Suzuki GSX-R 150 Akselarasi Mantap Riding Position Gak Cocok Untuk Postur Beruang

Suzuki GSX-R 150 Akselarasi Mantap

Mas Bro Gan Sob, sesuai dengan janji rtb, setelah kemarin dua hari bersama Suzuki GSX-R 150 pinjaman, kini saatnya rtb menulis beberapa ulasan alias review mengenai Suzuki GSX-R 150 tersebut. Sebelum lanjut membaca, rtb ingin menginformasikan jika ulasan ini murni apa yang rtb rasakan, tidak dikurangi dan tidal dilebih-lebihkan. Dan rtb juga sadar bahwa rtb bukan expert dalam hal review, rtb bukan blogger yang sudah sering review motor beragam tipe. Jadi jika ada hal yang kurang sesuai mohon dimaklumi, atau langsung komen saja di kolom komentar agar bisa jadi masukan untuk rtb. Untuk hasil review ini sebenarnya sudah bisa disimpulkan dari judul yang rtb buat, Suzuki GSX-R 150 akselarasi mantap riding position gak cocok untuk postur beruang. Untuk lengkapnya, disimak artikelnya sampai habis ya mas bro gan sob!

Kira-kira setahun lalu rtb mengikuti acara launching Suzuki GSX-R 150 untuk wilayah Jawa Tengah di Semarang. Saat itu rtb sempat mengabadikan wujud dari Suzuki GSX-R 150 yang rtb unggah ke channel youtube rtb di alamat ini. Nah, setahun berlalu, akhirnya rtb kesampaian juga bisa mencicipi motor ini mas bro gan sob. Unit Suzuki GSX-R 150 ini merupakan pinjaman dari teman kerja rtb, si empunya sudah hampir setahun pengen beli motor sport, awalnya pengen beli Yamaha R15, bahkan sempat saya kompori untuk beli CBR250RR namun tidak mau karena tidak suka Honda. Terus sempat juga mau beli Yamaha R25, tapi urung karena saran yang saya berikan, mending bersabar dulu, nunggu Yamaha R25 yang baru saja.

Tapi ujung-ujungnya malah beli Suzuki GSX-R 150, alasanya karena lebih gampang belinya dan harganya juga lebih murah, kalau dia mau ganti motor lagi lebih enak jualnya. Teman rtb ini memang sudah lama tidak naik motor, usianya juga sudah kepala 4 mendekati kepala 5. Setelah membeli Suzuki GSX-R 150 tersebut, dia pernah cerita jika posisi duduknya nungging, bikin pegel pinggang. Hahahaha. Singkat cerita, rtb pinjam motornya selama teman rtb ini pulang kampung, sebenarnya sih ini motor pasti tidak akan banyak bergerak dari garasi kalau tidak ada yang pinjam. Karena yang pakai sudah ada mobil setiap hari untuk mobilitasnya, jadi gampang untuk dipinjam. Hehehe.

Suzuki GSX-R 150 Akselarasi Mantap

rtb memakai unit ini selama dua hari, dan total menikmati putaran ban bersama motor ini sejauh 87km. Impresi awal, memang rtb sedikit kagok memakai motor fairing, namun selang 500 meter berjalan sudah mulai terbiasa. Selang beberapa lampu merah, rtb mulai merasakan jika tarikan awal Suzuki GSX-R 150 ini memang mantab, enteng, dengan rtb yang berbobot sekitar 85kg ini, motornya tetap bisa diajak akselarasi spontan. Selang beberapa kilometer akhirnya rtb menemukan satu hal yang membuat rtb kurang nyaman dengan motor ini.

Riding position, Suzuki GSX-R 150 ini merupakan motorsport dengan kemudi yang sudah menggunakan model underyoke, jadi posisi stang berada di bawah segitiga kemudi. Hal ini membuat rtb yang berpostur beruang ini harus menunduk dan membuat beban berat badan bertumpu di tangan. rtb mencoba mengubah posisi duduk, namun ternyata masih sama saja. Akhirnya setelah mencoba riding beberapa kilometer, terasa tangan kanan rtb pegel. Mungkin memang karena rtb yang tidak terbiasa dengan posisi riding seperti ini, yang menyebabkan rtb tidak nyaman.

Perbandingan Riding Position Suzuki GSX-R150 vs Honda CBR150R
Perbandingan Riding Position Suzuki GSX-R150 vs Honda CBR150R

Dalam rangka testride ini rtb juga sempat mengajak motor ini untuk masuk ke jalan tol Soker yang masih dalam proses pembangunan, disini rtb sempat mencoba untuk speeding, saat itu rtb hanya mampu memperoleh top speed 115km/jam. Mungkin karena faktor berat rider dan faktor keberanian yang membuat hanya dapat segitu. Namanya juga belum terbiasa dan motor pinjaman sih, pasti beda rasa dengan motor sendiri.

Suzuki GSX-R 150 Akselarasi Mantap!

Dari segi performa, rtb menilai jika Suzuki GSX-R 150 ini memiliki tarikan awal yang mantap, enteng, namun untuk putaran atas boleh dibilang masih sama dengan motor 150cc yang pernah rtb coba sebelumnya, Honda CB150R, Honda Supra GTR150 dan Yamaha Vixion. Terasa untuk putaran atas tarikannya lambat, udah dicoba betot gas namun tenaganya hanya sedikit yang bertambah. Berbeda ketika putaran rendah dan gigi rendah, lebih galak dan lebih cepat diajak naik. Tapi balik lagi ini versi saya ya mas bro gan sob, versi saya dengan keadaan saya, mungkin saja hasilnya berbeda ketika mas bro gan sob yang mencobanya.

Dari segi desain, Suzuki GSX-R 150 ini memiliki desain yang sporty dan desain yang antimainstream. Sangat cocok untuk anak muda atau siapapun yang ingin tampil sporty, namun balik lagi, jika memiliki postur tubuh seperti rtb dengan tinggi 168cm dan berat 85kg, dan perut sedikit maju, hahaha, ternyata motor ini kurang nyaman. Tapi kalau cuma untuk gaya masih cocok kok, setidaknya tidak terlalu mirip beruang sirkus naik sepeda. Hehehe.

Untuk 40km terakhir rtb mencoba untuk berkendara secara normal, seperti biasanya rtb riding harian, dalam kondisi seperti ini rtb hanya bisa mendapatkan konsumsi bahan bakar sekitar 38,4km/l. Kalau menurut pengguna Suzuki GSX-R150 adminnya cxrider.com ini termasuk boros, hmmm, ya mungkin memang faktor rider dan gaya berkendaranya rtb. Namun bagi rtb yang terbiasa pakai Yamaha Scorpio, termasuk irit itu. Hehehe.

Overall, dengan harga yang paling murah dikelasnya, Suzuki GSX-R 150 ini sangat layak dibeli, terutama untuk anak muda yang mau tampil keren, sporty dan tentunya memiliki performa yang tangguh.

Nah Mas Bro Gan Sob, itu tadi cerita mengenai review pemakaian Suzuki GSX-R 150. Sekali lagi rtb sampaikan, jika review ini jujur dari rtb sendiri yang belum terlalu banyak berpengalaman dengan beragam tipe motor. Semoga review ini bisa memberikan manfaat untuk mas bro gan sob semua. Terimakasih.

Mungkin mas bro gan sob tertarik juga untuk membaca artikel ini :

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, fb page : @rtb.web.id, YouTube Channel :  rtbwebid, SMS/WA : 0857-2863-6789

1 thought on “Suzuki GSX-R 150 Akselarasi Mantap Riding Position Gak Cocok Untuk Postur Beruang”

  1. Pingback: Riding Santai Ke Pacitan Bersama Rider Suzuki GSX-R150

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok