Jelas Sudah, Tech 3 Bergabung Dengan KTM Setelah Lepas Dari Yamaha

Tech 3 Bergabung Dengan KTM

Mas Bro Gan Sob, beberapa waktu lalu Tech 3 sempat mengumumkan jika tahun ini merupakan tahun terakhir mereka bersama Yamaha. Beberapa spekulasi muncul mengenai keputusan yang diambil Tech 3 ini. Terlebih ketika bosnya Herve Poncharal mengutarakan jika mereka mendapatkan penawaran yang menggiurkan dari pabrikan yang baru turun dengan dua motor pabrikan saja di MotoGP. KTM, Suzuki dan Aprilia merupakan 3 pabrikan yang diisukan akan menjadi tambatan Tech 3 mulai tahun 2019. Namun ternyata secara resmi Tech 3 bergabung dengan KTM mulai tahun 2019 nanti. Lalu siapakah yang akan mengisi kekosongan tim satelit Yamaha?

Setelah 18 tahun bekerjasama dengan Yamaha, akhirnya sebuah keputusan besar diambil oleh Tech 3. Herve Poncharal mengatakan bahwa Tech 3 merupakan tim kecil yang memerlukan langkah besar untuk masa depan mereka. Tawaran menggiurkan dari KTM nampaknya tak bisa mereka tolak. Dengan bergabunnya Tech 3 dengan KTM, ini akan membuat mereka mejadi tim satelit pertama KTM. Pit Beirer mengaku optimis dengan keputusan ini, seperti yang rtb kutip dari crash.net “Kami sangat gembira bisa bergabung dengan pasukan Tech 3 di MotoGP musim 2019 nanti” ungkap Pit Beirer bos KTM Motorsport. “Tech 3 sudah memiliki banyak pengalaman di MotoGP dan sudah meraih banyak hasil yang luar biasa di kompetisi ini. Profesionalisme mereka akan menjadikan kami lebih kuat” imbuhnya.

Nantinya Tech 3 akan turun balapan di musim 2019 menggunakan KTM RC16, total akan ada 4 rider MotoGP yang akan menunggangi KTM RC16. Secara teknis ini akan menguntungkan KTM, karena merekan akan mendapatkan lebih banyak masukan untuk perkembangan mesin mereka. Selain itu ini merupakan harapan baru pembuka jalan bagi para pembalap yang mengikuti Red Bull Rookies Cup, jalan mereka menuju ajang MotoGP semakin jelas.

Diungkapkan oleh Poncharal bahwa kerjasama awal ini akan berlangsung selama 3 tahun. Jadi mulai dari tahun 2019 hingga 2021 Tech 3 akan bersama KTM, untuk selanjutnya akan diputuskan sesuai dengan hasil kerjasama mereka nantinya. Raihan yang diperoleh Johann Zarco musim 2017 lalu merupakan sebuah prestasi besar untuk Tech 3. Tahun ini Johann Zarco bersama pembalap Malaysia Hafizh Syahrin akan bertarung bersama di tim Monster Yamaha Tech 3.

Sementara itu Tech 3 sendiri belum memutuskan siapa pembalap yang akan digandeng untuk turun di musim 2019 bersama KTM nanti. Karena baik Johann Zarco maupun Hafizh Syahrin mengikat kontrak bersama Tech 3 hanya sampai akhir musim 2018 ini. Namun nampaknya Johann Zarco tetap akan bersama Tech 3, seiring dengan ketertarikan KTM kepadanya. Tapi entah akan menjadi pembalap satelit untuk KTM atau malah menjadi pembalap pabrikan. Karena KTM belum memutuskan untuk memperpanjang kontrak dengan kedua pembalapnya  Pol Espargaro dan Bradley Smith.

Mungkin mas bro gan sob tertarik juga untuk membaca artikel ini :

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, fb page : @rtb.web.id, YouTube Channel :  rtbwebid, SMS/WA : 0857-2863-6789

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok