Klasemen Sementara MotoGP Musim 2018

Klasemen Sementara MotoGP Musim 2018

Mas Bro Gan Sob, keseruan seri perdana MotoGP musim 2018 dimulai dari sesi kualifikasi yang menunjukkan hasil mengejutkan dari pembalap tim satelit Yamaha, Johann Zarco mampu mecatatkan record baru dan menjadi peraih pole position jauh di depan pembalap pabrikan Yamaha yang hanya mampu meraih posisi ke 8 dan ke 12. Sebagai seri pembuka, nampaknya persaingan sengit yang terjadi di Losail Qatar ini akan berlanjut ke seri-seri berikutnya. Nah mas bro gan sob, ini lah klasemen sementara MotoGP musim 2018 pasca race Qatar.

Meskipun Johann Zarco mampu meraih pole position, disusul Marc Marquez dan Danilo Petrucci di posisi start kedua dan ketiga, ternyata hasil kualifikasi ini tidak bisa dipertahankan oleh Johan Zarco hingga akhir balapan. Nampak jika Johann Zarco sangat susah mempertahankan posisi dan racing linenya. Alhasil semenjak lap ke 10 nampak jika Johann Zarco makin keteteran. Apalagi dibelakangnya ada Marc Marquez yang selalu memberikan tekanan. Lima lap menjelang akhir balapan terlihat M1 Zarco mulai tidak bisa bertahan, faktor kondisi ban membuat Zarco sulit bertahan dibarisan depan, akhirnya Zarco harus rela menyerahkan posisinya ke pembalap lain. Berkebalikan dengan yang dialami Johann Zarco, pembalap Ducati Andrea Dovisiozo mampu merangsek ke barisan depan. Beberapa lap dilalui dengan perebutan posisi pertama antara Marc Marquez dan Dovisiozo. Mirip dengan beberapa kali duel yang terjadi di musim 2017, drama saling salip terjadi, hingga akhirnya pada tikungan terakhir sebelum garis finish, Dovisiozo mampu menjalankan taktiknya yang selalu sukses mengecoh Marc Marquez.

Untuk kesekian kalinya Marc Marquez harus merelakan posisi podium pertama untuk Andrea Dovizioso dengan skenario yang sama, last corner battle. Nampaknya Marc Marquez perlu memperbaiki cara menyerangnya terhadap Dovisiozo. Berbeda dengan yang dialami Dovi, Jorge Lorenzo mengalami hal buruk di race perdana ini, karena masalah teknis menyebabkan Lorenzo harus terjatuh dan tidak bisa melanjutkan balapannya. Kabar terakhir yang beredar menyebutkan jika motor milik Lorenzo mengalami gagal pada sistem pengereman depannya.

Seri Qatar ini juga menjadi debut pertama di MotoGP bagi beberapa pembalap, satu nama yang menarik perhatian adalah Hafizh Syahrin, yang tampil menjadi pengganti Jonas Folger di tim Yamaha Tech 3. Meskipun belum bisa menembus posisi 10 besar, namun Hafizh Syahrin mampu bertahan hingga balapan usai dan meraih posisi finish ke 14 dan mendapatkan 2 point.

Selain pembalap baru, MotoGP seri pertama ini juga menjadi debut kedua pembalap Repsol Honda menggunakan swingarm baru di motor mereka. Swingarm carbon yang digunakan untuk turun di race pertama MotoGP musim 2018. Di putaran pembuka ini juga disajikan demo FIM Enel MotoE, balapan MotoGP dengan mesin listrik yang akan diadakan pada tahun 2019 nanti. Satu unit motor Energica Ego Corsa diturunkan ke sirkuit, motor ini dikendarai oleh Simon Cafar, pembalap dari New Zealand, yang mana merupakan mantan pemenang Grand Prix 500cc Inggris.

Nah seperti ini mas bro gan sob klasemen sementara MotoGP musim 2018,

Dovizioso menjadi pemimpin klasemen sementara setelah memenangkan duel dengan Marc Marquez di Losail Qatar, tentunya disusul Marc Marquez pada posisi kedua dan Rossi di posisi ketiga. Sepertinya musim ini belum akan lepas dari pertarungan sengit antara Marquez dan Dovisiozo. Dan pastinya pembalap-pembalap lain yang bakal meramaikan di setiap racenya.

Mungkin mas bro gan sob tertarik juga untuk membaca artikel ini :

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, facebook fanspage : @rtb.web.id,

SMS/WA : 0857-2863-6789


Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok