggunakan ban depan medium dan ban ban belakang soft.

Menurut Zarco pemilihan ban yang dilakukan timnya sangat tepat, hal tersebut membuat Zarco mampu meraih waktu terbaiknya. Hasil ini membuat Zarco lebih percaya diri untuk segera menghadapi babak pertama MotoGP musim 2018. Namun Zarco juga menyadari bahwa catatan waktu terbaik di satu lap saja itu tidak cukup untuk menyelesaikan balapan, ia harus bisa konsisten agar bisa terus membalap dengan cepat di seluruh lap.

Zarco juga sadar bahwa lawannya di balapan banyak yang jauh lebih cepat darinya, namun setidaknya saat ini ia mendapatkan kepercayaan diri dan modal yang penting untuk memulai balapan.

Hasil yang diraih Johann Zarco di sesi test kali ini sangat berbeda jauh dengan yang diraih duo Yamaha, Vinales dan Rossi. Zarco saat latihan ini menggunakan motor dengan konfigurasi sasis tahun 2016, yang mana artinya saat itu masih mengikuti masukan dari Lorenzo. Hal ini juga yang dipercayai Zarco membuatnya bisa ngebut diatas motornya, menurutnya Lorenzo mampu kencang dengan M1 tahun 2016 jadi dia yakin jika dia juga bisa mengikuti apa yang diraih Lorenzo.

Mas Bro Gan Sob, mungkin saja perubahan yang dilakukan tim pabrikan Yamaha masih belum mendapatkan hasil. Masukan yang diberikan Rossi yang katanya lebih baik dari masukan Vinales masih belum bisa dibuktikan, dan nampaknya hasil dari masukan Lorenzo di Yamaha masih lebih baik dari proses Yamaha bersama Rossi sekarang. Tak mengherankan jika masukan Lorenzo di Ducati juga menjadi point penting bagi tim Ducati.

Baca juga :

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, fb page : @rtb.web.id, YouTube Channel :  rtbwebid, SMS/WA : 0857-2863-6789

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok