Curhatan : Ini to Penyebab Rem Depan Yamaha Scorpio Macet !

Penyebab Rem Depan Yamaha Scorpio Macet

Mas Bro Gan Sob, setelah tiga minggu puasa pakai rem depan, akhirnya rtb menemukan penyebab rem depan Yamaha Scorpio macet! Cerita bagaimana rtb menjalani hari-hari tanpa rem depan sudah rtb ceritakan sebelumnya di artikel ini. Kali ini rtb akan membahas mengenai penyebab dan penyelesaian dari macetnya rem depan redtoblack milik rtb.

Sedikit saya ulangi ya mas bro gan sob, redtoblack (Yamaha Scorpio milik rtb) merupakan motor yang rtb beli pada tahun 2012 tepatnya pada bulan Juli. Hingga saat ini hampir 6 tahun umurnya. Beberapa waktu lalu rtb mengganti piringan cakram depan menggunakan piringan cakram lebar variasi merk PSM. Memasuki bulan ketiga pemakaian cakram lebar rtb menghadapi masalah, dimana rem depan tiba-tiba macet apabila dipakai. Kampas rem tidak mau membuka setelah tuas rem depan ditekan.

rtb sudah mencoba untuk membongkar kalipernya untuk memastikan kondisi piston dan seal kalipernya masih dalam kondisi baik. Dan ternyata memang masih bagus, piston masih bersih dan sela juga masih rapat. rtb juga sempat melakukan penggantian minyak remnya, karena selama hampir 6 tahun belum pernah diganti sama sekali, warnanyapun sudah berubah menjadi keruh.

Namun setelah dua hal yang rtb lakukan itu ternyata tidak merubah keadaan, rem depan masih mengunci setelah dipakai. rtb mulai mencurigai bahwa yang bermasalah adalah komponen yang ada di master rem atas. Setelah berusahan sabar tidak memakai rem depan selama hampir 3 minggu akhirnya rtb putuskan untuk membongkar master rem Yamaha Scorpio ini. Meskipun tidak rtb lakukan sendiri, namun akhirnya rtb bisa menemukan penyebab pasti dari kondisi ini.

Penyebab Rem Depan Yamaha Scorpio Macet

Penyebab utama dari macetnya rem depan Yamaha Scorpio ini adalah karena kotoran dan karat yang menumpuk di piston master rem atas. Sayangnya rtb lupa memfoto kondisi piston dan sealnya, karena proses pembongkaran rtb lakukan di bengkel umum dekat rumah dan rtb lupa membawa handphone. Kalau di ilustrasikan kurang lebih dibagian ini lah kotoran dan karat tersebut menumpuk,

Setelah rtb mencoba bertanya dan mencari informasi ternyata memang bagian ini awamnya yang sering bermasalah dan penyelesaiannya adalah diganti. Hmmm, akhirnya rtb mencari informasi berapa harga parts tersebut di Yamaha Online Parts Catalogue , dari sini rtb mendapatkan info bahwa harga dari Cylinder Kit, Master ini adalaha Rp. 227.000, hmmm, mahal ya? hehehe, sedangkan untuk harga se set master rem utuh seharga Rp. 706.000 wow lebih mahal lagi ya?

Iseng-iseng rtb mencoba mencari alternatif lain, adakah master rem yang bisa dipasang ke Yamaha Scorpio dan tentunya dengan harga yang lebih murah, pencarian informasi berujung ke master rem milik Yamaha R25 atau MT25. Cek punya cek, harga dari master rem milik R25 atau MT25 ini se set seharga Rp. 248.000, nah lho satu set master rem utuh hanya selisih sedikit dengan cylinder kit masternya Yamaha Scorpio. Tapi pastinya belum ada handle rem dan switch stop lamp, serta baut dan murnya, jika lengkap dengan itu total menjadi  Rp. 386.000. Hmmm, semakin bikin galau lagi mas bro gan sob.

Dengan berbekal info tersebut akhirnya rtb putuskan untuk mengunjungi bengkel biasanya rtb cari sparepart, namun sayangnya hari Minggu rtb bisanya, alhasil rtb terpaksa mengunjungi bengkel resmi. Awalnya rtb berniat membeli master rem lengkap dengan handle dan switch rem milik Yamaha MT25, namun sayangnya parts tersebut kosong, jadi dengan terpaksa rtb beli cylinder kit, master milik Yamaha Scorpio.

Selesai membeli parts tersebut rtb mencoba untuk melakukan pemasangan sendiri, namun rtb akhirnya harus menyerah karena ternyata susah, jadinya akhirnya rtb bawa master rem ke bengkel di dekat rumah dan meminta tolong untuk digantikan. Tak perlu waktu lama akhirnya parts itu terpasang dengan sempurna. Untuk pemasangan kembali rtb lakukan sendiri, termasuk pengisian minyak rem. Untuk pengisian minyak remnya rtb sedikit berhati-hati, khawatir tidak sempurna pemasanganya dan menyebabkan rem masuk angin. Namun sudah rtb pastikan sampai dua kali kuras isi minya rem untuk memastikan benar-benar tidak ada gelembung udara yang tertinggal di dalam selang rem.

Setelah pemasangan master rem selesai dan dipastikan rem depan sudah bisa bekerja secara normal, akhirnya rtb mencoba untuk berkendara sejauh beberapa kilometer, hasilnya rem tidak lagi mengunci dan tidak ada gejala rem ngeblong karena masuk angin. Semoga saja tidak ada masalah lagi dan redtoblack siap diajak berpetualang lagi. Eh, tapi sepertinya bulan ini masih ada yang harus dibereskan lagi di redtoblack, nanti deh rtb tulis lagi.

Sekian informasi yang rtb tuliskan, semoga bermanfaat, bila ada saran atau pertanyaan mohon untuk tidak sungkan mengisi kolom komentar atau menghubungi rtb melalui kontak yang tersedia di bawah artikel ini ya mas bro gan sob! Terimakasih.

Mungkin mas bro gan sob tertarik juga untuk membaca artikel ini :

Nugroho Adisaputra.

email : nugroho@rtb.web.id , instagram : @rtbwebid, twitter : @nughoho, facebook fanspage : @rtb.web.id,

SMS/WA : 0857-2863-6789


5 thoughts on “Curhatan : Ini to Penyebab Rem Depan Yamaha Scorpio Macet !”

  1. Punyaku jg blm pernah ganti oli nih..udah mau 8 taun..apa perlu dganti ya

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok