Cara Membetulkan Thumbnail Artikel yang Tidak Muncul di Facebook

Cara Membetulkan Thumbnail Artikel yang Tidak Muncul di Facebook

Mas Bro Gan Sob, kali ini rtb mencoba berbagi tips dari pengalaman ngeblog yang pernah rtb alami. Terhubung ke media sosial adalah satu hal yang sudah menjadi kewajiban blogger, karena dengan terhubung dengan media sosial kita bisa dengan mudah menyebarkan artikel yang kita tulis. Dan jika tepat sasaran pasti bisa membuat view ke artikel tersebut meningkat. rtb menggunakan wordpress dengan fitur publicizie yang memungkinkan blog rtb untuk terhubung langsung dengan beberapa media sosial untuk sharing artikel. Namun kadang entah karena apa, sering ditemui hasil sharing di facebook tampilannya tidak optimal, sering kali thumbnail dari artikel kita tidak bisa muncul dan membuat hasil sharingnya tidak bagus dilihat. Nah kali ini rtb akan membahas mengenai cara membetulkan thumbnail artikel yang tidak muncul di Facebook yang sudah sukses rtb lakukan.

Sharing artikel di media sosial tanpa preview gambar thumbnail memang kurang afdol, dan tentunya kurang menarik pembaca, tapi jika harus melakukannya secara manual pasti merepotkan kita. WordPress yang rtb gunakan sudah menyediakan fasilitas agar blog bisa terhubung dengan berbagai media sosial dan otomatis memposting preview artikel kita saat kita mem publish artikel di blog. Namun fasilitas ini kadang juga bermasalah, yang menyebabkan preview artikel di media sosial kita tidak tampil dengan sempurna. Terutama untuk preview di halaman facebook. Beberapa kali rtb menemukan hasil sharingnya tampil tanpa gambar, padahal artikel tersebut sudah rtb pasang featured imagenya.

Nih Mas Bro Gan Sob, contoh dari artikel yang gagal tampil thumbnail previewnya,

Cara Membetulkan Thumbnail Artikel yang Tidak Muncul di Facebook

Kejadian seperti itu sering rtb temui ketika ukuran featured image dari artikel rtb memiliki ukuran(dimensi) yang terlalu besar. Namun sangat jarang terjadi jika ukuran artikelnya dalam ukuran yang tepat. rtb memang belum mengetahui pasti berapa ukuran yang harusnya tepat untuk digunakan sebagai featured image ini, namun biasanya kalau featured image ini memiliki ukuran panjang dan lebar kurang dari 1000 pixel, thumbnail preview bisa tampil sempurna. Terlebih jika perbandingan panjang dan lebarnya bisa sesuai dengan 4:3 atau 16:9. Namun jika ukuran featured imagenya terlalu besar akhirnya preview di facebook menjadi tidak sempurna.

Cara Membetulkan Thumbnail Artikel yang Tidak Muncul di Facebook

Nah kalau sudah menemui hal seperti itu rtb biasanya melakukan hal ini,

  1. Buka halaman facebook debugger di alamat ini

Tampilannya kurang lebih seperti ini

2. Copy\Salin alamat artikel kita yang tidak tampil sempurna previewnya

3. Paste\Tempel alamat tersebut di dalam kotak yang ada disebelah tombol debug

Cara Membetulkan Thumbnail Artikel yang Tidak Muncul di Facebook4. Klik tombol debug dan tunggu sebentar

5. Kemudian klik tombol scrape again, lalu tunggu prosesnya, ulangi langkah ini hingga muncul thumbnail previewnya sesuai dengan yang sudah disetting

Cara Membetulkan Thumbnail Artikel yang Tidak Muncul di Facebook

6. Jika sudah muncul thumbnail previewnya tinggal post ulang saja di facebook, pasti hasilnya sudah bisa tampil sempurna lengkap dengan thumbnailnya.

Nah mas bro gan sob, demikian sedikit tips yang bisa rtb bagikan dalam urusan teknis ngeblog. rtb belum bisa menemukan penyebab pasti selain hal yang rtb tuliskan diatas, namun dugaan rtb, kondisi koneksi hosting kita juga berpengaruh dengan hasil preview yang diposting otomatis di facebook, jadi facebook kesulitan menemukan gambar yang menjadi gambar default untuk post tersebut, sehingga facebook tidak menampilkan gambarnya.

Mas Bro Gan Sob, terimakasih sudah bersedia membaca artikel ini, semoga bermanfaat ya.

Baca juga :

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, fb page : @rtb.web.id, YouTube Channel :  rtbwebid, SMS/WA : 0857-2863-6789

2 thoughts on “Cara Membetulkan Thumbnail Artikel yang Tidak Muncul di Facebook”

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok