Ini Lho Salah Satu Resiko Pemakaian Cakram Lebar Di Yamaha Scorpio

Resiko Pemakaian Cakram Lebar Di Yamaha Scorpio

Mas Bro Gan Sob, beberapa bulan lalu rtb memutuskan untuk mengganti piringan cakram Yamaha Scorpio rtb dengan piringan PSM yang lebih lebar. Alasan penggantian piringan cakram ini karena usia pemakaian piringan cakram asli yang menempel di Yamaha Scorpio milik rtb sudah lebih dari lima tahun, selain itu kondisinya memang sudah tergerus beberapa mili. rtb buat juga kok artikel penggantian piringan cakram ini, bisa disimak di sini artikelnya. Nah ternyata setelah kurang lebih dua bulan pemakaiannya rtb menemukan salah satu resiko pemakaian cakram lebar di Yamaha Scorpio.

Seperti yang rtb ceritakan di artikel pertama, perihal pemasangan piringan cakram lebar PSM untuk Yamaha Scorpio, dimana kampas rem tidak sepenuhnya mencengkeram seluruh permukaan piringan, karena kendala di bracket kalipernya. Yang mana posisi lubang baut butuh digeser agar kaliper bisa mencengkeram piringan dengan sempurna. Karena hal tersebut beberapa hari ini rtb merasa aneh dengan rem depan Yamaha Scorpi milik rtb, posisi rem bebas namun ban depan terasa susah diputar. Awalnya rtb mengira ini disebabkan karena kondisi piringan dan kaliper yang kotor karena pasir yang menempel. Biasanya saat musim hujan memang kondisi seperti ini wajar rtb alami, namun kejadian ini terus berlanjut beberapa hari.

Akhirnya rtb putuskan untuk mengecek kondisi kampas rem depannya, dan ternyata hasilnya seperti ini,

Nampak jika pinggiran kampas rem yang tidak menggigit piringan cakram masih tersisa beberapa mili, sedangkan bagian lain sudah termakan karena pemakaian. Jika diteruskan pemakaian seperti ini bisa saja saat rem ditekan kampas hanya menggigit sebagian atau malah tidak mau mengigit sama sekali. Sementara ini kampas saya amplas dulu dan saya pasang kembali.

Resiko Pemakaian Cakram Lebar Di Yamaha Scorpio

Sepertinya kondisi ini sudah tidak bisa dibiarkan lagi, rtb sepertinya harus segera ke tukang bubut untuk mengubah bracket dudukan kaliper agar bisa sesuai dengan posisi piringan cakramnya.

Mungkin mas bro gan sob, ada yang pernah mengalami hal yang sama? jika ada monggo dishare pengalamannya di kolom komentar ya, siapa tahu bisa jadi masukan dan saran untuk rtb. Terimakasih.

Mungkin mas bro gan sob tertarik juga untuk membaca artikel ini :

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, facebook fanspage : @rtb.web.id,

SMS/WA : 0857-2863-6789


Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok